Pertanyaan
No. Cermati Narasi Berikut! Pak Ahmad guru kelas V akan merancang pembelajaran materi IPA KD 3.menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan, dengan mempertimbangkan teori belajar yang berhubungan dengan pembelajaran IPA Dalam pemikiran pak Ahmad pembelajaran akan sebagai berikut. Pada bagian pendahuluan guru melakukan apersepsi dengan menunjukkan lampu senter yang dinyalakan dan dimatikan berulang dan tanya jawab mengenai hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas siswa berhubungan dengan penggunaan lampu senter dan cahaya. Pada kegiatan inti . guru membelajarkan siswa dengan memberikan kesempatan siswa untuk mencari tahu dalam serangkaian kegiatan yang terstruktur, dan memberikan kuis dalam bentuk permainan. Pada kegiatan penutup diisi dengan kegiatan menyimpulkan bersama materi yang telah dipelajari dan memberikan penguatan. a. Metode apa yang paling tepat untuk pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat dicapai? b. Tuliskan 4 alasan guru memilih metode tersebut! c. Buatlah skenario pembelajaran tentang bumi dan alam semesta dengan menggunakan metode yg telah dipilih! Soal
Jawaban
Analisis Pembelajaran Pak Ahmad
Berdasarkan narasi yang diberikan, Pak Ahmad menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis penyelidikan (inquiry-based learning). Berikut alasannya:
a. Metode yang Tepat: Pembelajaran berbasis penyelidikan (inquiry-based learning)
b. Alasan Pemilihan Metode:
1. Meningkatkan Keterlibatan Siswa: Metode ini mendorong siswa untuk aktif mencari tahu dan menemukan sendiri jawaban atas pertanyaan yang diajukan. Hal ini membuat siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran dan lebih mudah mengingat materi.
2. Membangun Pemahaman Konseptual: Siswa diajak untuk berpikir kritis dan menganalisis data yang mereka kumpulkan, sehingga membantu mereka membangun pemahaman konseptual yang lebih mendalam tentang materi.
3. Mengembangkan Keterampilan Proses Sains: Metode ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempraktikkan keterampilan proses sains seperti mengamati, mengukur, menafsirkan data, dan menarik kesimpulan.
4. Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu: Dengan memberikan kesempatan untuk mencari tahu, metode ini dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dan minat siswa terhadap materi IPA.
c. Skenario Pembelajaran Bumi dan Alam Semesta:
Judul: Menjelajahi Alam Semesta: Perjalanan dari Bumi ke Bintang
Tujuan Pembelajaran:
* Siswa dapat menjelaskan posisi bumi dalam tata surya.
* Siswa dapat menyebutkan beberapa benda langit di alam semesta.
* Siswa dapat menjelaskan perbedaan antara planet, bintang, dan meteor.
Langkah-langkah Pembelajaran:
Pendahuluan (15 menit):
1. Apersepsi: Guru menunjukkan gambar bumi dan bintang. Guru bertanya kepada siswa tentang apa yang mereka ketahui tentang bumi dan bintang.
2. Motivasi: Guru menceritakan kisah tentang seorang astronot yang menjelajahi alam semesta. Guru bertanya kepada siswa apa yang ingin mereka ketahui tentang alam semesta.
Kegiatan Inti (45 menit):
1. Penyelidikan: Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diberikan tugas untuk mencari informasi tentang salah satu topik berikut:
* Posisi bumi dalam tata surya.
* Benda langit di alam semesta (planet, bintang, meteor).
* Perbedaan antara planet, bintang, dan meteor.
2. Sumber Informasi: Siswa dapat menggunakan buku, internet, atau sumber informasi lainnya untuk mencari informasi.
3. Presentasi: Setiap kelompok mempresentasikan hasil penyelidikan mereka di depan kelas.
4. Diskusi: Guru dan siswa berdiskusi tentang hasil penyelidikan dan menjawab pertanyaan yang muncul.
Penutup (10 menit):
1. Kesimpulan: Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2. Penguatan: Guru memberikan penguatan dan motivasi kepada siswa untuk terus belajar tentang alam semesta.
Evaluasi:
* Guru mengamati partisipasi siswa dalam kegiatan penyelidikan dan presentasi.
* Guru memberikan kuis singkat tentang materi yang telah dipelajari.
Catatan:
* Skenario ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa.
* Guru dapat menggunakan berbagai media pembelajaran seperti video, gambar, dan model untuk memperjelas materi.
* Guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan eksperimen sederhana yang berkaitan dengan materi.
Semoga skenario ini bermanfaat untuk Pak Ahmad dalam merancang pembelajaran materi IPA tentang bumi dan alam semesta.
Pertanyaan Panas lebih
Penulisan singkatan sampai dengan yang benar adalah. . . A: Baca halaman 11 s/d 20 buku ini! B: Baca halaman 11 s.d. 20 buku ini! C: Baca halaman 11 s
Sing kalebu jinis tembang dolanan yaiku... A: Gambuh B: Gajah-gajah C: Megatruh D: Kinanthi
Laporan Hasil Reviu (LHR) disajikan dalam bentuk surat yang intinya memuat.. A: Pernyataan reviu B: Opini LK C: Kendala yang dihadapi selama reviu D:
Cermati ilustrasi berikut! (1) Ponco: Bi, modal untuk jualan besok masih kurang, pinjami aku ya. Aku janji tepat waktu untuk mengembalikannya. (2) Rob
Cermati kutipan berikut! Sudah dua hari ini hati Alya berbunga-bunga. Setiap ketemu temannya dia selalu menyapa terlebih dahulu. Semua temannya heran
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 8 - 10! Kelelawar Pengecut Di sebuah padang rumput ada seekor singa sedang menyantap daging. Tiba-tiba,
16.Di bawah ini yang merupakan unsur-unsur surat pribadi adalah… A. Tempat dan tanggal penulisan surat, nomor surat, tujuan surat, salam pembuka, isi
Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk A: Cerita B: Kisah C: Kehidupan D: Narasi E: Deskripsi
Ubahlah kalimat di bawah ini menjadi kalimat pasif! Naura membeli baju di sebuah toko. A: Toko dibeli baju oleh Naura. B: Naura di sebuah toko membeli
Cermati ilustrasi proposal berikut! Untuk mengisi liburan, teman-teman satu kelas akan melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pasar murah di desa.
Ing ngisor iki unsur instrinsik crita legendha, kajaba.... A: Irah-irahan B: Tema C: Paraga D: Alur
Struktur teks cerpen yang lengkap yaitu .... A: orientasi - rangkaian peristiwa - komplikasi - resolusi B: orientasi - komplikasi - resolusi - koda C:
Cerprn adalah ... . A: cerita pendek yang merupakan teks fiksi, yang biasanya mempunyai satu tokoh utama sebagai pusat dalam cerita, dan panjang cerit
Model mobil-mobilan sederhana dibuat dari .... A: papan triplek B: papan plastik C: kardus bekas D: sedotan bekas
Bacalah kalimat rumpang berikut! Mana mungkin engkau yang malas bisa masuk sekolah unggulan, hal itu seperti engkau sedang .... Peribahasa yang tepat