Perbandingan Efektivitas Penggunaan Jurnal Harian Konvensional dan Digital pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar di Era Kurikulum Merdeka

essays-star 4 (229 suara)

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Salah satu perubahan tersebut adalah transisi dari penggunaan jurnal harian konvensional ke digital dalam proses belajar mengajar. Artikel ini akan membahas perbandingan efektivitas penggunaan jurnal harian konvensional dan digital pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar di era Kurikulum Merdeka.

Apa perbedaan antara jurnal harian konvensional dan digital?

Jurnal harian konvensional adalah bentuk catatan harian yang ditulis di atas kertas, biasanya dalam buku atau buku catatan. Sementara itu, jurnal harian digital adalah catatan harian yang ditulis dan disimpan dalam format digital, seperti di komputer atau aplikasi smartphone. Jurnal konvensional membutuhkan pena dan kertas, dan biasanya lebih sulit untuk diubah atau diedit dibandingkan dengan jurnal digital. Di sisi lain, jurnal digital lebih mudah diakses, diedit, dan dibagikan, tetapi membutuhkan perangkat elektronik dan koneksi internet.

Bagaimana efektivitas penggunaan jurnal harian konvensional pada siswa kelas 5 SD?

Penggunaan jurnal harian konvensional pada siswa kelas 5 SD masih efektif dalam beberapa aspek. Misalnya, menulis dengan tangan dapat membantu memperkuat memori dan pemahaman siswa tentang materi yang mereka pelajari. Selain itu, jurnal konvensional juga dapat membantu siswa untuk lebih fokus dan terhindar dari gangguan digital. Namun, jurnal konvensional mungkin kurang efektif dalam hal keterjangkauan dan kemudahan penggunaan dibandingkan dengan jurnal digital.

Bagaimana efektivitas penggunaan jurnal harian digital pada siswa kelas 5 SD?

Penggunaan jurnal harian digital pada siswa kelas 5 SD dapat sangat efektif dalam beberapa hal. Misalnya, jurnal digital memungkinkan siswa untuk dengan mudah mengedit dan memperbarui catatan mereka, serta mencari dan mengakses informasi dengan cepat. Selain itu, jurnal digital juga dapat dengan mudah dibagikan dan dikolaborasikan dengan guru dan teman sekelas. Namun, penggunaan jurnal digital juga dapat membawa tantangan, seperti distraksi digital dan masalah aksesibilitas bagi siswa yang tidak memiliki perangkat elektronik atau koneksi internet yang stabil.

Apa keuntungan dan kerugian penggunaan jurnal harian konvensional dan digital?

Keuntungan penggunaan jurnal harian konvensional antara lain adalah memperkuat memori dan pemahaman, membantu fokus, dan terhindar dari gangguan digital. Sementara kerugiannya adalah kurang praktis, sulit untuk diedit, dan kurang mudah diakses dibandingkan dengan jurnal digital. Di sisi lain, keuntungan penggunaan jurnal digital antara lain adalah kemudahan akses, edit, dan berbagi, serta kemampuan untuk mencari dan mengakses informasi dengan cepat. Namun, kerugiannya adalah potensi distraksi digital dan masalah aksesibilitas bagi siswa yang tidak memiliki perangkat elektronik atau koneksi internet yang stabil.

Bagaimana pengaruh kurikulum merdeka terhadap penggunaan jurnal harian konvensional dan digital?

Kurikulum Merdeka memberikan lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas kepada siswa dan guru dalam proses belajar mengajar, termasuk dalam penggunaan jurnal harian. Ini berarti bahwa siswa dan guru dapat memilih untuk menggunakan jurnal harian konvensional atau digital, tergantung pada preferensi dan kebutuhan mereka. Kurikulum ini juga mendorong penggunaan teknologi dalam pendidikan, yang dapat memfasilitasi penggunaan jurnal digital. Namun, penting untuk memastikan bahwa semua siswa memiliki akses yang sama terhadap teknologi dan sumber daya yang diperlukan.

Dalam konteks pendidikan, baik jurnal harian konvensional maupun digital memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihan antara keduanya seharusnya didasarkan pada kebutuhan dan kondisi siswa, serta tujuan dan konteks pembelajaran. Dalam era Kurikulum Merdeka, penting bagi pendidik untuk memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar, sambil memastikan bahwa semua siswa memiliki akses yang sama terhadap sumber daya yang diperlukan.