Krisis Energi 2023: Isu Global dan Implikasinya dalam Kurikulum IPS

essays-star 4 (302 suara)

Krisis energi 2023 merupakan salah satu isu global yang semakin memperburuk kondisi dunia. Krisis ini terjadi akibat dari gangguan atau kekurangan penyediaan pasokan sumber daya energi dunia (SDA), ketidakcukupan persediaan, dan kenaikan harga bahan bakar yang terjadi setelah pandemi Covid-19 dan diperburuk oleh invasi Rusia terhadap Ukraina pada Februari tahun lalu. Dalam konteks ini, penting bagi siswa untuk memahami muatan materi pokok pembelajaran dalam kurikulum IPS yang terkait dengan permasalahan krisis energi dan energi baru dan terbarukan. Muatan materi pokok dalam kurikulum IPS yang terkait dengan permasalahan krisis energi dan energi baru dan terbarukan meliputi pemahaman tentang konsep energi, jenis-jenis sumber daya energi, serta dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan dari penggunaan energi. Siswa juga akan mempelajari tentang teknologi energi baru dan terbarukan, seperti energi surya, angin, dan biomassa, serta manfaat dan tantangan dalam mengadopsi teknologi ini. Dalam mempelajari isu krisis energi, siswa akan mendapatkan manfaat dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Dari aspek pengetahuan, siswa akan memahami tentang konsep energi, jenis-jenis sumber daya energi, serta dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan dari penggunaan energi. Dari aspek sikap, siswa akan mengembangkan sikap kritis dalam memahami isu krisis energi dan mengembangkan solusi yang berkelanjutan. Dari aspek keterampilan, siswa akan mengembangkan keterampilan dalam memecahkan masalah, berpikir kritis, dan berkomunikasi secara efektif. Untuk membelajari isu krisis energi, metode yang dapat digunakan adalah metode diskusi, proyek, dan presentasi. Metode diskusi memungkinkan siswa untuk berbagi pendapat dan ide-ide mereka tentang isu krisis energi dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang topik ini. Metode proyek memungkinkan siswa untuk menerapkan pengetahuan mereka dalam memecahkan masalah dan mengembangkan solusi yang inovatif. Metode presentasi memungkinkan siswa untuk berkomunikasi secara efektif tentang ide-ide dan solusi mereka kepada kelas. Alasan mengapa metode ini dapat digunakan adalah karena metode ini memungkinkan siswa untuk berinteraksi secara aktif dalam proses pembelajaran, mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, serta berkomunikasi secara efektif tentang ide-ide dan solusi mereka. Dalam kesimpulan, krisis energi 2023 merupakan isu global yang memerlukan perhatian dan pemahaman dari siswa. Melalui pembelajaran dalam kurikulum IPS, siswa dapat memahami muatan materi pokok yang terkait dengan permasalahan krisis energi dan energi baru dan terbarukan, serta mengembangkan manfaat dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Metode diskusi, proyek, dan presentasi dapat digunakan untuk membelajari isu krisis energi, karena metode ini memungkinkan siswa untuk berinteraksi secara aktif dalam proses pembelajaran, mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, serta berkomunikasi secara efektif tentang ide-ide dan solusi mereka.