Strategi Pembelajaran Interaktif dalam Kelas IPS
Dalam kegiatan pendahuluan, guru membuka kelas dengan pemaparan singkat mengenai tujuan pembelajaran hari itu. Siswa diberikan pertanyaan pemantik yang relevan dengan topik, seperti perdagangan atau konflik sosial. Selain itu, guru memberikan gambaran umum tentang kegiatan pembelajaran hari itu, apakah akan ada diskusi, kuis interaktif, atau proyek kreatif. Pada kegiatan inti, guru memulai dengan penjelasan materi secara interaktif. Siswa diajak menonton video yang relevan atau mendengarkan penjelasan guru melalui media visual, seperti PowerPoint atau Canva. Selanjutnya, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi atau diberikan kesempatan untuk mencari informasi terkait dengan sumber digital. Quizizz atau Kahoot digunakan untuk memberikan evaluasi formatif singkat yang menyenangkan. Setelah berdiskusi, siswa diberikan tugas proyek berbasis teknologi, seperti membuat mind mapping tentang konsep yang dipelajari atau menyusun lirik lagu yang berhubungan dengan tema geografi atau perdagangan. Hal ini membantu memperdalam pemahaman siswa dan membuat pembelajaran lebih bermakna. Pada kegiatan penutup, guru melakukan refleksi bersama siswa untuk mengetahui pemahaman mereka tentang materi yang telah dipelajari. Selain itu, siswa juga diminta memberikan masukan atas proses pembelajaran yang mereka alami. Sebagai penutup, guru menyampaikan kesimpulan dan memberikan stimulus motivasi atau dorongan pada siswa untuk terus mengeksplorasi topik pembelajaran IPS yang dipelajari.