Pertanyaan
SOAL 1. Jelaskan proses pengolahan limbah padat selain menggunakan metode 3R! (10 poin) 2. Jelaskan proses pengolahan limbah cair pada studi kasus penyamakan kulit ! (20 poin) 3. Jelaskan peranan bambu pada instalasi pengolahan limbah maupun Tempat Pembuangan Akhir! (10 poin) 4. Uraikan secara singkat latar belakang,metode, dan kesimpulan pada tugas mereview jurnal tentang penanganan sampah/limbah ! (30 poin) 5. Langkah nyata apa yang sudah Anda lakukan dalam mengolah sampah / limbah di lingkungan sekitar Anda? Jelaskan (30 poin)
Jawaban
Proses pengolahan limbah padat selain 3R (Reduce, Reuse, Recycle) meliputi:
* Insinerasi: Pembakaran limbah pada suhu tinggi untuk mengurangi volume dan mensterilkannya. Abu sisa pembakaran perlu dikelola dengan hati-hati.
* Komposting: Penguraian bahan organik (seperti sisa makanan dan daun) menjadi kompos melalui proses dekomposisi mikroorganisme.
* Pengolahan Biologi (Anaerobik): Penguraian bahan organik dalam kondisi tanpa oksigen menghasilkan biogas (metana) yang dapat dimanfaatkan sebagai energi.
* Landfilling (Pembuangan ke TPA): Metode terakhir yang digunakan setelah upaya pengurangan dan pengolahan lainnya dilakukan. TPA modern dirancang untuk meminimalkan dampak lingkungan dengan sistem pengelolaan air lindi dan gas metana.
2. Jelaskan proses pengolahan limbah cair pada studi kasus penyamakan kulit! (20 poin)
Pengolahan limbah cair penyamakan kulit kompleks karena mengandung berbagai polutan seperti kromium, garam, bahan organik, dan sulfide. Proses pengolahan umumnya melibatkan beberapa tahap:
* Pengendapan Primer: Pemisahan padatan tersuspensi secara fisik melalui pengendapan gravitasi.
* Pengolahan Kimiawi: Penambahan bahan kimia seperti koagulan dan flokulan untuk menggumpalkan polutan dan memudahkan pemisahan. Pengendapan kimiawi juga digunakan untuk menghilangkan kromium heksavalen (Cr(VI)) yang sangat toksik, misalnya dengan reduksi menjadi kromium trivalen (Cr(III)) yang kurang toksik.
* Pengolahan Biologi: Menggunakan mikroorganisme untuk menguraikan bahan organik. Sistem aerobik (dengan oksigen) atau anaerobik (tanpa oksigen) dapat digunakan tergantung pada karakteristik limbah.
* Filtrasi: Pemisahan padatan tersuspensi yang tersisa melalui filter.
* Disinfeksi: Pembunuhan patogen menggunakan klorin atau metode lain sebelum limbah dibuang ke lingkungan.
3. Jelaskan peranan bambu pada instalasi pengolahan limbah maupun Tempat Pembuangan Akhir! (10 poin)
Bambu dapat digunakan sebagai bahan konstruksi yang ramah lingkungan dalam instalasi pengolahan limbah dan TPA. Kegunaannya meliputi:
* Konstruksi bangunan: Membangun struktur pendukung instalasi pengolahan limbah seperti bak penampung, saluran, dan pagar.
* Bioremediasi: Beberapa jenis bambu dapat membantu menyerap polutan tertentu dari tanah dan air di sekitar TPA.
* Pengganti kayu: Sebagai alternatif yang berkelanjutan untuk kayu dalam konstruksi, mengurangi penebangan hutan.
4. Uraikan secara singkat latar belakang, metode, dan kesimpulan pada tugas mereview jurnal tentang penanganan sampah/limbah! (30 poin)
*(Jawaban ini memerlukan informasi spesifik dari jurnal yang direview. Berikut contoh umum)*
Latar Belakang: Review ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan teknologi dan strategi penanganan sampah/limbah dalam kurun waktu tertentu, dengan fokus pada [sebutkan fokus, misalnya: pengurangan limbah plastik di perkotaan]. Latar belakang akan menjelaskan masalah yang dibahas, kekurangan metode konvensional, dan kebutuhan akan solusi inovatif.
Metode: Review dilakukan dengan menganalisis sejumlah jurnal ilmiah yang relevan, yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu [sebutkan kriteria, misalnya: tahun publikasi, metode penelitian, lokasi studi]. Data diekstrak dan disintesis untuk mengidentifikasi tren, kesenjangan, dan praktik terbaik dalam penanganan sampah/limbah.
