Pertanyaan
Kasus: Kecelakaan Akibat Penggunaan Alat Pecah Belah yang Tidak Tepat di Laboratorium Biologi Pada praktikum biologi, seorang mahasiswa sedang bekerja dengan alat-alat laboratorium kaca, seperti pipet dan tabung reaksi, untuk menyiapkan sampel. Tanpa disadari, salah satu tabung reaksi yang digunakan dalam tersebut sudah retak dan akhirnya pecah saat digunakan. Pecahan kaca yang tajam menyebabkan mahasiswa tersebut terluka di tangan dan sedikit mengotor meja kerja dengan bahan kimia yang digunakan. Meskipun cedera tidak serius, kejadian ini memperingatkan pentingnya memeriksa kondisi alat kaca sebelum digunakan dan kehati-hatian dalam penggunaannya untuk menghindari kecelakaan. Pertanyaan: 1. Apa yang harus dilakukan jika terjadi kecelakaan akibat pecahan kaca atau peralatan laboratorium yang rusak? 2. Mengapa penting untuk memeriksa kondisi alat-alat kaca seperti tabung reaksi, sebelum digunakan dalam eksperimen? 3. Apa risiko yang dapat ditimbulkan oleh pecahan kaca di laboratorium, dan bagaimana cara mencegahnya? 4. Apa langkah-langkah keselamatar yang harus diambil saat bekerja dengan alat- alat kaca di laboratorium biologi? 5. Apa peran dosen atau asisten laboratorium dalam memastikan bahwa semua peralatan kaca dilaboratorium dalam kondisi baik dan aman untuk digunakan?
Jawaban
2. Mengapa penting untuk memeriksa kondisi alat-alat kaca seperti tabung reaksi, sebelum digunakan dalam eksperimen?
Penjelasan: Memeriksa kondisi alat-alat kaca sebelum digunakan sangat penting untuk memastikan bahwa alat tersebut dalam kondisi baik dan aman digunakan. Alat yang rusak atau retak dapat menyebabkan kecelakaan seperti pecahan kaca yang tajam dan kontaminasi sampel.
Jawaban: Untuk memastikan keamanan dan integritas data eksperimen, serta mencegah kecelakaan seperti pecahan kaca yang tajam.
3. Apa risiko yang dapat ditimbulkan oleh pecahan kaca di laboratorium, dan bagaimana cara mencegahnya?
Penjelasan: Pecahan kaca di laboratorium dapat menyebabkan luka fisik yang tajam, kontaminasi sampel, dan risiko kebakaran jika bahan kimia reaktif terlibat. Cara mencegahnya adalah dengan selalu memeriksa kondisi alat kaca sebelum digunakan dan menangani alat kaca dengan hati-hati.
Jawaban: Risiko yang dapat ditimbulkan termasuk luka fisik, kontaminasi sampel, dan risiko kebakaran. Pencegahannya meliputi pemeriksaan rutin alat kaca dan penanganan yang hati-hati.
4. Apa langkah-langkah keselamatan yang harus diambil saat bekerja dengan alat-alat kaca di laboratorium biologi?
Penjelasan: Langkah-langkah keselamatan yang harus diambil saat bekerja dengan alat-alat kaca di laboratorium biologi meliputi penggunaan sarung tangan pelindung, kacamata pelindung, dan bekerja di dekat sumber cahaya yang baik untuk menghindari kesalahan penglihatan. Selain itu, selalu periksa alat kaca sebelum digunakan dan jangan memaksa alat yang retak untuk digunakan.
Jawaban: Langkah-langkah keselamatan meliputi penggunaan sarung tangan pelindung, kacamata pelindung, bekerja di dekat sumber cahaya yang baik, dan selalu memeriksa alat kaca sebelum digunakan.
5. Apa peran dosen atau asisten laboratorium dalam memastikan bahwa semua peralatan kaca di laboratorium dalam kondisi baik dan aman untuk digunakan?
Penjelasan: Dosen atau asisten laboratorium memiliki peran penting dalam memastikan bahwa semua peralatan kaca di laboratorium dalam kondisi baik dan aman untuk digunakan. Mereka harus melakukan pemeriksaan rutin terhadap alat kaca, mengajarkan prosedur keselamatan kepada mahasiswa, dan memastikan bahwa alat kaca yang rusak segera diganti atau diperbaiki.
Jawaban:** Peran dosen atau asisten laboratorium meliputi melakukan pemeriksaan rutin terhadap alat kaca, mengajarkan prosedur keselamatan, dan memastikan penggantian atau perbaikan alat kaca yang rusak.
Penjelasan
Pertanyaan Panas lebih
4. Perhatikan gambar berikut! Apa kegunaan komponen pada gambar di samping? Jawab:
9. Perhatikan gambar siklus hidup virus berikut. Bioproses yang terjadi pada tahapan yang ditunjuk oleh X adalah .... A. proses replikasi materi gen
Perhatikan struktur virus berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7 . 6. Antigen p24 merupakan protein komponen kapsid HIV. Terdapat sekitar 2.000 mol
4. Perhatikan gambar siklus hidup virus berikut. a. Bagaimana terjadinya kondisi nomor 3, 4, dan 5 ? Jelaskan. b. Apa yang terjadi pada virus setelah
Nita mendapat tugas untuk menanam tanaman hias di rumah. Nita membeli rak baru yang akan digunakan untuk meletakkan pot tanaman hias. Rak yang dibeli
7. Retrovirus memiliki asam nukleat berupa RNA, tetapi dapat menginfeksi sel inang yang asam nukleatnya berupa DNA. Struktur yang mendukung perubahan
Perhatikan bagian yang ditunjuk panah merah pada gambar berikut! Pada siklus lisogenik terjaid proses penggabungan DNA bakteri dengan DNA virus diseb
Seorang siswa SMA meneliti mengenai pengaruh limbah pabrik tahu terhadap kesehatan masyarakat di Desa Sidoharjo. Untuk memperoleh data, sebaiknya samp
(3) Inti sel mengandung RNA. (4) Berkembang biak pada sel yang hidup. (5) Membran sel membungkus materi genetik. (6) Berupa paket protein yang dapat d
5. Homo habilis merupakan makhluk yang menyerupai manusia dan primata. Mengapa disebut dengan habilis? Jawab:
Fungsi dari bilangan kuantum azimuth (I) adalah ... A. Menunjukkan letak elektron dalam inti atom. B. Menunjukkan letak elektron pada kulit atom. C. M
Kulit disebut sebagai alat ekskresi karena dapat mengekskresikan berbaai zat, termasuk air. Air disekresikan melalui kelenjar keringat yang disebut se
Perhatikan pernyataan berikut! (1) Reaksi terang menyediakan energi untuk siklus Calvin. (2) Siklus Calvin terjadi di grana. (3) Senyawa penambat mat
Berdasarkan perannya komponen biotik terdiri atas tiga macam, yaitu produsen, konsumen dan pengurai. Manakah dari makhluk hidup dibawah ini bersifat a
Pengambilan napas dalam renang gaya bebas dilakukan pada saat ... Pergantian gerakan lengan Melakukan dorongan Tebasan kaki Di dalam air Pembalikkan