Meningkatkan Kesadaran dan Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Siswa SDN Serdang 01 Pagi

essays-star 4 (305 suara)

Pengabdian kepada Masyarakat: Sosialisasi Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Siswa SDN Serdang 01 Pagi Pendahuluan: Pendidikan karakter menjadi salah satu fokus utama dalam sistem pendidikan di Indonesia. Salah satu nilai-nilai yang menjadi landasan dalam pendidikan karakter adalah Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian dan sikap positif siswa. Oleh karena itu, SDN Serdang 01 Pagi telah melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan penerapan Pancasila dalam kehidupan siswa. Latar Belakang: SDN Serdang 01 Pagi merupakan salah satu sekolah dasar yang berada di wilayah Serdang, Jakarta. Sekolah ini memiliki siswa-siswi yang berasal dari berbagai latar belakang sosial dan budaya. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, terdapat penurunan kesadaran dan penerapan nilai-nilai Pancasila di kalangan siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya perilaku negatif seperti intoleransi, kekerasan, dan ketidakpedulian terhadap sesama. Tujuan: Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh SDN Serdang 01 Pagi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan penerapan Pancasila dalam kehidupan siswa. Dengan meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila, diharapkan siswa dapat menginternalisasi dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Metode: Pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan siswa, guru, orang tua, dan masyarakat sekitar. Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain: 1. Sosialisasi Nilai-nilai Pancasila: Melalui ceramah, diskusi, dan presentasi, siswa diberikan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai Pancasila dan pentingnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 2. Pembentukan Kelompok Diskusi: Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk mendiskusikan dan memahami nilai-nilai Pancasila secara lebih mendalam. Kelompok diskusi ini dipandu oleh guru dan dilakukan secara teratur. 3. Kegiatan Ekstrakurikuler: Sekolah juga menyediakan kegiatan ekstrakurikuler yang berfokus pada pengembangan karakter siswa. Kegiatan ini melibatkan siswa dalam kegiatan sosial, seperti kunjungan ke panti asuhan atau kegiatan lingkungan. Hasil dan Dampak: Melalui pengabdian kepada masyarakat ini, SDN Serdang 01 Pagi berhasil meningkatkan kesadaran dan penerapan Pancasila dalam kehidupan siswa. Siswa menjadi lebih sadar akan pentingnya nilai-nilai Pancasila dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tercermin dari perubahan sikap siswa yang lebih toleran, peduli terhadap sesama, dan menghargai perbedaan. Kesimpulan: Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh SDN Serdang 01 Pagi merupakan langkah yang efektif dalam meningkatkan kesadaran dan penerapan Pancasila dalam kehidupan siswa. Dengan melibatkan siswa, guru, orang tua, dan masyarakat sekitar, sekolah mampu menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter siswa yang berkualitas. Diharapkan pengabdian kepada masyarakat semacam ini dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain dalam upaya meningkatkan pendidikan karakter di Indonesia.