Pengaruh Teknologi Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa **
Pendahuluan: Teknologi Pembelajaran (TEP) telah menjadi bagian integral dari sistem pendidikan modern. Salah satu contohnya adalah media pembelajaran interaktif, yang menawarkan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif. Artikel ini akan membahas pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Tinjauan Literatur: Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini karena media interaktif dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik, interaktif, dan personal. Selain itu, media interaktif juga dapat membantu siswa dalam memahami konsep yang kompleks dengan lebih mudah. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari siswa di kelas tertentu yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran tradisional, sedangkan kelompok eksperimen menggunakan media pembelajaran interaktif. Data dikumpulkan melalui tes motivasi belajar dan tes prestasi belajar. Hasil dan Pembahasan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran interaktif memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Kesimpulan: Media pembelajaran interaktif memiliki pengaruh positif terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Penggunaan media interaktif dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar, mempermudah pemahaman konsep, dan meningkatkan motivasi belajar. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran interaktif dianjurkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Rekomendasi: Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkaji pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap berbagai aspek pembelajaran, seperti kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi. Selain itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan akses dan pelatihan bagi guru dalam menggunakan media pembelajaran interaktif secara efektif. Refleksi:** Penggunaan teknologi pembelajaran, khususnya media pembelajaran interaktif, memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Namun, penting untuk memilih media yang tepat dan menggunakannya secara efektif agar dapat mencapai hasil yang optimal.