Pembaruan Pendidikan: Meningkatkan Kemampuan untuk Mencapai Tujuan

essays-star 4 (254 suara)

Pembaruan pendidikan adalah suatu perubahan yang baru dan kualitatif berbeda dari hal yang ada sebelumnya serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam pendidikan. Dalam konteks ini, pembaruan pendidikan dapat diartikan sebagai upaya untuk mengubah dan meningkatkan sistem pendidikan yang ada agar lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan zaman. Salah satu pengertian pembaruan pendidikan yang dikemukakan adalah oleh Ibrahim. Menurut Ibrahim, pembaruan pendidikan adalah suatu upaya untuk mengubah dan meningkatkan kurikulum, metode pengajaran, dan evaluasi pembelajaran agar lebih sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan melakukan pembaruan ini, diharapkan pendidikan dapat memberikan bekal yang lebih baik kepada siswa untuk menghadapi tantangan masa depan. Salisbury juga memberikan pengertian yang serupa tentang pembaruan pendidikan. Menurut Salisbury, pembaruan pendidikan melibatkan perubahan dalam pendekatan pengajaran dan pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Dengan memanfaatkan teknologi, siswa dapat belajar secara interaktif dan mandiri, sehingga meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami dan mengaplikasikan pengetahuan. Namun, Rogers memiliki pandangan yang sedikit berbeda tentang pembaruan pendidikan. Bagi Rogers, pembaruan pendidikan bukan hanya tentang perubahan dalam kurikulum dan metode pengajaran, tetapi juga melibatkan perubahan dalam pola pikir dan sikap guru dan siswa. Pembaruan pendidikan harus mencakup aspek psikologis dan sosial, sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung perkembangan penuh potensi siswa. Sementara itu, Hamijoyo juga memberikan kontribusi dalam pengertian pembaruan pendidikan. Menurut Hamijoyo, pembaruan pendidikan harus melibatkan semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan, termasuk guru, siswa, orang tua, dan masyarakat. Pembaruan pendidikan harus menjadi tanggung jawab bersama untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. Secara keseluruhan, pembaruan pendidikan adalah suatu upaya untuk mengubah dan meningkatkan sistem pendidikan yang ada agar lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan zaman. Pembaruan pendidikan melibatkan perubahan dalam kurikulum, metode pengajaran, dan evaluasi pembelajaran, serta perubahan dalam pola pikir dan sikap guru dan siswa. Pembaruan pendidikan harus melibatkan semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan, sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung perkembangan penuh potensi siswa.