AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Sejarah / Disajikan wancana sebuah teori peserta didik dapat memahami sebuah teori yang mendukung praktik penj

Pertanyaan

Disajikan wancana sebuah teori peserta didik dapat memahami sebuah teori yang mendukung praktik penjajahan.
zoom-out-in

Disajikan wancana sebuah teori peserta didik dapat memahami sebuah teori yang mendukung praktik penjajahan.

Tampilkan lebih banyak
169
Jawaban
4.7 (243 suara)
avatar
Hitesh veteran · Tutor selama 12 tahun

Jawaban

Teori peserta didik yang dapat memahami teori yang mendukung praktik penjajahan perlu mempertimbangkan beberapa faktor kompleks. Tidak ada satu teori tunggal yang secara sempurna menjelaskan bagaimana seseorang dapat memahami dan bahkan membenarkan penjajahan, karena pemahaman dan penerimaan tersebut merupakan hasil dari interaksi berbagai faktor sosial, psikologis, dan kognitif. Namun, beberapa kerangka kerja teoretis dapat membantu kita memahami fenomena ini:

1. Teori Kognitif:

* Skema dan Akomodasi: Teori kognitif Piaget menekankan peran skema (struktur kognitif yang mengorganisir pengetahuan) dalam pemahaman kita tentang dunia. Seseorang yang telah mengembangkan skema yang mendukung superioritas ras atau budaya tertentu mungkin lebih mudah menerima teori yang membenarkan penjajahan. Akomodasi, proses menyesuaikan skema yang ada dengan informasi baru, mungkin sulit terjadi jika informasi tersebut bertentangan dengan keyakinan yang sudah mapan. Dengan kata lain, informasi yang mendukung penjajahan mungkin lebih mudah diakomodasi daripada informasi yang mengkritiknya.
* Bias Konfirmasi: Individu cenderung mencari dan menafsirkan informasi yang mengkonfirmasi keyakinan yang sudah ada. Seseorang yang percaya pada superioritas ras atau budaya tertentu mungkin secara selektif mencari dan mempercayai teori yang mendukung pandangan tersebut, sementara mengabaikan atau menolak bukti yang bertentangan.

2. Teori Sosial:

* Teori Belajar Sosial (Bandura): Kita belajar melalui observasi dan imitasi. Jika seseorang terpapar pada tokoh-tokoh otoritas atau kelompok sosial yang membenarkan penjajahan, mereka mungkin meniru perilaku dan keyakinan tersebut. Media, pendidikan, dan lingkungan sosial memainkan peran penting dalam proses ini.
* Teori Identitas Sosial (Tajfel & Turner): Individu membangun identitas mereka melalui afiliasi dengan kelompok sosial. Jika seseorang mengidentifikasi diri dengan kelompok yang telah memperoleh keuntungan dari penjajahan, mereka mungkin lebih cenderung menerima teori yang mendukung praktik tersebut untuk mempertahankan citra positif kelompok mereka.
* Teori Realisme (Mearsheimer): Dalam konteks hubungan internasional, realisme menekankan pada persaingan antar negara untuk kekuasaan dan keamanan. Teori ini dapat digunakan untuk membenarkan penjajahan sebagai strategi untuk mencapai tujuan nasional, meskipun dengan mengorbankan kelompok lain.

3. Teori Psikologis:

* Disonansi Kognitif (Festinger): Ketika seseorang memegang keyakinan yang bertentangan, mereka mengalami disonansi kognitif, suatu keadaan ketidaknyamanan psikologis. Untuk mengurangi disonansi ini, individu mungkin mengubah keyakinan mereka atau mencari justifikasi untuk perilaku mereka. Seseorang yang telah terlibat dalam praktik penjajahan mungkin menggunakan teori-teori yang membenarkan tindakan mereka untuk mengurangi disonansi kognitif.
* Propaganda dan Manipulasi: Propaganda dan manipulasi informasi dapat digunakan untuk membentuk persepsi dan keyakinan individu tentang penjajahan. Informasi yang menyesatkan atau diputarbalikkan dapat digunakan untuk membenarkan praktik penjajahan dan mengurangi rasa bersalah atau empati terhadap korban.


Penting untuk diingat bahwa pemahaman dan penerimaan teori yang mendukung penjajahan adalah proses yang kompleks dan multi-faktorial. Tidak ada satu penjelasan sederhana yang dapat diterapkan pada semua kasus. Pemahaman yang lebih komprehensif membutuhkan analisis yang mempertimbangkan konteks historis, sosial, budaya, dan psikologis yang spesifik.
Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

11. Yang termasuk evolusi dibidang sosial adalah __ a.Perubahan sistem pertanian ladang ke sistem pertanian irigasi b.Penerimaan masyarakat terhadap p

4. Bersistem dan berproses merupakan salah satu syara-syarat kelompok sosial menurut __ 5. Selain kedekatan fisik dan geografis, pembentukan kelompok

Tahun barapo Salvion dan Celis mangaluakan pengertian mampatandokan anggota kaluarga? 1993 1998 1995 1997 5 points

1. Integrasi nasional atau bangsa adalah usaha atau proses mempersatukan perbedaan perbedaan dalam suatu negara ","B":"p pointing repair party phunan

c. zaman neozoikum c. Zaman tersier II. ESSAY 1. Sejarah berasal dari kata "syajaratun" dan diserap kebahasa melayu yaitu "gajirah" kebudan dalam baha

10.Perubahan yang mendasar meliputi struktur-struktur sosial dan berlangsung dalam waktu yang 11. Yang termasuk evolusi dibidang sosial adalah __ a.Pe

41. Dalam bidang seni budaya dan arsitektur,Khalifah Al-Mansur membangun kota Bagdad yang berbentuk bundar dan di tengahnya dibangun __ Al-Qasr Al-Zah

1. Setelah menguasi kongsi dagang di Batavia kini Banten menjadi saingan bagi VOC di perairan Selat Sunda sehingga menginginkan wilayah banten juga ta

Sama menjadi sebab Islam mudah di terima di Indonesia! 1. Apa perbedaan gelar Tengku dan Teuku pada keraiaan terima di Indonesia Sebutkan nama rain

A. server )2. Kendial di mana gollak penyelenggara yecara ctomatis skan monganggap tim voli tersebut moskipan belum bertanifing pada inut __ permainny

Lambang utama dari sila ke -2 Pancasila adalah rantai berwarna emas dengan warna dasar merah dan rantai tersebut tidak putus-putus . Makna dari bentuk

Orang melayu mengenal lambang pada bentuk ini , terutama yang berkaitan dengan kepercayaan dalam agama Hindu dan Budha. Adalah makna dari atap __ a. A

38. Tempat-tempat belajar dan menuntut ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah adalah __ majelis taklim Masjid madrasah pesantren 39. Setelah kemb

Pada gelombang ketiga muballigh yang datang ke Nusantara adalah ulama __ a. Ahli politik b. ahli sufi C. Ahli fiqih d. A dan b benar Pada saat Kerajaa

Dumpak perubahan sosial terhadap kebudayaan bangsa Indonesia yang dapat mengakibatkan stress, depresi, dan frustasi adalah __ a. cultural animosty b.