Signifikansi Tingkat Pemahaman terhadap Niat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Sertifikasi Akuntan Profesional
Dalam penelitian ini, kami akan membahas hasil uji parsial yang menunjukkan tingkat signifikansi antara tingkat pemahaman dan niat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti sertifikasi akuntan profesional. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,899, yang berarti lebih besar dari 0,05. Selain itu, nilai t hitung sebesar 0,128 juga lebih kecil dari nilai t tabel 1,996. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pemahaman dan niat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti sertifikasi akuntan profesional. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa nilai koefisien positif sebesar 0,012 menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara tingkat pemahaman dan niat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti sertifikasi akuntan profesional. Meskipun hubungan ini tidak signifikan secara statistik, namun masih menunjukkan adanya pengaruh positif antara kedua variabel tersebut. Dalam konteks dunia nyata, hasil ini dapat diinterpretasikan bahwa tingkat pemahaman tidak menjadi faktor utama yang mempengaruhi niat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti sertifikasi akuntan profesional. Faktor-faktor lain seperti minat pribadi, peluang karir, dan kebutuhan pasar mungkin memiliki pengaruh yang lebih besar dalam menentukan niat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti sertifikasi tersebut. Dalam kesimpulan, hasil uji parsial menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pemahaman dan niat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti sertifikasi akuntan profesional. Meskipun demikian, masih terdapat hubungan positif antara kedua variabel tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman dapat memiliki pengaruh positif, meskipun tidak signifikan secara statistik, terhadap niat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti sertifikasi akuntan profesional.