Membantu Siswa yang Pendiam dan Lambat dalam Pembelajaran untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran
Skenario Pembelajaran untuk Membantu Siswa yang Pendiam dan Lambat dalam Pembelajaran
Siswa yang pendiam dan lambat dalam pembelajaran seringkali menghadapi tantangan dalam berinteraksi dengan teman sekelas dan mengerjakan tugas secara mandiri. Dalam kasus Ismi, seorang siswa kelas III di SDN Panyileukan, Bandung, ia cenderung menyendiri dan enggan bergabung dengan teman sekelompoknya saat mengerjakan tugas kelompok. Hal ini menyebabkan Ismi tertinggal dalam pembelajaran dan bahkan menjadi korban bullying oleh teman-temannya.
Sebagai seorang guru, Bu Indri menyadari pentingnya membantu Ismi agar dapat mengikuti pembelajaran secara optimal dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Oleh karena itu, berikut adalah skenario pembelajaran yang dapat membantu Ismi:
1. Mengenal dan Memahami Siswa: Bu Indri perlu menghabiskan waktu untuk mengenal Ismi dengan lebih baik. Melalui percakapan informal dan observasi, Bu Indri dapat memahami minat, kekuatan, dan kelemahan Ismi. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang Ismi, Bu Indri dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minatnya.
2. Pembelajaran Individual: Bu Indri dapat menyediakan waktu khusus untuk bekerja dengan Ismi secara individual. Dalam sesi ini, Bu Indri dapat memberikan penjelasan tambahan, memberikan bimbingan, dan memberikan tugas yang sesuai dengan tingkat pemahaman Ismi. Dengan pendekatan ini, Ismi dapat belajar dengan ritme yang sesuai dengan kecepatannya dan memperoleh pemahaman yang lebih baik.
3. Pembelajaran Kolaboratif: Selain pembelajaran individual, Bu Indri juga perlu memfasilitasi pembelajaran kolaboratif antara Ismi dan teman sekelasnya. Namun, untuk menghindari situasi yang membuat Ismi tidak nyaman, Bu Indri perlu memilih teman sekelompok yang dapat mendukung Ismi dan memahami kebutuhannya. Dalam kelompok ini, Ismi dapat belajar untuk berinteraksi dengan teman-temannya, berbagi ide, dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas.
4. Penghargaan dan Penguatan Positif: Bu Indri perlu memberikan penghargaan dan penguatan positif kepada Ismi ketika ia berhasil mengikuti pembelajaran dengan baik. Hal ini akan memberikan motivasi tambahan bagi Ismi untuk terus berusaha dan meningkatkan partisipasinya dalam pembelajaran. Penghargaan dapat berupa pujian, hadiah kecil, atau pengakuan khusus di depan teman-temannya.
5. Komunikasi dengan Orang Tua: Bu Indri juga perlu berkomunikasi dengan orang tua Ismi untuk memperoleh dukungan tambahan dalam membantu Ismi. Orang tua dapat memberikan informasi tambahan tentang kebutuhan dan minat Ismi, serta memberikan dukungan di rumah untuk memperkuat pembelajaran yang dilakukan di sekolah.
Dengan menerapkan skenario pembelajaran ini, diharapkan Ismi dapat mengikuti pembelajaran secara optimal dan sukses mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Selain itu, skenario ini juga dapat membantu Ismi untuk meningkatkan kemampuan sosialnya dan merasa lebih nyaman dalam berinteraksi dengan teman-temannya.