Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Siswa di SMP Nusantara Bekasi

essays-star 4 (262 suara)

Artikel ilmiah ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa di SMP Nusantara Bekasi. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas VII SMP Nusantara Bekasi (55 siswa), dengan sampel sebanyak 84 siswa yang diambil secara acak dari 10 kelas. Definisi operasional variabel penelitian meliputi motivasi sebagai variabel independen dan prestasi belajar sebagai variabel dependen. Teknik pengumpulan data melibatkan penyebaran angket dan studi dokumen berupa buku rapor.

Hasil analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk menguji hipotesis yang diajukan. Dalam hasil dan pembahasan, nilai R2 akan dijelaskan untuk menunjukkan seberapa besar variabilitas prestasi belajar yang dapat dijelaskan oleh motivasi belajar. Persamaan regresi akan disusun untuk menjelaskan hubungan antara motivasi belajar dan prestasi siswa. Selain itu, keputusan statistik akan diuraikan berdasarkan kriteria pengambilan keputusan yang telah ditetapkan.

Dengan demikian, artikel ini akan membahas secara mendalam tentang pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP Nusantara Bekasi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi dunia pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi siswa.