Pengalaman Belajar dalam Mempelajari Materi Filosofi Pendidikan

essays-star 4 (278 suara)

Pada materi tentang perjalanan Pendidikan di Indonesia sebelum kemerdekaan (zaman kolonial), sesudah kemerdekaan, dan Pendidikan Abad ke-21, esensi Pendidikan berdasarkan dasar-dasar pemikiran filosofis pendidikan Ki Hajar Dewantara (dasar-dasar pendidikan yang menuntun, kodrat alam dan kodrat zaman, budi pekerti, sistem among), identitas manusia Indonesia, Pancasila sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia, Telaah Praktik Baik Pendidikan yang Memerdekakan, setelah mempelajari mata kuliah filosofi pendidikan tersebut, saya sebagai seorang mahasiswa memiliki pengalaman belajar yang beragam. 1. Pengalaman belajar yang berguna dan menarik baik dari paparan materi maupun cara dosen mengajar: Selama mempelajari materi filosofi pendidikan, saya menemukan bahwa paparan materi yang disampaikan oleh dosen sangat menarik dan berguna. Dosen mampu menghubungkan teori-teori filosofi pendidikan dengan realitas pendidikan di Indonesia saat ini. Dosen juga menggunakan metode pengajaran yang interaktif dan melibatkan mahasiswa dalam diskusi dan pemecahan masalah. Hal ini membuat saya lebih memahami konsep-konsep filosofi pendidikan dan dapat mengaitkannya dengan praktik pendidikan di lapangan. 2. Pengalaman belajar yang berguna tetapi kurang menarik: Meskipun materi yang disampaikan oleh dosen sangat berguna, ada beberapa kali saya merasa kurang tertarik dengan cara penyampaian dosen. Beberapa kali dosen hanya membacakan slide presentasi tanpa memberikan penjelasan yang lebih mendalam. Hal ini membuat saya harus mencari sumber tambahan untuk memahami konsep-konsep yang disampaikan. Meskipun demikian, saya tetap menganggap pengalaman belajar ini berguna karena saya belajar untuk mandiri dan mencari pemahaman sendiri. 3. Pengalaman belajar yang menarik tapi kurang berguna: Selama mempelajari materi filosofi pendidikan, ada beberapa topik yang disampaikan dengan cara yang menarik, namun kurang relevan dengan konteks sebagai calon guru. Misalnya, ada beberapa diskusi tentang teori-teori filosofi pendidikan yang lebih relevan dengan pendidikan tinggi daripada pendidikan dasar atau menengah. Meskipun topik ini menarik, saya merasa kurang berguna karena tidak langsung terkait dengan peran dan tanggung jawab seorang guru. 4. Pengalaman belajar yang tidak menarik dan tidak berguna dalam konteks sebagai calon guru: Sayangnya, ada beberapa kali saya menghadapi pengalaman belajar yang tidak menarik dan tidak berguna dalam konteks sebagai calon guru. Beberapa kali dosen hanya membacakan teks tanpa memberikan penjelasan yang lebih jelas atau memberikan contoh yang konkret. Hal ini membuat saya sulit memahami konsep yang disampaikan dan sulit mengaitkannya dengan praktik pendidikan di lapangan. Pengalaman belajar seperti ini tidak memberikan manfaat yang signifikan bagi perkembangan saya sebagai calon guru. Dalam keseluruhan pengalaman belajar saya dalam mempelajari materi filosofi pendidikan, saya merasa terdorong untuk lebih memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam praktik pendidikan di masa depan. Meskipun ada beberapa pengalaman belajar yang kurang memuaskan, saya tetap berusaha untuk mengambil manfaat yang berguna dan meningkatkan pemahaman saya tentang filosofi pendidikan.