PISA sebagai Alat Evaluasi Kualitas Pendidikan: Studi Kasus di Indonesia

essays-star 4 (275 suara)

Pendahuluan

Program for International Student Assessment (PISA) telah menjadi tolak ukur global dalam mengukur kualitas sistem pendidikan suatu negara. Melalui penilaian terhadap kemampuan literasi membaca, matematika, dan sains siswa, PISA memberikan gambaran komprehensif tentang efektivitas sistem pendidikan dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan abad ke-21. Indonesia, sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, memiliki kepentingan besar dalam memaksimalkan potensi generasi mudanya melalui pendidikan yang berkualitas.

PISA memberikan potret yang komprehensif tentang kualitas pendidikan di Indonesia. Hasil PISA menunjukkan bahwa Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan rumah untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. Upaya kolaboratif antara pemerintah, pendidik, orang tua, dan masyarakat luas sangatlah penting untuk memastikan bahwa setiap anak Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan berkualitas dan mencapai potensi terbaik mereka. Peningkatan kualitas pendidikan adalah investasi jangka panjang yang akan membawa Indonesia menuju kemajuan dan kesejahteraan di masa depan.