Mengalikan pecahan: latihan dan contoh

essays-star 4 (306 suara)

Dalam matematika, mengalikan pecahan adalah operasi penting yang harus dipahami oleh siswa sekolah dasar. Dalam latihan ini, kita akan melihat bagaimana mengalikan pecahan dengan cara yang berbeda dan menemukan hasilnya. Mari kita mulai! Latihan 1: Mengalikan pecahan dengan pecahan Dalam latihan pertama ini, kita akan mengalikan pecahan dengan pecahan. Mari kita lihat contoh: 3/4 x 2/5 = 6/20 = 3/10 Dalam contoh ini, kita mengalikan 3/4 dengan 2/5 untuk mendapatkan 6/20. Kemudian, kita menyederhanakan pecahan tersebut menjadi 3/10. Latihan 2: Mengalikan pecahan dengan bilangan bulat Dalam latihan kedua ini, kita akan mengalikan pecahan dengan bilangan bulat. Mari kita lihat contoh: 3/4 x 5 = 15/4 = 3.75 Dalam contoh ini, kita mengalikan 3/4 dengan 5 untuk mendapatkan 15/4. Ketika kita membagi 15 dengan 4, kita mendapatkan 3.75. Latihan 3: Mengalikan pecahan dengan pecahan campuran Dalam latihan ketiga ini, kita akan mengalikan pecahan dengan pecahan campuran. Mari kita lihat contoh: 2 1/2 x 3/4 = 5/2 = 2.5 Dalam contoh ini, kita mengalikan 2 1/2 (yang dapat disederhanakan menjadi 5/2) dengan 3/4. Ketika kita mengalikan 5/2 dengan 3/4, kita mendapatkan 15/8, yang dapat disederhanakan menjadi 1.875. Latihan 4: Mengalikan pecahan dengan pecahan campuran (dengan satuan panjang) Dalam latihan keempat ini, kita akan mengalikan pecahan dengan pecahan campuran yang memiliki satuan panjang. Mari kita lihat contoh: 3 3/4 x 2 1/8 = 15/4 x 9/8 = 135/32 = 4.21875 Dalam contoh ini, kita mengalikan 3 3/4 (yang dapat disederhanakan menjadi 15/4) dengan 2 1/8 (yang dapat disederhanakan menjadi 9/8). Ketika kita mengalikan 15/4 dengan 9/8, kita mendapatkan 135/32, yang dapat disederhanakan menjadi 4.21875. Dalam kesimpulannya, mengalikan pecahan adalah operasi penting dalam matematika yang harus dipahami oleh siswa sekolah dasar. Dengan memahami cara mengalikan pecahan dengan cara yang berbeda, siswa dapat mengembangkan keterampilan matematika mereka dan menjadi lebih percaya diri dalam menyelesaikan masalah matematika.