Class: Blueprint untuk Objek dan Keuntungannya **
Dalam dunia pemrograman, class berperan sebagai cetak biru atau template untuk membuat objek. Bayangkan class seperti resep kue. Resep tersebut berisi instruksi dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue. Begitu pula dengan class, ia mendefinisikan atribut (bahan-bahan) dan metode (instruksi) yang akan dimiliki oleh objek yang dibuat darinya. Keuntungan Menggunakan Banyak Objek dari Satu Class: * Efisiensi: Dengan menggunakan class, kita tidak perlu menulis kode yang sama berulang kali untuk setiap objek. Kita cukup mendefinisikan class sekali, lalu membuat objek sebanyak yang kita butuhkan. Hal ini menghemat waktu dan usaha dalam pengembangan program. * Organisasi: Class membantu kita mengatur kode program dengan lebih baik. Dengan mengelompokkan atribut dan metode yang terkait dalam satu class, kode menjadi lebih mudah dipahami dan diubah. * Reusabilitas: Class dapat digunakan kembali dalam proyek lain. Kita dapat menggunakan class yang sudah ada untuk membuat objek baru dengan sedikit modifikasi. Hal ini mempercepat proses pengembangan dan meningkatkan kualitas kode. * Kemudahan Pemeliharaan: Jika terjadi perubahan pada desain objek, kita hanya perlu mengubah class-nya. Perubahan tersebut akan otomatis diterapkan pada semua objek yang dibuat dari class tersebut. Contoh: Misalnya, kita ingin membuat program untuk mengelola data mahasiswa. Kita dapat membuat class "Mahasiswa" yang mendefinisikan atribut seperti nama, NIM, dan alamat, serta metode seperti "cetakDataMahasiswa" dan "ubahAlamat". Dengan menggunakan class ini, kita dapat membuat objek "mahasiswa1", "mahasiswa2", dan seterusnya, masing-masing dengan data yang berbeda. Kesimpulan:** Class merupakan konsep penting dalam pemrograman berorientasi objek. Dengan menggunakan class, kita dapat membuat objek dengan mudah, efisien, dan terorganisir. Keuntungan menggunakan banyak objek dari satu class sangat banyak, mulai dari efisiensi hingga kemudahan pemeliharaan.