Pertanyaan
I. Isilah titik-titk berikut dengan jawaban yang tepatl kode selaligus mengetik jawabannya dalam format kode yaitu - 2. Format iode Scratich dramping 9. 3. Permainan Elockly Maze (B) digurakan untuk - 4. Sebuah incut dapat disimpan pada. 5. Tipe data yang digunakan untuk menyim pan nilai yang berupa (True) atau (False) adalah -
Jawaban
Penjelasan
2. Format kode Scratch mengacu pada bahasa pemrograman visual yang dikembangkan oleh MIT. Scratch dirancang terutama untuk anak-anak dan pemula dalam pemrograman, menggunakan blok yang dapat diseret dan dijatuhkan untuk menciptakan skrip. Setiap blok mewakili elemen pemrograman yang berbeda seperti perulangan, kondisi, atau aksi.
3. Permainan Blockly Maze merupakan alat edukasi yang menggunakan blok kode untuk memecahkan labirin. Ini mengajarkan konsep dasar pemrograman seperti perulangan dan kondisional melalui permainan yang interaktif dan visual.
4. Input dalam pemrograman dapat disimpan dalam variabel. Variabel adalah elemen dasar dalam pemrograman yang digunakan untuk menyimpan data. Data yang disimpan dapat berupa angka, teks, atau jenis data lainnya, dan dapat diubah atau diperbarui selama program dijalankan.
5. Tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa True atau False adalah Boolean. Tipe data Boolean merupakan tipe data primitif yang hanya memiliki dua nilai: benar (True) atau salah (False). Ini banyak digunakan dalam logika kondisional dan pengambilan keputusan dalam pemrograman.
Pertanyaan Panas lebih
Lab maya Concord 5 points menyediakan banyak aktivitas STEM interaktif yang selaras dengan ... . Next Generation Standard Science Generation Next Scie
Read the following text. Living in a city is a well-known risk factor for developing mental disorders, whereas living near nature is thought to be goo
Gatekna wacan iki! Bapak Pengawas sekolah ingkang satuhu kinurmatan, ketua komite sekolah ingkang kinurmatan, saha para siswa ingkang sutresna. Mangga
Teknik menendang dalam permainan sepak bola ada beberapa macam, antara lain teknik menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam. Berikut ini ad
Perhatikan gambar sasaran serangan pencak silat berikut! Pencak silat kategori tanding mempertemukan dua orang pesilat untuk bertanding sesuai dengan
Perhatikan gambar berikut ini! Pada gambar diatas, Calibri adalah .... A. Thema B. Huruf C. Warna D. Username A. B. C. D.
Markosik berjalan di lorong sekolah, pada saat di tengah perjalanan dia menemukan secarik kertas tertempel pada dinding. Terdapat sebuah simbol aplik
Biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah populer, laporan, artikel, feature, skripsi, tesis, disertasi, makalah, dan sebagainya. Karangan nonfiksi
39 dari 138 Tandal Compass heading in a liquid compass is indicated by: Lubber's line Needle Card Flinder's bar Saya Tidak Tahu
Pernyataan mana yang benar mengenai revisi kurikulum? (1 Poin)* Harus dilakukan setiap tahun Hanya perlu dilakukan jika ada keluhan Harus dilakukan be
Berikut ini termasuk ke dalam kerangka dasar kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah, kecuali... A Struktur Kurikulum B Capaian Pembelajaran C
Level taksonomi Marzano yang tertinggi adalah A Pemahaman B Analisis C Sistem diri D Metakognisi
Langkah membuat daftar isi yang sudah dibuat dan ingin di ubah adalah... Refences - caption Refences - Create Refences -kolom update table Insert - he
Apa yang dimaksud dengan "Pergelangan Tangan" dalam pencak silat? A. Bagian tubuh yang harus dihindari saat bertarung B. Bagian tubuh yang sering digu
Elakan, hindaran, tangkisan dan tangkapan merupakan strategi yangdibutuhkan pencak silat pada saat... A. Penyerangan B. Pertahanan C. Pertandingan D.