Analisis Nilai Tes Matematika Siswa Kelas X SMA
Dalam artikel ini, kita akan menganalisis hasil nilai tes matematika dari 30 siswa kelas X SMA. Data yang diberikan adalah sebagai berikut: 60, 61, 30, 62, 43, 55, 67, 68, 69, 39, 41, 63, 67, 50, 76, 57, 65, 49, 54, 88, 40, 71, 70, 51, 56, 54, 78, 54, 72, 69. Tugas kita adalah untuk menentukan nilai jangkauan dan banyak kelas yang dapat dibuat dari data ini. Untuk melakukan ini, kita akan menggunakan nilai logaritma yang diberikan, yaitu $log30=1,47$. Pertama, mari kita cari nilai jangkauan. Jangkauan adalah selisih antara nilai tertinggi dan nilai terendah dalam data. Dalam hal ini, nilai tertinggi adalah 88 dan nilai terendah adalah 30. Jadi, nilai jangkauan adalah 88 - 30 = 58. Selanjutnya, kita perlu menentukan banyak kelas yang dapat dibuat. Untuk melakukan ini, kita akan menggunakan rumus Sturges, yang dinyatakan sebagai $k = 1 + 3.322 \cdot log(n)$, di mana $k$ adalah banyak kelas yang dapat dibuat dan $n$ adalah jumlah data. Dalam kasus ini, $n = 30$, jadi kita dapat menghitung banyak kelas yang dapat dibuat sebagai berikut: $k = 1 + 3.322 \cdot log(30) = 1 + 3.322 \cdot 1.47 = 1 + 4.88 = 5.88$ Namun, karena banyak kelas harus berupa bilangan bulat, kita akan membulatkannya menjadi bilangan terdekat yang lebih besar, yaitu 6. Jadi, nilai jangkauan dari data ini adalah 58 dan banyak kelas yang dapat dibuat adalah 6. Dalam kesimpulan, berdasarkan hasil analisis, nilai jangkauan dari data nilai tes matematika 30 siswa kelas X SMA adalah 58 dan banyak kelas yang dapat dibuat adalah 6.