Memahami Pemblokiran Platform Online: Perspektif Teori Pembelajaran Sosial
Pemblokiran platform online oleh pemerintah seringkali menimbulkan masalah komunikasi, terutama karena kurangnya transparansi dan potensi pelanggaran hak asasi. Memahami reaksi masyarakat terhadap pemblokiran ini dapat dilakukan melalui lensa Teori Pembelajaran Sosial Albert Bandura. Teori ini menjelaskan bagaimana perilaku, termasuk reaksi terhadap kebijakan pemerintah, dipelajari melalui observasi, imitasi, dan penguatan. Observasi: Warganet mengamati tindakan pemblokiran dan reaksi orang lain. Jika observasi menunjukkan pembenaran dan dukungan luas, reaksi negatif mungkin berkurang. Sebaliknya, jika observasi menunjukkan ketidakadilan, reaksi negatif akan meningkat. Misalnya, melihat banyaknya dukungan terhadap pemblokiran tanpa penjelasan memadai dapat mengurangi protes, sementara melihat banyaknya kritik akan meningkatkannya. Imitasi: Gerakan protes online, seperti tagar #BlokirKominfo, menunjukkan imitasi perilaku protes yang diamati dari orang lain. Keberhasilan protes sebelumnya, meskipun dalam konteks berbeda, juga dapat mendorong imitasi. Melihat orang lain berhasil memprotes kebijakan serupa dapat mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama. Penguatan: Reaksi pemerintah terhadap protes menentukan penguatan perilaku tersebut. Tanggapan defensif atau penjelasan yang tidak memuaskan akan memperkuat protes. Sebaliknya, transparansi dan penjelasan yang memadai dapat mengurangi protes. Respon pemerintah yang positif akan mengurangi kemungkinan protes di masa depan, sementara respon negatif akan meningkatkannya. Kesimpulannya, masalah komunikasi bukan hanya soal kurangnya informasi, tetapi juga kurangnya model perilaku positif dari pemerintah. Ketidaktransparanan dan kurangnya akuntabilitas mengajarkan warganet untuk merespon dengan protes. Untuk memperbaiki situasi, pemerintah perlu: (1) memberikan informasi yang transparan dan mudah dipahami; (2) menunjukkan komitmen terhadap transparansi, akuntabilitas, dan penghormatan hak asasi manusia; dan (3) membangun dialog dan partisipasi publik. Dengan demikian, komunikasi yang efektif, berdasarkan Teori Pembelajaran Sosial, dapat membangun kepercayaan publik dan mengurangi konflik. Transparansi dan keterbukaan adalah kunci untuk membangun hubungan yang positif antara pemerintah dan masyarakat.