Meningkatkan Kemampuan Matematika Melalui Pembelajaran KME pada Materi Bangun Datar di Kelas III SD Cahaya Pelita Kota Bandung

essays-star 4 (260 suara)

Dalam era teknologi yang maju saat ini, kemampuan matematika sangat penting bagi siswa. Oleh karena itu, guru harus mencari cara yang efektif dan menarik untuk mengajarkan matematika kepada siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Konstruktivistik Model Eksperimen (KME) pada materi bangun datar di kelas III SD Cahaya Pelita Kota Bandung.

Model pembelajaran KME adalah model yang menekankan pada pembelajaran aktif dan eksperimen. Dalam model ini, siswa diberikan kesempatan untuk menunjukkan benda-benda yang berbentuk bangun datar yang ada di lingkungan sekitarnya, seperti buku tulis, alas meja, ubin lantai jam, lemari, kertas origami, dan kertas HVS. Dengan cara ini, siswa dapat memahami materi bangun datar dengan lebih baik.

Selain itu, model pembelajaran KME juga dapat membantu siswa memahami matematika dengan cara yang lebih konkret dan menarik. Dengan menerapkan model ini, guru dapat membantu siswa mengembangkan sikap positif terhadap matematika dan siswa terhadap matematika. Oleh karena itu, model pembelajaran KME adalah alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran di kelas.

Dengan menerapkan model pembelajaran KME pada materi bangun datar di kelas III SD Cahaya Pelita Kota Bandung, guru dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan matematika mereka. Model pembelajaran ini efektif, mudah diterapkan, dan menarik bagi siswa. Oleh karena itu, guru harus mempertimbangkan untuk menerapkannya dalam kelas mereka.