Etika dalam Negosiasi
Negosiasi merupakan bagian penting dari kehidupan sehari-hari, terutama ketika berurusan dengan transaksi jual beli. Dalam percakapan di atas antara Wisnu dan Ivana, kita dapat melihat bagaimana kedua pihak mencoba untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Namun demikian, ada beberapa aspek etika yang perlu diperhatikan dalam proses negosiasi ini.
Pertama-tama, baik pembeli maupun pedagang harus bersikap sopan satu sama lain. Meskipun masing-masing pihak memiliki tujuan untuk mendapatkan harga terbaik atau keuntungan maksimal, tetapi tetap menjaga sikap sopan akan membantu membangun hubungan yang baik antara keduanya.
Selain itu, konflik bisa saja timbul dalam proses negosiasi. Namun demikian, penting bagi kedua belah pihak untuk menyelesaikan konflik tersebut dengan cara-cara yang tidak merugikan salah satu pihak. Hal ini menunjukkan bahwa mereka mampu mengelola konflik secara dewasa dan bertanggung jawab.
Ketika salah satu pihak menyampaikan keluh kesahnya seperti pada contoh percakapan di atas "tapi harganya boleh kurang kan? Kan lagi musim," hal ini juga menjadi bagian dari proses negosiasi yang wajar. Mendengarkan keluhan atau alasan dari lawan bicara adalah tindakan empati yang dapat mempererat hubungan antarpihak.
Dalam adu argumentasi pun perlu dilakukan dengan bijaksana tanpa menyinggung perasaan lawan bicara. Saling memberikan argumen-argumen logis dan fakta-fakta relevan akan membantu mencapai kesepatakan tanpa meninggalkan rasa sakit hati diantara keduanya.
Terakhir namun tak kalah pentingnya adalah kemampuan untuk saling mencari solusi agar kedua belah pihal merasa puas dengan hasil akhir dari negoisasi tersebut.