Pertanyaan
"Ibu Susi adalah seorang peneliti yang sedang melakukan penelitian tentang efektivitas penggunaan teknologi dalam pembelajaran di sekolah dasar . Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed methods)yang melibatkan survei terhadap 150 guru, wawancara mendalam dengan 15 kepala sekolah, serta observasi langsung di 10 kelas yang menggunakan teknologi secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana teknologi mempengaruhi interaksi antara guru dan siswa serta peningkatan hasil belajar siswa . Sebelum memulai pengumpulan data, Ibu Santi merancang instrumen penelitian seperti kuesioner,panduan wawancara, dan lembar observasi. la juga menetapkan jadwal pelaksanaan pengumpulan data dan meminta izin dari pihak sekolah untuk melakukan observasi dan wawancara. Berdasarkan studi kasus tersebut,jelaskan tahapan pengumpulan data yang sebaiknya dilakukan oleh Ibu Susi untuk mendapatkan
Jawaban
Pengumpulan data adalah tahap penting dalam penelitian yang mempengaruhi validitas dan reliabilitas hasil penelitian. Berdasarkan studi kasus Ibu Susi, berikut adalah tahapan pengumpulan data yang sebaiknya dilakukan:
1. Persiapan Instrumen:
- Pastikan semua instrumen penelitian seperti kuesioner, panduan wawancara, dan lembar observasi telah disusun dengan baik.
- Periksa kembali pertanyaan yang akan diajukan untuk memastikan tidak ada bias dan pertanyaan mudah dipahami oleh responden.
2. Pelaksanaan Survei:
- Survei terhadap 150 guru dapat dilakukan melalui kuesioner online atau cetak.
- Pastikan sampel guru yang diambil representatif terhadap populasi guru di sekolah-sekolah yang diteliti.
- Lakukan pelatihan singkat bagi guru yang akan diwawancarai agar mereka memahami tujuan wawancara dan bagaimana menjawab pertanyaan.
3. Pelaksanaan Wawancara:
- Lakukan wawancara mendalam dengan 15 kepala sekolah untuk mendapatkan perspektif tentang implementasi teknologi dalam pembelajaran.
- Wawancara harus direncanakan dengan baik, termasuk menetapkan tujuan wawancara, membuat daftar pertanyaan terbuka, dan mempersiapkan catatan atau perangkat perekaman jika diperlukan.
4. Observasi Langsung:
- Observasi di 10 kelas yang menggunakan teknologi secara aktif harus dilakukan secara sistematis.
- Persiapkan panduan observasi yang mencakup aspek-aspek yang akan diamati, seperti interaksi guru-siswa, metode pengajaran, dan penggunaan perangkat teknologi.
- Catat temuan secara rinci dan objektif, serta kumpulkan data tambahan jika diperlukan.
5. Pengumpulan Data Tambahan:
- Jika ada data yang kurang atau informasi yang tidak lengkap, lakukan pengumpulan data tambahan dengan metode yang sesuai.
- Misalnya, lakukan wawancara tambahan dengan guru atau siswa yang relevan dengan topik penelitian.
6. Analisis Data:
- Setelah data terkumpul, analisis data dilakukan untuk mengidentifikasi pola dan tren.
- Gunakan metode analisis statistik yang sesuai untuk menginterpretasikan hasil survei dan wawancara.
- Buat laporan sementara yang merangkum temuan awal dan identifikasi area yang memerlukan perhatian lebih lanjut.
7. Verifikasi dan Validasi:
- Verifikasi data yang telah dikumpulkan dengan membandingkannya dengan sumber-sumber lain atau melalui diskusi dengan ahli.
- Pastikan bahwa data yang diperoleh valid dan dapat dipercaya.
8. Pelaporan Hasil:
- Susun laporan penelitian yang mencakup tujuan penelitian, metodologi, temuan, dan rekomendasi.
- Pastikan laporan disusun dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, serta didukung oleh data dan analisis yang mendalam.
Dengan mengikuti tahapan-tahapan ini, Ibu Susi dapat mengumpulkan data yang akurat dan komprehensif untuk memastikan hasil penelitiannya valid dan dapat diandalkan.
Pertanyaan Panas lebih
Menggambarkan logika dan langkah-langkah algoritma dengan cara yang mudah dipahami oleh manusia, sebelum diimplementasikan dalam bahasa pemrograman ya
Buatlah gerbang logika dari persamaan dibawah ini : a. f=ab+a^(')b ' b. f=a^(')b+ab Buatlah tabel kebenaran dan gerbang logika rangkaian kombinasi Enk
Jelaskan konsep komputasi awan (cloud computing) dan bagaimana ia mempengaruhi cara kita menyimpan, mengelola, dan mengakses data. Berikan contoh konk
Tugas 7.1 Kerjakan tugas berikut secara berkelompok! Buatlah simbol instruksi, flowchart, dan pseudocode dari proses berikut! Seorang petugas kasir bu
Perancangan Perangkat Lunak untuk Pengukuran Waktu Kerja Menggunakan Teknologi Speech Recognition Abstrak Pengukuran waktu kerja merupakan bagian pent
Bacalah teks berikut! Dapatkah kamu menebak apa yang dilihat dan yang dijelaskan oleh tikus muda kepada ibunya? Tidak lain adalah ayam jantan. Ayam ja
Jelaskan mengenai sistem koordinat mesin dan sistem koordinat benda kerja pada mesin frais CNC! Sebutkan bagian-bagian utama mesin frais CNC ! Jelaska
32.Proyeksi dimana 3 muka dipendekkan dalam ukuran yang sama adalah.. Axonometric Dimetric Multiview Isometric Trimetrik
Hubungan sebab akibat adalah hubungan ketergantungan antara gejala-gejala yang mengikuti pola sebagai berikut, kecuali a. sebab-akibat b. akibat-sebab
Perhatikan gambar berikut! Pemanfaatan teknologi pada gambar di atas tidak akan menimbulkan pengaruh negatif apabila masyarakat mampu.... a. membiasak
Jika ingin mengedit file pdf di dalam Microsoft Word, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah... Pilihan jawaban : a. Pilih Insert > Open > Choose
apa yang dimaksud dengan bahasa pemrograman dan mengapa bahasa ini diperlukan dalam pengembangan perangkat lunak I
Serangakaian proses meninjau data melalui beberapa proses yang telah ditentukan sebelumnya, yang akan membantu memberikan beberapa makna pada data dan
Document, contains all of the relevant predefined information from the master data and organizational elements a. TRUE b. FALSE
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi dari satu pihak kepada pihak lainnya sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami, Jelaskan a