Pertanyaan
Penggunaan pendekatan humanistik dalam pembelajaran IPS , harus dilakukan guru dengan mengikuti langkah-langkar berikut __ 1)tujuan pembelajaran 2) pembagian tugas tema pokok dari berbagai disiplin ilmu 3) membentuk kelompok kerja siswa
Jawaban
1. Menentukan Tujuan Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa: Ini bukan sekadar merumuskan tujuan pembelajaran, tetapi memastikan tujuan tersebut selaras dengan kebutuhan, minat, dan perkembangan emosional siswa. Tujuannya harus mendorong pertumbuhan pribadi, pengembangan diri, dan pemahaman diri siswa dalam konteks materi IPS.
2. Membangun Hubungan Guru-Siswa yang Positif dan Suportif: Pendekatan humanistik menekankan pentingnya empati, penerimaan tanpa syarat, dan kehangatan dalam hubungan guru-siswa. Guru harus menciptakan lingkungan kelas yang aman, inklusif, dan menghargai perbedaan individu.
3. Pemilihan Tema Pokok dan Pembagian Tugas yang Relevan dan Bermakna: Tema pokok harus dipilih berdasarkan relevansi dengan kehidupan siswa dan minat mereka. Pembagian tugas harus memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi tema tersebut secara mendalam dan mengembangkan pemahaman mereka sendiri, bukan hanya menghafal fakta. Integrasi berbagai disiplin ilmu IPS (sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, dsb.) harus dilakukan secara alami dan bermakna, bukan sekedar memaksakan.
4. Pembentukan Kelompok Kerja yang Kolaboratif dan Saling Mendukung: Kelompok kerja harus dibentuk dengan mempertimbangkan kepribadian dan kemampuan siswa, sehingga setiap anggota merasa dihargai dan berkontribusi. Guru harus memfasilitasi kolaborasi dan komunikasi efektif antar anggota kelompok.
5. Penggunaan Metode Pembelajaran yang Aktif dan Berpusat pada Siswa: Metode pembelajaran yang digunakan harus memungkinkan siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran, seperti diskusi kelompok, presentasi, simulasi, permainan peran, studi kasus, dan proyek berbasis masalah. Guru berperan sebagai fasilitator, bukan sebagai sumber informasi utama.
6. Penilaian yang Holistik dan Berorientasi pada Proses: Penilaian tidak hanya berfokus pada hasil belajar kognitif, tetapi juga mencakup aspek afektif dan psikomotor. Guru harus menilai perkembangan pribadi siswa, kemampuan kolaborasi, dan pemahaman mereka terhadap materi IPS secara holistik. Proses pembelajaran itu sendiri menjadi bagian penting dari penilaian.
7. Refleksi dan Evaluasi Berkelanjutan: Guru harus secara berkala merefleksikan proses pembelajaran dan mengevaluasi efektivitas pendekatan humanistik yang diterapkan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan dan kebutuhan siswa.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, guru dapat menerapkan pendekatan humanistik secara efektif dalam pembelajaran IPS dan menciptakan lingkungan belajar yang bermakna dan berpusat pada siswa. Tiga langkah awal yang Anda sebutkan hanyalah fondasi, dan langkah-langkah selanjutnya sangat krusial untuk mewujudkan esensi pendekatan humanistik.
Pertanyaan Panas lebih
1.Arti lafal Liji J.) pada Q.S. Ali Imran ayat 190 adalah __ 2.Seseorang yang berpikir kritis akan dimuliakan oleh __ 3. Huruf syamsiyah yang terdapat
14 Salah satu hunut mad adalah alif Alif dapat dibaca panjang jika didahului oleh huruf yang berharakat __ a sukun c fathah b. damah d kasrah B Piliha
Uji P emahaman 1. Dalam buku Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu'tazilah (1987)Harun Nasution menjelaskan tentang ilmu kalam Berikut pengertian IIm
Toyib meninggalkan istrinya selama bertahun - 5 poin tahun tanpa adanya kabar dan tidak memberikan nafkah kepada istrinya , sehingga istri mengajukan
Sekarang kamu bersama dengan rekan daishing daftar aktivitas, perilaku kegiatan yang pernah kamu lakukan yang memorot kamu menggambarkan nilai-nilai P
Pemerintah memiliki perhatian khusus terhadap pendidikan dan kebudayaan Indonesia , hingga memasukkan kedua hal tersebut ke dalam pasal di UUD 1945 .
16 Sudaya apa yang sejalan dengan yangsudah yang seratanan dahuludilndonesia adalah __ A konsumtif D. gotong royong B. individualisme E. hierarki sosi
Berapakah persentase zakat padi yang harus dikeluarkan jika tanpa biaya pengairan __ 10% 15% 20% 5%
3. Bagaimana "Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan" berkontribus ipada "Keadilan Sosial bagi Indonesia
PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT! Berikut kriteria permasalahan yang perlu diperhatikan dalam perumusan masala h yang benar adalah __ Perma salahan
1. Bagamana kebanyakan pelajar taman sekarang kaitannya dengan adab mencari ilmu? Jawab __
Soal Pilihan Ganda Mengapa manusia dianggap sebagai objek sosiologi? a. Karena manusia hidup dalam kesendirian b. Karena manusia selalu berinteraksi d
16. Nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi era globalisasi harus tertanam perilaku schari-hari bangea Indonesia sehab Pancasila merupakan __ A alat pe
1. Contoh perwujudan nilai Ketuhanan YME dalam praktik penyelenggaraan negara diantaranya ialah __ A. diakuinya berbagai macam agama yang mengesakanTu
d. Wawasan sebagai visi berkedudukan sebagal landasan visional e. Ketahanan nasional sebagal konsepsi atau sebagal kebijaksanaan nasional, berkeduduka