Pertanyaan
LEMBAR SC AL UJIAN SUSI ULAN ASES IEN SUM LATIF SEM IESTE RGANJIL Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Kelas Tahun Pelajaran Hari/Tanggal Selasa, 03 Desember 2024 Petunjuk Soal: 1.Jawab soal di bawah ini dengan bener dalam jumlah soal 10 nomor essay! 2. Baca paragraf dibawah sebelum menjawab soal nomor 1, 2 dan 3 3. Sebelum menjawab soal nomor 7 dan 8, silahkan terlebih dahulu membaca paragraf di atas soal! Soal: Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Belanda mencoba kembali datang menguasai Indonesia dengan alasan ingin melindungi ekonomi dan kolonialnya. Hal tersebut memaksa Indonesia kembal berjuang mempertahankan kemerdekaan melalui kekuatan senjata seperti Pertempuran Surabeya, yakni peperangan yang terjadi antara tentara Indonesia melawan pasukan Sekutu yang terdiri dari tentara inggris dan Belanda (NICA) pads 10 November 1945. Selain perjuangan melalui senjata juga melakukan perjuangan melalui dplomas; seperti Perundingan Linggarjati. Perjanjian ini ditandatangani di Linggarjati. Kuningan, Jawa Baral pada 15 November 1946 dan secara sah di Istana Merdeka, Jakarta pada 25 Maret 1947. Selain itu juga dadakan Perjanjian Renvile, perjanjian antara Indonesia dan Belanda yang terjadi pada 8 Desember 1947-17 Januari 1948. Perjanjian ini atas kapal perang Amerika Serikat, USS Renville yang berlabuh d Jakarta. Meski begitu, Belanda tetap melancarkan Agresi Militer I (1947) dan Agresi Mikter II (1948), sehingga mendapat respon keras dari Dunia Internasional fermasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)! 1. Jelaskan 3 alasan utama kembalinya Belanda ke Indonesia setelah Proklamasi Kemerdekaan! 2. Upaya perjuangan kemerdekaan Indonesia melawan Belanda dilakulan dengan perjuangan bersenjata yakni Pertempuran Surabaya (10 November 1945)jelaskan dampak pertempuran tersebut terhadap perjuangan nasional! 3. Perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang dilaksanakan secara diplomasi menghasilkan Perundingan Linggarjal (1946) dan Perjanjian Remville (1948). Tuliskan hasil Perundingan Linggarjati dan Perjanjian Renville! 17 Agustus 1945 telah diproklamasikan Kemerdekaan Indonesia. Namun Belanda tidak mengakui kedaulatan Indonesia dan melancarkan dua agresi militer, yaitu pada tahun 1947 dan 1948.Agresi Militer Belanda I bertijuan merebutkembell whayah strategis di Indonesia, sementara Agresi Milter Belanda II dilakukan untuk menggulingkan pemerintahan Republik Indonesia. Kedua agresi ini menimbulkan perhatian besar dari dunia termasuk dari negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Jelaskan bagaimana Agresi Milite Belanda memengaruhi sikap dunia internasional terhadap perjuangan Indonesia? Kemerdekaan Indonesia menghadapi tantangan untuk mempertahankan kedaulatannya karena Belanda tidak mengakut kedaulatan dan berusaha kembali menguasai tengah perjuangan kemerdekaan Indonesia, Indonesia berupaya mendapatkan dukungan internasional metalui jalur dolomasi termasuk upaya mendapatkan pengakuan dari dunia internasional. Pengakuan ini sangat penting karena memperkuat posisi Indonesia sebagai negara yang merdeks dan berdaulat. Beberapa negara akhernya memberikan dukungan diplomatik yang signitikan. Upaya diplomasi yang dilakukan oleh Indonesia Belanda menunjukkan bagaimana negara in berusaha menjalin hubungan internasional di lengah tekanan chari Tuliskan 7 negara yang memberikan pengakuan terhadap kemerdekaan Indonesia! 