Mengapa Beberapa Siswa Menunjukkan Penurunan Motivasi dan Prestasi Akademik Setelah Penggunaan Teknologi dalam Kelas?

essays-star 4 (226 suara)

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti di sebuah SMP di daerah terpencil menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam kelas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan pemahaman terhadap materi. Namun, hasil penelitian tersebut hanya tampak pada sebagian siswa saja. Beberapa siswa justru menunjukkan penurunan motivasi dan prestasi akademik. Berdasarkan studi kasus tersebut, terdapat beberapa keterbatasan dalam penelitian yang perlu diperhatikan. Salah satu keterbatasan dalam penelitian ini adalah kurangnya kualitas perangkat teknologi yang digunakan. Beberapa siswa mungkin merasa bahwa perangkat teknologi yang mereka gunakan tidak memadai atau tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini dapat menyebabkan penurunan motivasi belajar dan prestasi akademik mereka. Oleh karena itu, penting bagi pihak sekolah untuk memastikan bahwa perangkat teknologi yang disediakan memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Selain itu, kurangnya pelatihan dan dukungan bagi siswa dalam menggunakan teknologi juga dapat menjadi keterbatasan dalam penelitian ini. Beberapa siswa mungkin merasa kesulitan dalam menggunakan perangkat teknologi dan tidak tahu bagaimana memanfaatkannya secara efektif. Oleh karena itu, penting bagi pihak sekolah untuk memberikan pelatihan dan dukungan yang memadai bagi siswa dalam menggunakan teknologi. Selain itu, kurangnya keterlibatan dan motivasi dari pihak guru juga dapat menjadi keterbatasan dalam penelitian ini. Beberapa guru mungkin merasa tidak nyaman atau tidak terlatih dalam menggunakan teknologi dan tidak dapat memanfaatkannya secara efektif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penting bagi pihak sekolah untuk memberikan pelatihan dan dukungan bagi guru dalam menggunakan teknologi dan memanfaatkannya secara efektif dalam pembelajaran. Dalam kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa peng teknologi dalam kelas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan pemahaman terhadap materi. Namun, terdapat beberapa keterbatasan dalam penelitian ini yang perlu diperhatikan. Kurangnya kualitas perangkat teknologi, kurangnya pelatihan dan dukungan bagi siswa dalam menggunakan teknologi, dan kurangnya keterlibatan dan motivasi dari pihak guru dapat menyebabkan penurunan motivasi belajar dan prestasi akademik siswa. Oleh karena itu, penting bagi pihak sekolah untuk memastikan bahwa perangkat teknologi yang disediakan memiliki kualitas yang baik, memberikan pelatihan dan dukungan bagi siswa dan guru dalam menggunakan teknologi, dan memastikan keterlibatan dan motivasi pihak guru dalam menggunakan teknologi.