Firqoh Jabariyah: Sejarah, Tokoh, Ajaran, dan Fatwa yang Bertentangan dengan Aswaj

essays-star 4 (309 suara)

Firqoh Jabariyah adalah salah satu aliran dalam Islam yang memiliki sejarah, tokoh-tokoh penting, ajaran-ajaran khas, dan fatwa-fatwa yang bertentangan dengan Ahlus Sunnah Wal Jama'ah (Aswaja). Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai aspek dari Firqoh Jabariyah dan memahami perbedaan mereka dengan ajaran yang dianut oleh mayoritas umat Islam. Sejarah Firqoh Jabariyah dimulai pada abad ke-8 Masehi di Irak. Aliran ini didirikan oleh Jabir bin Abdullah al-Ansari, seorang ulama yang percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah takdir dan tak bisa diubah oleh manusia. Mereka meyakini bahwa manusia tidak memiliki kehendak bebas dan segala tindakan mereka ditentukan oleh Allah secara mutlak. Tokoh-tokoh penting dalam Firqoh Jabariyah meliputi Jabir bin Abdullah al-Ansari, Abu Hanifah, dan Abu Yusuf. Mereka adalah ulama terkemuka yang memainkan peran penting dalam pengembangan dan penyebaran ajaran-ajaran Firqoh Jabariyah. Ajaran-ajaran Firqoh Jabariyah mencakup keyakinan akan takdir mutlak, penolakan terhadap kehendak bebas manusia, dan penekanan pada kekuasaan dan keadilan Allah. Mereka juga menolak konsep pahala dan siksa setelah kematian, karena menurut mereka, segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah hasil dari takdir Allah. Fatwa-fatwa yang dikeluarkan oleh Firqoh Jabariyah sering kali bertentangan dengan ajaran Ahlus Sunnah Wal Jama'ah (Aswaja). Misalnya, mereka menolak konsep jihad dan menganggapnya sebagai tindakan kekerasan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam yang sejati. Mereka juga menolak konsep iman dan amal, dan meyakini bahwa iman tidak mempengaruhi amal perbuatan manusia. Dalam kesimpulan, Firqoh Jabariyah adalah aliran dalam Islam yang memiliki sejarah, tokoh-tokoh penting, ajaran-ajaran khas, dan fatwa-fatwa yang bertentangan dengan Aswaja. Meskipun memiliki pandangan yang berbeda, penting bagi kita untuk memahami perbedaan ini dengan sikap terbuka dan saling menghormati.