Pengaruh Game Online terhadap Prestasi Akademik Siswa SMAN 87 Jakarta: Studi Kasus Genshin Impact dan Honkai Star Rail **

essays-star 4 (249 suara)

Pendahuluan: Artikel ini bertujuan untuk meneliti pengaruh game online terhadap prestasi akademik siswa SMAN 87 Jakarta. Fokus penelitian ini adalah pada dua game populer, Genshin Impact dan Honkai Star Rail, yang sering dimainkan oleh siswa di sekolah tersebut. Penelitian ini penting karena semakin meningkatnya penggunaan game online di kalangan remaja, dan perlu dipahami dampaknya terhadap aspek penting seperti pendidikan. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Responden penelitian adalah siswa SMAN 87 Jakarta yang aktif bermain Genshin Impact dan Honkai Star Rail. Kuesioner berisi pertanyaan tentang frekuensi bermain, jenis game yang dimainkan, dan pengaruh game terhadap prestasi akademik. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil dan Pembahasan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMAN 87 Jakarta yang bermain Genshin Impact dan Honkai Star Rail menghabiskan waktu bermain yang cukup signifikan. Data juga menunjukkan adanya korelasi antara frekuensi bermain game dan penurunan prestasi akademik. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya waktu belajar, gangguan konsentrasi, dan kurangnya motivasi belajar. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa game online, khususnya Genshin Impact dan Honkai Star Rail, dapat berdampak negatif terhadap prestasi akademik siswa SMAN 87 Jakarta. Penting bagi siswa untuk mengatur waktu bermain game dan menjaga keseimbangan antara kegiatan belajar dan bermain. Orang tua dan guru juga memiliki peran penting dalam membimbing siswa agar menggunakan game online secara bijak dan bertanggung jawab. Saran: Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami lebih dalam pengaruh game online terhadap aspek lain dalam kehidupan siswa, seperti kesehatan mental dan sosial. Selain itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya keseimbangan antara bermain game dan belajar. Catatan:** Artikel ini hanya memberikan gambaran umum tentang pengaruh game online terhadap prestasi akademik siswa. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif dan akurat.