MENGATASI FENOMENA KEBIASAAN MENCONTEK DI KELAS X SMAN 7 MALANG

essays-star 4 (354 suara)

Bab 2: Penelitian tentang Fenomena Keberadaan Mencontek di Kelas X SMAN 7 Malang Dalam bab ini, akan dibahas penelitian yang dilakukan untuk mengatasi fenomena kebiasaan mencontek yang terjadi di kelas X SMAN 7 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab mencontek, dampaknya terhadap siswa, dan strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. 1. Identifikasi Penyebab Mencontek Penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi penyebab mencontek yang paling umum di kelas X SMAN 7 Malang. Melalui wawancara dengan siswa dan observasi langsung di kelas, peneliti dapat mengumpulkan data tentang faktor-faktor yang mendorong siswa untuk mencontek. Beberapa faktor yang mungkin termasuk tekanan akademik yang tinggi, kurangnya pemahaman materi, dan kurangnya motivasi intrinsik. 2. Dampak Mencontek terhadap Siswa Selanjutnya, penelitian ini akan menganalisis dampak mencontek terhadap siswa di kelas X SMAN 7 Malang. Dampak ini dapat mencakup penurunan pemahaman materi, kehilangan kepercayaan diri, dan ketidakmampuan untuk mengembangkan keterampilan belajar mandiri. Data akan dikumpulkan melalui survei dan wawancara dengan siswa yang pernah mencontek dan siswa yang tidak pernah mencontek. 3. Strategi Mengatasi Mencontek Setelah mengidentifikasi penyebab dan dampak mencontek, penelitian ini akan mengusulkan strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini di kelas X SMAN 7 Malang. Strategi ini dapat mencakup penerapan kebijakan yang ketat terhadap mencontek, pengembangan metode pengajaran yang lebih interaktif, dan peningkatan motivasi intrinsik siswa. Data akan dikumpulkan melalui wawancara dengan guru dan analisis literatur tentang strategi yang telah berhasil diimplementasikan di sekolah-sekolah lain. 4. Kesimpulan Bab ini akan diakhiri dengan kesimpulan dari penelitian ini. Kesimpulan ini akan merangkum temuan-temuan penelitian dan memberikan rekomendasi untuk mengatasi fenomena kebiasaan mencontek di kelas X SMAN 7 Malang. Rekomendasi ini dapat mencakup langkah-langkah konkret yang dapat diambil oleh sekolah dan guru untuk mengurangi mencontek dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Dengan melakukan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang fenomena kebiasaan mencontek di kelas X SMAN 7 Malang dan memberikan solusi yang efektif untuk mengatasi masalah ini.