AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Sejarah / 2. Landasan historis-ideologis dan yuridis pendidikan sekolah dasar mengkaji tentang sudut pandang p

Pertanyaan

2. Landasan historis-ideologis dan yuridis pendidikan sekolah dasar mengkaji tentang sudut pandang penilikikan mengerai sistem pendakatan nasional sejak Indonesia merdeka 17 Agustu 1945 sampai
zoom-out-in

2. Landasan historis-ideologis dan yuridis pendidikan sekolah dasar mengkaji tentang sudut pandang penilikikan mengerai sistem pendakatan nasional sejak Indonesia merdeka 17 Agustu 1945 sampai ideologis dan yuridis tersebut! sekarang. Analisislah makna pendidikan nasional sekolah dasar dilihat dari sudut pandang landasan

Tampilkan lebih banyak
79
Jawaban
4.4 (282 suara)
avatar
Amrita master · Tutor selama 5 tahun

Jawaban

Analisis Makna Pendidikan Nasional Sekolah Dasar dari Sudut Pandang Landasan Historis-Ideologis dan Yuridis

Landasan Historis-Ideologis:

1. Masa Awal Kemerdekaan (1945-1950-an):

* Ideologi: Pendidikan nasional di masa awal merdeka dipengaruhi oleh semangat nasionalisme dan cita-cita membangun bangsa yang merdeka, adil, dan sejahtera.
* Sistem: Sistem pendidikan cenderung terpusat, dengan kurikulum yang seragam dan berfokus pada pendidikan karakter dan nilai-nilai kebangsaan.
* Tujuan: Membentuk warga negara yang berakhlak mulia, berjiwa nasionalis, dan siap membangun bangsa.

2. Masa Orde Lama (1950-an-1965):

* Ideologi: Pendidikan nasional dipengaruhi oleh ideologi Pancasila dan sosialisme.
* Sistem: Sistem pendidikan mengalami beberapa perubahan, dengan penekanan pada pendidikan ideologis dan pengembangan sumber daya manusia.
* Tujuan: Membentuk warga negara yang berideologi Pancasila, berjiwa nasionalis, dan siap membangun bangsa yang adil dan sejahtera.

3. Masa Orde Baru (1966-1998):

* Ideologi: Pendidikan nasional dipengaruhi oleh ideologi Pancasila dan pembangunan ekonomi.
* Sistem: Sistem pendidikan terpusat, dengan kurikulum yang seragam dan berfokus pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk pembangunan ekonomi.
* Tujuan: Membentuk warga negara yang terampil, berpengetahuan, dan siap bersaing dalam pembangunan ekonomi.

4. Masa Reformasi (1998-sekarang):

* Ideologi: Pendidikan nasional dipengaruhi oleh ideologi Pancasila dan demokrasi.
* Sistem: Sistem pendidikan mengalami desentralisasi, dengan kurikulum yang lebih fleksibel dan berfokus pada pengembangan potensi siswa secara holistik.
* Tujuan: Membentuk warga negara yang berakhlak mulia, berpengetahuan, terampil, kreatif, dan siap menghadapi tantangan global.

Landasan Yuridis:

* Undang-Undang Dasar 1945: Pasal 31 ayat (1) menyatakan bahwa "Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan".
* Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional: Mengatur tentang sistem pendidikan nasional, termasuk pendidikan dasar.
* Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan: Mengatur tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan, termasuk pendidikan dasar.

Makna Pendidikan Nasional Sekolah Dasar:

* Membentuk karakter dan nilai-nilai luhur: Pendidikan dasar berperan penting dalam membentuk karakter dan nilai-nilai luhur, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan cinta tanah air.
* Meletakkan dasar pengetahuan dan keterampilan: Pendidikan dasar memberikan dasar pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
* Mengembangkan potensi siswa secara holistik: Pendidikan dasar bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa secara holistik, meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
* Mempersiapkan siswa untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab: Pendidikan dasar mempersiapkan siswa untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab, berpartisipasi aktif dalam kehidupan bermasyarakat, dan siap menghadapi tantangan global.

Kesimpulan:

Pendidikan nasional sekolah dasar memiliki makna yang sangat penting dalam membangun bangsa. Landasan historis-ideologis dan yuridis menunjukkan bahwa pendidikan dasar telah mengalami berbagai perubahan dan perkembangan seiring dengan perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Tujuan pendidikan dasar adalah untuk membentuk warga negara yang berakhlak mulia, berpengetahuan, terampil, dan siap menghadapi tantangan global.

Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Pada masa penjajahan, Jepang melakukan ..... sumber daya alam secara besar-besaran terhadap Indonesia Destruksi Eksploitasi Pembantaian Keserakahan

4. Seorang pelajar melakukan tanya jawab dengan satpam untuk mengetahui tingkat keamanan di perumahan X. Kelebihan sumber data yang diperoleh pada akt

Proses terhadap beberapa rumah yang hancur akibat gempa bumi membutuhkan waktu selama 3 bulan. rekonstruksi relokasi regenerasi rehabilitasi

7. Nana menetapkan Bu Winggar sebagai informan dalam penelitiannya karena ia mampu memberikan informasi tentang gambaran kegiatan bank sampah yang aka

Coba jelaskan tentang pengertian ilmu pengetahuan, metode ilmu pengetahuan, fungsi dan kegunaannya dalam menyejahterakan hidup dan berikan kesimpulan

Pada masa penjajahan, Jepang melakukan sumber daya alam secara besar-besaran terhadap Indonesia Destruksi Eksploitasi Pembantaian Keserakahan

15. Sejarawan harus bersikap kritis dan teliti dalam menggunakan artikel surat kabar sebagai sumber sejarah. Kedua sikap ini diperlukan untuk.... a. m

Ketetapan MPR adalah sebuah produk legislatif yang merupakan keputusan musyawarah, baik yang berlaku didalam majelis, maupun yang berlaku diluar majel

Karya apakah yang ditanggapi? & }(l) Lukisan Affandi "Kebun Cengkeh" & Novel Student Hidjo Siapa yang menghasilkan karya tersebut? & &

4. Nilai-nilai Pancasila Sila Persatuan Indonesia terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu .... a.

20. Seorang penyaji diharapkan mengenakan pakaian sopan dan rapi ketika memublikasikan hasil penelitian. Etika tersebut perlu diperhatikan karena....

2. Aktivitas perdagangan rempah-rempah pada masa kuno tidak lepas dari peran para pendatang dari berbagai wilayah di dunia. Apa peran mereka dalam akt

8. Hubungan antara Pancasila sebagai dasar negara dengan UUD 1945 sebagai konstitusi adalah .... a. konstitusi merupakan penjabaran dari dasar negara

10. Perhatikan keterangan-keterangan berikut! 1) Memiliki warna kulit kuning langsat dan cokelat hitam, serta rambut lurus. 2) Keturunan bangsa ini ad

7. Penyajian data penelitian harus memperhatikan jenis data yang digunakan. Bagaimana menyajikan data penelitian yang bersifat kualitatif? Jawab: