Proses Permintaan dan Pertanggungjawaban Dana Kas Kecil dengan Metode Dana Tetap
Pendahuluan: PD Donilrbil menggunakan kas kecil untuk pengeluaran-pengeluaran kecil. Pada bulan Agustus 2005, terdapat beberapa transaksi yang perlu dicatat dalam jurnal umum dengan metode dana tetap. Bagian: ① Pembentukan Kas Kecil: Kas kecil dibentuk dengan menggunakan cek sebesar Rp.2.000.000,00 pada tanggal 1 Agustus. ② Pembelian BHP: Pada tanggal 2 Agustus, dilakukan pembelian tali rafia, kantong plastik, dan kertas pembungkus dengan total biaya Rp.135.000,00. ③ Pembayaran Transport Barang: Pada tanggal 3 Agustus, dilakukan pembayaran transport barang yang dibeli sebesar Rp.60.000,00. ④ Pembayaran Biaya Kebersihan dan Keamanan: Pada tanggal 5 Agustus, dilakukan pembayaran biaya kebersihan dan keamanan sebesar Rp.150.000,00. ⑤ Pembayaran Rekening Listrik dan Air: Pada tanggal 7 Agustus, dilakukan pembayaran rekening listrik dan air sebesar Rp.325.000,00. ⑥ Pembayaran Rekening Telepon: Pada tanggal 9 Agustus, dilakukan pembayaran rekening telepon sebesar Rp.225.000,00. ⑦ Pengisian Kembali Dana Kas Kecil: Pada tanggal 10 Agustus, dilakukan pengisian kembali dana kas kecil. ⑧ Pembayaran Transport Penjualan Barang Dagangan: Pada tanggal 12 Agustus, dilakukan pembayaran transport penjualan barang dagangan sebesar Rp.85.000,00. ⑨ Penyetoran Dana Kas Kecil ke Bank: Pada tanggal 14 Agustus, dana kas kecil dianggap terlalu besar dan disetor ke bank sebesar Rp.200.000,00. ⑩ Pembelian BHP Toko: Pada tanggal 15 Agustus, dilakukan pembelian BHP toko sebesar Rp.125.000,00. ⑪ Pembayaran Biaya Faximile: Pada tanggal 16 Agustus, dilakukan pembayaran biaya faximile sebesar Rp.30.000,00. ⑫ Pembayaran Biaya Transport Barang yang Dibeli: Pada tanggal 18 Agustus, dilakukan pembayaran biaya transport barang yang dibeli sebesar Rp.15.000,00. ⑬ Pembelian Prangko dan Materai Kantor: Pada tanggal 19 Agustus, dilakukan pembelian prangko dan materai kantor sebesar Rp.40.000,00. ⑭ Pengisian Kembali Dana Kas Kecil: Pada tanggal 20 Agustus, dilakukan pengisian kembali dana kas kecil. ⑮ Pembayaran Biaya Kebersihan dan Keamanan: Pada tanggal 21 Agustus, dilakukan pembayaran biaya kebersihan dan keamanan sebesar Rp.150.000,00. ⑯ Pembayaran Transport Barang yang Dijual: Pada tanggal 23 Agustus, dilakukan pembayaran transport barang yang dijual sebesar Rp.25.000,00. ⑰ Pembayaran Resep Dokter untuk Pengobatan Karyawan: Pada tanggal 25 Agustus, dilakukan pembayaran resep dokter untuk pengobatan karyawan sebesar Rp.60.000,00. ⑱ Pembelian BHP Kantor: Pada tanggal 27 Agustus, dilakukan pembelian kertas HVS, kertas karbon, tinta, dan tipp-ex kantor sebesar Rp.52.000,00. ⑲ Pembayaran Transport Pembelian Barang Dagangan: Pada tanggal 28 Agustus, dilakukan pembayaran transport pembelian barang dagangan sebesar Rp.200.000,00. ⑳ Pengisian Kembali Dana Kas Kecil: Pada tanggal 30 Agustus, dilakukan pengisian kembali dana kas kecil. Kesimpulan: Proses permintaan dan pertanggungjawaban dana kas kecil dengan metode dana tetap melibatkan pembentukan kas kecil, pembelian BHP, pembayaran transport barang, pembayaran biaya kebersihan dan keamanan, pembayaran rekening listrik dan air, pembayaran rekening telepon, pengisian kembali dana kas kecil, pemb