Pengertian dan Karakteristik Perusahaan Jas
Perusahaan jasa adalah badan usaha yang melakukan kegiatan yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan yang ditawarkan suatu pihak ke pihak lainnya. Pengertian ini diberikan oleh beberapa ahli seperti Djaslim Saladin, Adrian Payne, Philip Kotler, Cristian Gronross, dan Norman. Menurut mereka, perusahaan jasa adalah perusahaan yang melakukan aktivitas ekonomi yang memiliki nilai atau manfaat intangible, di mana terdapat interaksi dengan konsumen atau dengan barang yang terapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan. Perusahaan jasa juga menawarkan suatu tindakan bersifat abstrak atau tidak berwujud dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan pada orang lain. Dalam kegiatannya, perusahaan jasa terdiri dari serangkaian aktivitas intangible yang terjadi antara pelanggan dan pegawai jasa untuk mengatasi masalah pelanggan. Selain itu, perusahaan jasa juga melibatkan tindakan atau interaksi antara produsen dan konsumen yang lebih dari sekadar hasil suatu yang tidak terhalang. Karakteristik perusahaan jasa juga dapat diidentifikasi berdasarkan pengertian perusahaan jasa yang telah disebutkan sebelumnya. Salah satu karakteristik utama perusahaan jasa adalah bahwa kegiatan utamanya adalah menjual jasa. Perusahaan jasa menjual produk berupa jasa yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh konsumen. Oleh karena itu, kegiatan utama dalam operasional perusahaan jasa adalah menjual atau menawarkan jasa kepada konsumen. Dalam menjalankan kegiatan usahanya, perusahaan jasa juga memiliki beberapa karakteristik lainnya. Salah satunya adalah bahwa perusahaan jasa tidak memiliki produk fisik yang dapat dilihat atau dirasakan oleh konsumen. Sebagai gantinya, perusahaan jasa menyediakan layanan atau pengalaman kepada konsumen. Selain itu, perusahaan jasa juga cenderung memiliki interaksi langsung dengan konsumen dalam proses penyediaan jasa. Hal ini berbeda dengan perusahaan manufaktur yang lebih fokus pada produksi barang fisik. Selain itu, perusahaan jasa juga memiliki karakteristik bahwa kualitas jasa sulit untuk diukur secara objektif. Kualitas jasa sering kali bergantung pada persepsi dan pengalaman subjektif konsumen. Oleh karena itu, perusahaan jasa perlu berfokus pada meningkatkan kepuasan konsumen dan membangun hubungan jangka panjang dengan mereka. Dalam kesimpulan, perusahaan jasa adalah badan usaha yang melakukan kegiatan yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan yang ditawarkan suatu pihak ke pihak lainnya. Perusahaan jasa menjual jasa yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh konsumen. Karakteristik perusahaan jasa meliputi kegiatan utama yang menjual jasa, tidak memiliki produk fisik, memiliki interaksi langsung dengan konsumen, dan kualitas jasa sulit diukur secara objektif.