Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD

essays-star 4 (186 suara)

Praktik pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan motivasi peserta didik merupakan topik yang penting untuk dibagikan. Banyak pendidik yang menghadapi permasalahan yang sama dan berbagi pengalaman dapat menjadi solusi. Selain itu, praktik pembelajaran ini dapat menjadi referensi dan inspirasi bagi rekan pendidik lainnya. Diharapkan praktik pembelajaran ini dapat menjadi motivasi bagi pendidik lain untuk mendesain dan melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Sebagai pendidik dan fasilitator, peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah merancang dan melaksanakan pembelajaran dengan desain yang kreatif dan inovatif. Saya membuat perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran cooperative tipe STAD yang dapat meningkatkan motivasi peserta didik. Saya juga melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Selain itu, saya mendokumentasikan hasil praktik pembelajaran dan melakukan refleksi untuk memperbaiki praktik pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Tantangan yang dihadapi dalam mencapai tujuan tersebut adalah: 1. Motivasi peserta didik yang rendah. 2. Pemilihan model pembelajaran yang tepat agar peserta didik tertarik dan termotivasi. 3. Pembuatan media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. 4. Kemampuan peserta didik yang masih rendah dalam memahami materi. 5. Pendidikan karakter yang baik dalam proses pembelajaran dan setelahnya. 6. Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran individu atau kelompok yang masih rendah. Pihak yang terlibat dalam praktik ini adalah: 1. Sarya (Zumrotul Arifah, S.Si.) sebagai guru mata pelajaran dan peneliti. 2. Peserta didik kelas VII A. 3. Dosen Pembimbing (Ibu Dre. Nurhayati, M.Si.). Dengan mengatasi tantangan ini dan melibatkan semua pihak yang terlibat, diharapkan praktik pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi peserta didik dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.