6. Akhir tahun 1948, melakul Konferensi Meja Bundar (KMB)yang diadakan di Den Haeg, Belanda akhirnya mengakui kedadalan Indonesia selelah melalui perjuangan panjang. KMB beberapa keputusan penting, antara lain pengakuan Indonesia sebagai negara berdaulat pembentukan Republit Indonesia Serikat (RIS), dan pembentukan Uni Indonesia-Belanda. Mamun, meshipun kedaulatan telah diakui, Indonesia masah menghadapi beberapa lantangan, sepert keberadsan utang Hindia Belanda yang diwariskan, sengketa Papua Barat, dan pengaruh ekonomi Belanda yang tetap bertahan. Apa arti penting Konferensi Meja Bundar dalam pengakuan kedaulatan Indonesia? Era globalisasi saat ini perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sangat pesat Teknologi komunikasi, informasi, transportasi dan industri berkembang dengan sangat cepat. Inovesi sepert internet. telekomunikasi sebuler, kecerdasan buatan (Al), dan teknologi bicmedis telah mengubah cara manusia berinteraksi,bekerja, dan menjalani kehidupan Globalisasi mempercepat arus informasi dan borang di seluruh dunia, menjadikan IPTEK sebagai pendarong utarna bagi penubahan sosial, ekonomi, dan budaya. Namun, perkembangan ini juga membawa tantangan, seperti kesenjangan digital, pengangguran akbat oternatisasi dan masalah privasi serta keamanan data. 7. Jelaskan bagaimane perkembangan IPTEK pada era globelisas mempengaruhi berbagai sektor kehidupan manusia seperti; sosial, ekonomi dan pendidikan? 8. Apa dampak positif dan negatif dari perkembangan IPTEK terhadap kehidupan manusia? 9. Indonesia sebagai satah satu pendiri Gerakan Non-Blok (GNB)memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga netralitas di tengah rivalitas ideologi antara Blok Barat dan Blok Timur pada masa Perang Dingin Jelaskan bagaimana Indonesia berperan dalam pembentukan GNIB? 10. Perang Dingin (1947-1991) adalah konflik ideologi antara Blok Barat yang dipimpin Amerika Serikat dan Blok Timur yang dipimpin Uni Soviet. Konflik berbagai aspek kehidupan didunik mulai dari politik ekonomi, hingga sosial. Jelaskan bagaimana dampak Perang Dingin memengaruhi dinamika politik, ekonom global dan sosial?
Jawaban
Jawaban Lembar Soal Ujian Sejarah Peminatan
Berikut jawaban untuk soal ujian Sejarah Peminatan:
1. Jelaskan 3 alasan utama kembalinya Belanda ke Indonesia setelah Proklamasi Kemerdekaan!
Tiga alasan utama kembalinya Belanda ke Indonesia setelah Proklamasi Kemerdekaan adalah:
* Keinginan untuk mempertahankan kekuasaan kolonial: Belanda ingin mempertahankan kekuasaan dan pengaruhnya di Indonesia, yang telah mereka kuasai selama berabad-abad. Mereka melihat kemerdekaan Indonesia sebagai ancaman terhadap kepentingan ekonomi dan politik mereka.
* Menjaga kepentingan ekonomi: Indonesia kaya akan sumber daya alam yang sangat menguntungkan bagi Belanda. Kembalinya mereka bertujuan untuk menguasai kembali sumber daya tersebut demi kepentingan ekonomi Belanda.
* Ideologi kolonial: Belanda masih memegang teguh ideologi kolonialisme, yang menganggap bangsa Indonesia sebagai bangsa yang belum mampu memerintah diri sendiri. Mereka merasa berhak untuk kembali menguasai Indonesia atas dasar "perlindungan" dan "pembimbingan".
2. Upaya perjuangan kemerdekaan Indonesia melawan Belanda dilakukan dengan perjuangan bersenjata yakni Pertempuran Surabaya (10 November 1945). Jelaskan dampak pertempuran tersebut terhadap perjuangan nasional!
Pertempuran Surabaya memiliki dampak signifikan terhadap perjuangan nasional, antara lain:
* Meningkatkan semangat juang rakyat Indonesia: Pertempuran Surabaya menunjukkan perlawanan gigih rakyat Indonesia terhadap penjajah, meskipun menghadapi kekuatan militer yang jauh lebih besar. Hal ini membangkitkan semangat nasionalisme dan perlawanan di seluruh Indonesia.
* Menunjukkan kekuatan rakyat Indonesia: Pertempuran ini membuktikan bahwa rakyat Indonesia mampu melawan penjajah, meskipun dengan persenjataan yang terbatas. Hal ini meningkatkan kepercayaan diri bangsa Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan.
* Menarik perhatian dunia internasional: Pertempuran Surabaya mendapat perhatian dunia internasional, yang melihat keberanian dan semangat juang rakyat Indonesia. Hal ini membantu Indonesia mendapatkan simpati dan dukungan dari negara-negara lain.
* Mempertegas tekad Indonesia untuk merdeka: Pertempuran Surabaya menjadi simbol perlawanan dan tekad Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaannya. Peristiwa ini diabadikan sebagai Hari Pahlawan.
3. Perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang dilaksanakan secara diplomasi menghasilkan Perundingan Linggarjati (1946) dan Perjanjian Renville (1948). Tuliskan hasil Perundingan Linggarjati dan Perjanjian Renville!
* Hasil Perundingan Linggarjati (15 Maret 1947): Indonesia diakui sebagai negara Republik Indonesia Serikat (RIS) yang meliputi Jawa, Madura, dan Sumatra. Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia atas wilayah tersebut. Namun, wilayah Indonesia Timur masih berada di bawah kekuasaan Belanda.
* Hasil Perjanjian Renville (17 Januari 1948): Perjanjian ini sangat merugikan Indonesia. Garis Van Mook membagi wilayah Indonesia menjadi dua, dengan Republik Indonesia hanya menguasai wilayah Jawa bagian barat dan sebagian kecil Sumatra. Wilayah Indonesia lainnya berada di bawah kekuasaan Belanda. Perjanjian ini menunjukkan ketidakadilan dan pelanggaran janji dari pihak Belanda.
4. Jelaskan bagaimana Agresi Militer Belanda memengaruhi sikap dunia internasional terhadap perjuangan Indonesia?
Agresi militer Belanda I dan II menimbulkan kecaman keras dari dunia internasional. Sikap dunia internasional terhadap Indonesia berubah menjadi lebih simpatik dan mendukung. Pelanggaran perjanjian internasional oleh Belanda dan tindakan agresi militernya yang brutal membuat banyak negara mengecam tindakan Belanda. Hal ini menyebabkan tekanan internasional terhadap Belanda untuk menghentikan agresi dan mengakui kedaulatan Indonesia. Dukungan internasional ini sangat penting bagi perjuangan Indonesia.
5. Tuliskan 7 negara yang memberikan pengakuan terhadap kemerdekaan Indonesia!
Menuliskan 7 negara yang secara pasti memberikan pengakuan *paling awal* terhadap kemerdekaan Indonesia membutuhkan riset lebih lanjut dan akses ke sumber sejarah yang terperinci. Daftar negara yang memberikan pengakuan bervariasi tergantung pada sumber dan kriteria pengakuan yang digunakan (pengakuan de facto vs de jure). Namun, beberapa negara yang umumnya disebutkan sebagai negara yang memberikan pengakuan awal antara lain: Mesir, India, Pakistan, Filipina, Australia, dan beberapa negara Amerika Latin. Untuk jawaban yang lebih akurat, diperlukan riset lebih lanjut.
6. Apa arti penting Konferensi Meja Bundar (KMB) dalam pengakuan kedaulatan Indonesia?
Konferensi Meja Bundar (KMB) sangat penting karena menandai pengakuan resmi kedaulatan Indonesia oleh Belanda. Meskipun dengan beberapa syarat dan kompromi, KMB mengakhiri secara resmi periode perjuangan fisik dan diplomasi yang panjang untuk meraih kemerdekaan. Pengakuan kedaulatan ini membuka jalan bagi Indonesia untuk membangun negara dan menjalin hubungan internasional sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.
7. Jelaskan bagaimana perkembangan IPTEK pada era globalisasi mempengaruhi berbagai sektor kehidupan manusia seperti; sosial, ekonomi dan pendidikan?
Perkembangan IPTEK pada era globalisasi sangat mempengaruhi berbagai sektor kehidupan:
* Sosial: Munculnya media sosial dan internet telah mengubah cara manusia berinteraksi dan berkomunikasi. Informasi menyebar dengan cepat, namun juga menimbulkan tantangan seperti penyebaran informasi hoaks dan polarisasi sosial.
* Ekonomi: Teknologi informasi dan komunikasi telah mendorong pertumbuhan ekonomi digital, e-commerce, dan bisnis online. Namun, juga menimbulkan tantangan seperti kesenjangan digital dan pengangguran akibat otomatisasi.
* Pendidikan: Teknologi telah memberikan akses pendidikan yang lebih luas melalui pembelajaran online dan sumber daya digital. Namun, juga menimbulkan tantangan seperti kesenjangan akses teknologi dan kualitas pendidikan online yang beragam.
