Pengalaman Menarik dalam Pembelajaran Tematik di Kelas V

essays-star 4 (278 suara)

Pada kasus pembelajaran di SD Pantai Tematir Astari, terdapat beberapa informasi kunci yang dapat diidentifikasi. Pak Rudy, guru kelas V, mengajarkan mata pelajaran tematik dengan materi penjaskes, Bahasa Indonesia, dan IPA. Dalam pembelajaran tersebut, Pak Rudy menggunakan berbagai media, seperti gambar tumbuhan dan gambar tas yang terdapat pada sebuah iklan. Sebelum memulai pembelajaran, Pak Rudy melakukan apersepsi dengan sistem tanya jawab. Ia mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang manfaat dari tumbuhan dan makna gambar motif dekoratif. Kegiatan inti pembelajaran melibatkan siswa dalam diskusi tentang manfaat tumbuhan dan pengelompokan jenis makanan yang berasal dari tumbuhan. Selain itu, Pak Rudy juga meminta siswa untuk menentukan hubungan antara makna motif dekoratif dan makna gambar dekoratif. Namun, pelaksanaan pembelajaran oleh Pak Rudy kurang maksimal dalam mencapai target Indikator Hasil Belajar (IHB) pada mata pelajaran penjaskes, Bahasa Indonesia, dan IPA. Hal ini perlu diperhatikan agar pembelajaran dapat berjalan lebih efektif dan siswa dapat mencapai hasil belajar yang diharapkan.