Mengamati Struktur Bunga: Melatih Keterampilan Proses Sains pada Klasifikasi Bunga" 2.
Pada kegiatan praktikum/percobaan pelajaran IPA, siswa melakukan pengamatan terhadap struktur bunga secara lengkap dengan menggunakan bunga sepatu atau bunga yang ada di sekitar mereka. Dalam artikel ini, kami akan menguraikan langkah-langkah pembelajaran siswa sesuai dengan Keterampilan Proses Sains (KPS) yang akan dilakukan, termasuk observasi dan menyajikan data, serta menyimpulkan dan interpretasi. Observasi Struktur Bunga: Langkah pertama dalam mengamati struktur bunga adalah mempersiapkan alat-alat yang diperlukan, seperti mikroskop atau lensa pembesar. Siswa perlu memahami bagaimana menggunakan alat-alat tersebut dengan benar untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang struktur bunga. Selanjutnya, siswa perlu melakukan pengamatan langsung terhadap bunga dengan memperhatikan bagian-bagian seperti daun, batang, bunga, dan buah. Menyajikan Data: Setelah melakukan observasi, siswa perlu menyajikan data yang telah mereka kumpulkan. Ini dapat dilakukan melalui presentasi kelompok di mana setiap kelompok menunjukkan hasil pengamatan mereka kepada kelas secara keseluruhan. Siswa perlu mengidentifikasi bagian-bagian dari bunga yang telah mereka amati dan menjelaskan fungsi masing-masing bagian tersebut. Menyimpulkan dan Interpretasi: Setelah menyajikan data, siswa perlu melakukan penyimpulan berdasarkan hasil pengamatan mereka. Mereka perlu mencari pola atau tren dalam struktur bunga yang telah diamati dan mencoba menjelaskan mengapa struktur tersebut muncul pada tumbuhan tertentu. Selain itu, siswa juga perlu mencoba menghubungkan hasil pengamatan mereka dengan konsep-konsep ilmiah lainnya yang telah dipelajari dalam pelajaran IPA. Dengan melibatkan siswa dalam kegiatan praktikum/percobaan ini, mereka tidak hanya belajar tentang struktur bunga