Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggambar

essays-star 3 (296 suara)

Ibu Melani, seorang guru kelompok bermain, memiliki 15 anak didik dengan rata-rata usia 3 tahun 4 bulan. Hari ini, Ibu Melani berencana untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak-anak melalui berbagai kegiatan yang bervariasi. Tema pembelajaran pada minggu ini adalah alat transportasi. Ibu Melani memulai kegiatan dengan mengajak anak-anak berbaris sebelum masuk kelas, dan kemudian melanjutkan dengan kegiatan ice breaking yang membuat anak-anak tampak senang. Untuk pengembangan kemampuan motorik halus anak-anak, kegiatan inti dilakukan dengan menggambar gambar mobil menggunakan krayon. Pola gambar yang digunakan berukuran A5 atau setengah kertas ukuran folio. Setiap anak mendapatkan sebuah gambar dan sebuah kotak krayon yang dibagikan secara kolektif. Setelah mendapatkan bahan tersebut, anak-anak selesai dengan gambar mereka. Namun, Ibu Melani merasa sedikit kecewa karena hasil gambar anak-anak didiknya tidak sesuai dengan harapannya. Hanya Wufandyi yang hasilnya agak lumayan, meskipun warna pada beberapa bagian keluar dari garis. Sedangkan anak-anak lainnya tampak tidak bersemangat lagi dengan gambarnya yang kurang sempurna. Akhirnya, kegiatan pembelajaran pun berakhir. Dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak-anak, terdapat kelebihan dan kekurangan dalam bidang pengembangan, pendekatan pembelajaran, serta penggunaan media pembelajaran. Ibu Melani perlu mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dalam bidang pengembangan keterampilan motorik halus anak-anak. Selain itu, ia juga perlu mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dalam penerapan keterampilan dasar mengajar yang diterapkan. Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan dalam bidang pengembangan keterampilan motorik halus anak-anak, pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan, serta penggunaan media pembelajaran yang efektif.