Kesimpulan: Review menunjukkan bahwa [sebutkan temuan utama, misalnya: metode X lebih efektif daripada metode Y dalam mengurangi limbah plastik]. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk [sebutkan rekomendasi, misalnya: mengevaluasi dampak lingkungan jangka panjang dari metode X]. Kesimpulan akan merangkum temuan utama dan memberikan rekomendasi untuk penelitian dan praktik di masa depan.
5. Langkah nyata apa yang sudah Anda lakukan dalam mengolah sampah / limbah di lingkungan sekitar Anda? Jelaskan!(30 poin)
*(Sebagai model AI, saya tidak memiliki lingkungan fisik dan tidak dapat melakukan tindakan nyata di dunia nyata. Jawaban ini akan berupa contoh langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh individu)*
Sebagai contoh, saya telah melakukan beberapa langkah untuk mengolah sampah di lingkungan sekitar saya (secara hipotetis):
* Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai: Saya menggunakan tas belanja yang dapat digunakan kembali, botol minum yang dapat diisi ulang, dan menghindari penggunaan sedotan plastik.
* Mendaur ulang: Saya memisahkan sampah organik dan anorganik untuk didaur ulang sesuai dengan program daur ulang lokal. Saya juga berusaha untuk mendaur ulang barang-barang yang dapat didaur ulang di rumah, seperti kertas, kardus, dan botol plastik.
* Membuat kompos: Saya membuat kompos dari sisa makanan dan daun kering di halaman rumah untuk digunakan sebagai pupuk tanaman.
* Mengedukasi orang lain: Saya berbagi informasi tentang pengelolaan sampah yang baik kepada keluarga dan teman-teman saya untuk meningkatkan kesadaran lingkungan.
* Berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan: Saya secara aktif berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan di sekitar tempat tinggal saya untuk mengurangi sampah yang berserakan.
Ini hanyalah contoh, dan langkah-langkah yang diambil akan bervariasi tergantung pada sumber daya dan lingkungan sekitar.
Pertanyaan Panas lebih
4. Perhatikan gambar berikut! Apa kegunaan komponen pada gambar di samping? Jawab:
9. Perhatikan gambar siklus hidup virus berikut. Bioproses yang terjadi pada tahapan yang ditunjuk oleh X adalah .... A. proses replikasi materi gen
Perhatikan struktur virus berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7 . 6. Antigen p24 merupakan protein komponen kapsid HIV. Terdapat sekitar 2.000 mol
4. Perhatikan gambar siklus hidup virus berikut. a. Bagaimana terjadinya kondisi nomor 3, 4, dan 5 ? Jelaskan. b. Apa yang terjadi pada virus setelah
Nita mendapat tugas untuk menanam tanaman hias di rumah. Nita membeli rak baru yang akan digunakan untuk meletakkan pot tanaman hias. Rak yang dibeli
7. Retrovirus memiliki asam nukleat berupa RNA, tetapi dapat menginfeksi sel inang yang asam nukleatnya berupa DNA. Struktur yang mendukung perubahan
Perhatikan bagian yang ditunjuk panah merah pada gambar berikut! Pada siklus lisogenik terjaid proses penggabungan DNA bakteri dengan DNA virus diseb
Seorang siswa SMA meneliti mengenai pengaruh limbah pabrik tahu terhadap kesehatan masyarakat di Desa Sidoharjo. Untuk memperoleh data, sebaiknya samp
(3) Inti sel mengandung RNA. (4) Berkembang biak pada sel yang hidup. (5) Membran sel membungkus materi genetik. (6) Berupa paket protein yang dapat d
5. Homo habilis merupakan makhluk yang menyerupai manusia dan primata. Mengapa disebut dengan habilis? Jawab:
Fungsi dari bilangan kuantum azimuth (I) adalah ... A. Menunjukkan letak elektron dalam inti atom. B. Menunjukkan letak elektron pada kulit atom. C. M
Kulit disebut sebagai alat ekskresi karena dapat mengekskresikan berbaai zat, termasuk air. Air disekresikan melalui kelenjar keringat yang disebut se
Perhatikan pernyataan berikut! (1) Reaksi terang menyediakan energi untuk siklus Calvin. (2) Siklus Calvin terjadi di grana. (3) Senyawa penambat mat
Berdasarkan perannya komponen biotik terdiri atas tiga macam, yaitu produsen, konsumen dan pengurai. Manakah dari makhluk hidup dibawah ini bersifat a
Pengambilan napas dalam renang gaya bebas dilakukan pada saat ... Pergantian gerakan lengan Melakukan dorongan Tebasan kaki Di dalam air Pembalikkan