8. Apa dampak positif dan negatif dari perkembangan IPTEK terhadap kehidupan manusia?
Dampak Positif:
* Peningkatan efisiensi dan produktivitas
* Akses informasi yang lebih luas
* Kemudahan komunikasi dan interaksi
* Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat
* Perbaikan layanan kesehatan dan kesejahteraan
Dampak Negatif:
* Kesenjangan digital
* Pengangguran akibat otomatisasi
* Masalah privasi dan keamanan data
* Penyebaran informasi hoaks dan ujaran kebencian
* Ketergantungan pada teknologi
9. Jelaskan bagaimana Indonesia berperan dalam pembentukan Gerakan Non-Blok (GNB)?
Indonesia memainkan peran penting dalam pembentukan Gerakan Non-Blok (GNB). Presiden Soekarno adalah salah satu tokoh kunci yang mendorong terbentuknya GNB sebagai wadah bagi negara-negara yang tidak ingin terlibat dalam Perang Dingin antara Blok Barat dan Blok Timur. Indonesia aktif dalam konferensi-konferensi yang mengarah pada pembentukan GNB dan menjadi salah satu pendukung utama prinsip-prinsip GNB, yaitu kemerdekaan, perdamaian, dan kerjasama internasional.
10. Jelaskan bagaimana dampak Perang Dingin memengaruhi dinamika politik, ekonomi global dan sosial?
Perang Dingin memiliki dampak besar pada dinamika global:
* Politik: Dunia terbagi menjadi dua blok yang saling berseteru, menyebabkan berbagai konflik proksi dan persaingan ideologi di berbagai negara. Terbentuknya berbagai pakta militer dan aliansi politik.
* Ekonomi: Terjadi persaingan ekonomi antara Blok Barat dan Blok Timur, yang mempengaruhi sistem ekonomi di berbagai negara. Terjadi persaingan dalam pengembangan teknologi dan senjata.
* Sosial: Perang Dingin menyebabkan ketegangan sosial dan ideologi di berbagai negara. Terjadi propaganda dan penyebaran ideologi yang saling berlawanan.
Semoga jawaban ini membantu! Ingatlah untuk selalu melakukan riset lebih lanjut untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan akurat.
Pertanyaan Panas lebih
Pada masa penjajahan, Jepang melakukan ..... sumber daya alam secara besar-besaran terhadap Indonesia Destruksi Eksploitasi Pembantaian Keserakahan
4. Seorang pelajar melakukan tanya jawab dengan satpam untuk mengetahui tingkat keamanan di perumahan X. Kelebihan sumber data yang diperoleh pada akt
Proses terhadap beberapa rumah yang hancur akibat gempa bumi membutuhkan waktu selama 3 bulan. rekonstruksi relokasi regenerasi rehabilitasi
7. Nana menetapkan Bu Winggar sebagai informan dalam penelitiannya karena ia mampu memberikan informasi tentang gambaran kegiatan bank sampah yang aka
Coba jelaskan tentang pengertian ilmu pengetahuan, metode ilmu pengetahuan, fungsi dan kegunaannya dalam menyejahterakan hidup dan berikan kesimpulan
Pada masa penjajahan, Jepang melakukan sumber daya alam secara besar-besaran terhadap Indonesia Destruksi Eksploitasi Pembantaian Keserakahan
15. Sejarawan harus bersikap kritis dan teliti dalam menggunakan artikel surat kabar sebagai sumber sejarah. Kedua sikap ini diperlukan untuk.... a. m
Ketetapan MPR adalah sebuah produk legislatif yang merupakan keputusan musyawarah, baik yang berlaku didalam majelis, maupun yang berlaku diluar majel
Karya apakah yang ditanggapi? & }(l) Lukisan Affandi "Kebun Cengkeh" & Novel Student Hidjo Siapa yang menghasilkan karya tersebut? & &
4. Nilai-nilai Pancasila Sila Persatuan Indonesia terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu .... a.
20. Seorang penyaji diharapkan mengenakan pakaian sopan dan rapi ketika memublikasikan hasil penelitian. Etika tersebut perlu diperhatikan karena....
2. Aktivitas perdagangan rempah-rempah pada masa kuno tidak lepas dari peran para pendatang dari berbagai wilayah di dunia. Apa peran mereka dalam akt
8. Hubungan antara Pancasila sebagai dasar negara dengan UUD 1945 sebagai konstitusi adalah .... a. konstitusi merupakan penjabaran dari dasar negara
10. Perhatikan keterangan-keterangan berikut! 1) Memiliki warna kulit kuning langsat dan cokelat hitam, serta rambut lurus. 2) Keturunan bangsa ini ad
7. Penyajian data penelitian harus memperhatikan jenis data yang digunakan. Bagaimana menyajikan data penelitian yang bersifat kualitatif? Jawab: