Pertanyaan
Soal 5 dari 5 Bagaimana agar profil pelajar Pancasila dapat terbangun dengan konsisten? A Melalui kegiatan intrakurikuler,kokurikuler,ekstrakurikuler, dan budaya satuan pendidikan. B Melalui pelatihan berjenjang bagi pendidik di bawah bimbingan kepala sekolah dan guru senior. C Melalui jam pelajaran khusus mengenai profil pelajar Pancasila dalam struktur kurikulum. D Melalui dokumen regulasi tentang dimensi, elemen dan subelemen profil pelajar Pancasila.
Jawaban
Berikut penjelasannya:
* Profil Pelajar Pancasila adalah gambaran ideal tentang karakter dan kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh siswa Indonesia. Profil ini terdiri dari enam dimensi:
* Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
* Berkebhinekaan Global
* Bernalar Kritis
* Kreatif
* Mandiri
* Gotong Royong
* Kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler merupakan wadah yang ideal untuk membangun profil pelajar Pancasila secara konsisten.
* Intrakurikuler (pelajaran di kelas) memberikan dasar pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan.
* Kokurikuler (kegiatan yang mendukung kurikulum) memberikan kesempatan untuk mempraktikkan dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila.
* Ekstrakurikuler (kegiatan di luar kurikulum) memberikan ruang untuk mengeksplorasi minat dan bakat, serta membangun karakter dan jiwa kepemimpinan.
* Budaya satuan pendidikan yang mendukung profil pelajar Pancasila akan memperkuat proses pembentukan karakter dan kompetensi siswa.
Mengapa pilihan lainnya kurang tepat?
* B. Melalui pelatihan berjenjang bagi pendidik di bawah bimbingan kepala sekolah dan guru senior. Pelatihan penting, tetapi tidak cukup untuk membangun profil pelajar Pancasila secara konsisten. Dibutuhkan implementasi yang nyata di lapangan.
* C. Melalui jam pelajaran khusus mengenai profil pelajar Pancasila dalam struktur kurikulum. Jam pelajaran khusus dapat membantu, tetapi tidak cukup. Pembentukan karakter dan kompetensi membutuhkan proses yang berkelanjutan dan terintegrasi dalam berbagai kegiatan.
* D. Melalui dokumen regulasi tentang dimensi, elemen dan subelemen profil pelajar Pancasila. Dokumen regulasi penting sebagai pedoman, tetapi tidak cukup untuk membangun profil pelajar Pancasila. Dibutuhkan implementasi yang nyata dan konsisten.
Kesimpulan:
Pembentukan profil pelajar Pancasila membutuhkan pendekatan yang holistik dan terintegrasi. Kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan budaya satuan pendidikan yang mendukung profil pelajar Pancasila merupakan kunci untuk membangun karakter dan kompetensi siswa secara konsisten.
Pertanyaan Panas lebih
5. Keimanan yang kuat merupakan benteng utama agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas, Berikan alasannya!
18.Berikut isi kandungan Al qur'an Al karim yakni ? a ratapan jamaah b. pembersihan Jiwa raga dari nafsu dunia c. sucikan hari sabat d. jangan meningi
21. Potongan Q.S al-Isrâ: 55 tersebut menjelaskan tentang __ 1) Allah Swt.menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa as 2) Allah Swt.menurunkan kitab Za
16. "tanda-tanda bagi orang yang berakal" art ayat Al-Guran tersebut dari penggalan ayat Al-Quran __ youll sts 13 tersebut dalam ilmu tajwid dibaca __
C. Tulis Tembaga negara yang 3. Tulis salah satu tugas Dewan Perwakilan Dacrah DPD __
33. Berikut pernyataan tentang salah satu kedudukan Al Qur'an yaitu A. Menambah kebenaran kitab terdahulu B. Menyempurnal kan kitab terdahulu C. Mengu
Isi kandungan surat Az-zukhrf ayat 13 adalah __ a.Allah SWT, menundukan alam semesta untuk manusia b.Langit dan bumi diciptakan oleh Allah SWT untuk m
14 Perhatikan narasi berikut "Kitab ini diturunkan di daerah Yerusalem sekitar sepuluh abad sebelum maschi. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Qibti.
A. Pilihlah satu jawaban yang benar. 1. Nilai utama yang terkandung dalam sila pertama Pancasila adalah nilai __ A. kemanusiaan D. persatuan B. keraky
Badan organisasi yang mengurus persepakbolaan Nasional adalah __ BOPI PBSI PSSI FIFA 5 poin
Keterkaitan antara berpikir kritis dengan ciri orang yang berakal (ulil Albab) sesuai dengan pesan Qs ,Ali Imron ayat 190-191 adalah __ Melanjutkan pe
19. Sikap seseorang yang senantiasa melakukan hal yang melanggar norma-norma agama disebut __ 8 a. orang baik b. orang fasiq c. orang munafiq d. orang
Perhatikan pernyataan berikut ini! 1) mengikuti kajian yang mengajarkan kebenaran 2)memalingkan kepala jika diajak berbuat maksiat 3) berikhtiar untuk
__ demokrasi Pancasila di Indonesia?Apakah sudah sesuai dengan __
A MA ISL AM 34 aswered ut of 1.00 uestion Dibawah in yang bukan merupakan bagian dan hukum bacaan nun mati/sukun dan tanwin adalah __ Select one: a Iq