Karakteristik Pembelajaran Orang Dewas
Pendahuluan: Pembelajaran adalah proses yang terus menerus sepanjang hidup kita. Namun, pembelajaran orang dewasa memiliki karakteristik yang berbeda dengan pembelajaran pada anak-anak atau remaja. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi karakteristik pembelajaran orang dewasa dan mengapa penting untuk memahaminya. Pengalaman Hidup: Salah satu karakteristik utama pembelajaran orang dewasa adalah pengalaman hidup mereka. Orang dewasa telah mengalami berbagai pengalaman dalam hidup mereka, baik itu di tempat kerja, dalam hubungan pribadi, atau dalam kehidupan sehari-hari. Pengalaman ini membentuk pemahaman mereka tentang dunia dan mempengaruhi cara mereka belajar. Orang dewasa cenderung lebih terbuka untuk belajar dari pengalaman mereka sendiri dan menerapkan pengetahuan baru ke dalam konteks kehidupan mereka. Motivasi Internal: Orang dewasa cenderung memiliki motivasi internal yang kuat untuk belajar. Mereka belajar karena mereka ingin meningkatkan diri mereka sendiri, mencapai tujuan pribadi, atau memperoleh keahlian baru. Motivasi internal ini membedakan pembelajaran orang dewasa dari pembelajaran yang dipaksakan pada anak-anak di sekolah. Orang dewasa memiliki kontrol penuh atas proses pembelajaran mereka dan mereka lebih termotivasi untuk belajar ketika mereka melihat nilai dan relevansi dalam materi yang dipelajari. Kemandirian: Orang dewasa cenderung lebih mandiri dalam pembelajaran mereka. Mereka dapat mengatur jadwal belajar mereka sendiri, memilih metode pembelajaran yang sesuai, dan mengambil inisiatif dalam mencari sumber belajar. Kemandirian ini memungkinkan orang dewasa untuk belajar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka sendiri. Mereka juga dapat mengambil tanggung jawab penuh atas hasil pembelajaran mereka. Penerapan Praktis: Pembelajaran orang dewasa cenderung berfokus pada penerapan praktis dari pengetahuan yang dipelajari. Orang dewasa ingin tahu bagaimana pengetahuan baru dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Mereka mencari keterkaitan antara apa yang mereka pelajari dengan situasi nyata yang mereka hadapi. Pembelajaran yang relevan dan dapat diterapkan secara praktis memberikan motivasi tambahan bagi orang dewasa untuk terus belajar. Kesimpulan: Karakteristik pembelajaran orang dewasa, seperti pengalaman hidup, motivasi internal, kemandirian, dan penerapan praktis, mempengaruhi cara mereka belajar dan memahami dunia. Memahami karakteristik ini penting bagi pendidik dan pelatih untuk merancang pengalaman pembelajaran yang efektif bagi orang dewasa. Dengan mempertimbangkan karakteristik ini, kita dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung dan memotivasi orang dewasa untuk terus belajar dan berkembang sepanjang hidup mereka.