AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Fisika / 3 Perhatikan contoh penataan konten atau materi IPA kelas 6 SD benkut: Pokok bahasan MAGNET Bahasan

Pertanyaan

3 Perhatikan contoh penataan konten atau materi IPA kelas 6 SD benkut: Pokok bahasan MAGNET Bahasan 1. Cara membuat magnetberdasarkan sifat kemagnetannya 2. Kegunaan
zoom-out-in

3 Perhatikan contoh penataan konten atau materi IPA kelas 6 SD benkut: Pokok bahasan MAGNET Bahasan 1. Cara membuat magnetberdasarkan sifat kemagnetannya 2. Kegunaan magnet dalam kehidupan 3. Sifat-sifat magnet Pertanyaan Berdasarkan paparan contoh penataan bahasan/materi di atas, berpijak pada kniteria penataan materi scope dan seguence bagaimanakah penataan materi tersebut untuk siswa tingkat Sekolah Dasar? Jelaskan

Tampilkan lebih banyak
165
Jawaban
4.4 (217 suara)
avatar
Kanchan profesional · Tutor selama 6 tahun

Jawaban

Penataan materi tentang magnet untuk siswa tingkat Sekolah Dasar dapat dilakukan dengan mengikuti urutan berikut:

1. Sifat-sifat magnet: Siswa perlu memahami sifat-sifat dasar magnet, seperti kutub utara dan selatan, serta bagaimana magnet dapat menarik benda-benda tertentu.

2. Cara membuat magnet berdasarkan sifat kemagnetannya: Setelah memahami sifat-sifat magnet, siswa dapat belajar tentang cara membuat magnet dengan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti besi, nikel, atau baja.

3. Kegunaan magnet dalam kehidupan: Setelah memahami dasar-dasar tentang magnet, siswa dapat belajar tentang kegunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam perangkat elektronik, alat-alat rumah tangga, dan lain-lain.

Dengan mengikuti urutan ini, siswa dapat memahami konsep-konsep dasar tentang magnet secara bertahap, mulai dari sifat-sifat magnet, cara membuat magnet, hingga kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Penjelasan

Penataan materi berdasarkan scope dan sequence adalah metode yang digunakan untuk mengatur materi pembelajaran berdasarkan tingkat kesulitan dan urutan pembelajaran. Dalam hal ini, materi tentang magnet dapat diatur dengan mempertimbangkan tingkat pemahaman siswa Sekolah Dasar.
Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Jika air pada bendungan relatif tenang, maka tekanan paling besar berada pada titik .... 1 2 3 4

Seorang tukang mengukur kedalaman sebuah pipa. Kedalaman pipa saat diukur menggunakan jangka sorong ditunjukkan seperti gambar berikut. Kedalaman pip

Rumah yang memiliki suhu paling besar disaat waktu yang bersamaan adalah ....

Putri melakukan pengukuran ketebalan pelat logam dengan menggunakan mikrometer sekrup. Hasil pengukurannya seperti pada gambar berikut. Presentase ke

Putri melakukan pengukuran ketebalan pelat logam dengan menggunakan mikrometer sekrup. Hasil pengukurannya seperti pada gambar berikut. Ketidakpastia

Bacalah cuplikan berita berikut ini! Menurut Dery, petugas tera dari Unit Pelaksana Tugas Bidang Kemetrologian Pamekasan Dinas Perindustrian dan Perda

Berikut menunjukkan bentuk dari beberapa kereta api. Jika massa dan kekuatan mesin kereta sama, maka bentuk kereta yang menghasilkan kecepatan maksima

8. Seorang siswa melakukan percobaan dengan memanaskan air di atas bunsen hingga suhunya mencapai 90^circ mathrm(C) . Apabila termometer yang digunak

5. Dari jarak 120 mathrm(~m) , seorang pengukur tanah menemukan sudut yang terbentuk antara garis permukaan dan puncak gedung adalah 30^circ . Gunak

Pengukuran dengan Mikrometer Sekrup Pengukuran dimensi suatu benda yang memiliki panjang atau ketebalan yang tipis akan sulit dilakukan jika hanya men

17. Perhatikan gambar berikut. Dua bejana yang berisi air dengan suhu berbeda dicampur seperti gambar tersebut. Suhu akhir air campuran kedua bejana a

6. Perhatikan gambar berikut! Muatan A Muatan B Berdasarkan gambar tersebut, pernyataan berikut yang benar adalah .... A. muatan A memiliki potensial

14. Generator mengubah energi mekanik gerak menjadi energi listrik. Motor listrik berfungsi mengubah energi listrik menjadi gerak mekanik. Peralatan r

1. Sebuah penggaris plastik yang digosokkan pada kain wol akan bermuatan ... karena .... A. negatif, muatan negatif dari kain wol berpindah ke plastik

8. Jika tidak ada gaya luar yang bekerja pada sistem, maka jumlah energi potensial dan energi kinetik pada suatu titik adalah tetap. Jumlah energi pot