Model Pembelajaran PKR yang Diterapkan oleh Pak Dani di SD Lintang

essays-star 4 (284 suara)

Pak Dani, seorang guru di SD Lintang, memiliki tugas mengajar di Kelas V dan VI. Kelas V terdiri dari 10 siswa, sedangkan Kelas VI terdiri dari 16 siswa. Setiap kelas memiliki ruang kelas sendiri. Pak Dani akan membahas tentang faktor-faktor penyebab penjajahan di Indonesia di Kelas V dan materi proklamasi kemerdekaan di Kelas VI. Kegiatan pembelajaran direncanakan berlangsung selama 70 menit. Kegiatan Pendahuluan: Pak Dani memulai kegiatan pembelajaran dengan melakukan kegiatan pendentusan di masing-masing ruang kelas selama 10 menit secara bergantian. Ia memberikan pengantar dan pengarahan umum di Kelas V terlebih dahulu, kemudian beralih ke Kelas VI. Kegiatan Inti: Pak Dani memulai pembelajaran di Kelas V dengan menjelaskan materi tentang faktor penyebab penjajahan di Indonesia. Sementara itu, Kelas VI menunggu Pak Dani. Beberapa siswa Kelas V mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan. Pak Dani memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan secara individu. Selanjutnya, Pak Dani beralih ke ruang kelas VI untuk membahas makna proklamasi kemerdekaan selama 20 menit. Kegiatan Penutup: Setelah selesai di Kelas VI, Pak Dani kembali ke Kelas V untuk melakukan review materi dan menutup kegiatan pembelajaran selama 10 menit. Selanjutnya, Pak Dani menutup pembelajaran di Kelas VI selama 10 menit. Berdasarkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Dani, terdapat model pembelajaran PKR (Pendahuluan, Inti, Penutup) yang diterapkan. Model ini efektif karena memberikan pengantar dan pengarahan umum di awal pembelajaran, menjelaskan materi secara terperinci di bagian inti, dan melakukan review serta penutupan di akhir pembelajaran. Dengan demikian, siswa dapat memahami materi dengan baik dan mengingatnya dalam jangka panjang. Namun, terdapat beberapa kelemahan dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Dani. Pada kegiatan pendahuluan, waktu yang diberikan untuk setiap kelas hanya 10 menit. Hal ini mungkin terlalu singkat untuk memberikan pengantar dan pengarahan secara efektif. Selain itu, pada kegiatan inti, terdapat siswa yang mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan, namun tidak dijelaskan apakah tanggapan tersebut relevan atau tidak. Terakhir, pada kegiatan penutup, waktu yang diberikan untuk review materi dan penutupan hanya 10 menit, yang mungkin tidak cukup untuk memastikan pemahaman siswa secara menyeluruh. Dalam rangka meningkatkan kegiatan pembelajaran, disarankan agar Pak Dani memberikan waktu yang lebih memadai untuk kegiatan pendahuluan, mengelola tanggapan siswa dengan baik, dan memberikan waktu yang cukup untuk review materi dan penutupan. Dengan demikian, pembelajaran akan menjadi lebih efektif dan siswa dapat memahami materi dengan lebih baik.