Pertanyaan
1. Pancasila sebagai Sistem Etika dalam pola hidup sehari-hari,jelaskan a. Pengertian Etika b. Etika Pancasila c. Pancasila sebagai solusi problem bangsa (korupsi,kerusakan lingkungan,dan moral) 2. Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu,jelaskan pemahaman saudara a. Pancasila sebagai strategi pengembangan ilmu pengetahuan-teknologi b. Peran nilai-nilai dalam setiap sila yang ada dalam Pancasila 3. Jelaskan pemahaman saudara dari mempelajari pendidikan pancasila !,serta Tujuan Pendidikan Pancasila Inplentasi nilai-nila Pancasila Era Reformasi Hubungan nilai,norma dan moral Hubungan antara Pembukaar Undang-Undang Dasar 1945 dengan
Jawaban
a. Pengertian Etika
Etika adalah cabang filsafat yang berkaitan dengan moralitas, yaitu prinsip-prinsip yang mengatur perilaku manusia berdasarkan apa yang dianggap benar atau salah. Etika membantu individu membuat keputusan yang bertanggung jawab dan beradab dalam berbagai situasi kehidupan.
b. Etika Pancasila
Etika Pancasila adalah penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai ini mencakup Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan. Etika Pancasila mendorong masyarakat untuk hidup harmonis, saling menghormati, dan bekerja sama demi kebaikan bersama.
c. Pancasila sebagai Solusi Problematika Bangsa (Korupsi, Kerusakan Lingkungan, dan Moral)
Pancasila dapat dijadikan solusi untuk berbagai masalah bangsa, termasuk korupsi, kerusakan lingkungan, dan penurunan moral. Dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila, masyarakat dapat mengembangkan integritas, menjaga lingkungan, dan mempromosikan keadilan sosial. Misalnya, sila kelima menekankan pentingnya keadilan sosial, yang dapat mendorong pemerintah dan masyarakat untuk memberantas korupsi dan melindungi hak-hak masyarakat.
2. Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu
a. Pancasila sebagai Strategi Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Pancasila dapat dijadikan strategi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di Indonesia. Nilai-nilai Pancasila seperti kemanusiaan dan kerakyatan dapat memastikan bahwa pengembangan IPTEK dilakukan dengan tujuan untuk kesejahteraan rakyat, bukan hanya untuk kepentingan segelintir orang atau negara asing. Selain itu, Pancasila juga menekankan pentingnya kerja sama dan gotong royong, yang dapat mendorong kolaborasi antara akademisi, industri, dan masyarakat dalam bidang IPTEK.
b. Peran Nilai-Nilai dalam Setiap Sila yang Ada dalam Pancasila
Setiap sila dalam Pancasila memiliki peran penting dalam membentuk dasar nilai pengembangan ilmu. Misalnya, sila pertama menekankan pentingnya Ketuhanan, yang dapat menjadi landasan moral bagi para ilmuwan dan peneliti untuk menjalankan tugas mereka dengan integritas dan tanggung jawab. Sila kedua, Kemanusiaan, menekankan pentingnya menghormati hak asasi manusia dalam setiap penelitian dan pengembangan ilmu. Sila ketiga, Persatuan, mendorong kerja sama dan integrasi antar berbagai disiplin ilmu untuk mencapai tujuan bersama. Sila keempat, Kerakyatan, menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam proses pengembangan ilmu, sehingga hasil-hasil ilmu dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Sila kelima, Keadilan, menekankan pentingnya keadilan sosial dalam distribusi manfaat dari pengembangan ilmu.
3. Pemahaman Saudara dari Mempelajari Pendidikan Pancasila
Tujuan Pendidikan Pancasila
Tujuan pendidikan Pancasila adalah untuk membentuk karakter dan moral generasi muda sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Pendidikan Pancasila bertujuan untuk mengembangkan sikap toleransi, gotong royong, dan cinta tanah air, serta mendorong partisipasi aktif dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Era Reformasi
Era reformasi memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan. Misalnya, dalam konteks demokrasi, nilai-nilai Pancasila seperti kerakyatan dan keadilan dapat diterapkan melalui partisipasi aktif warga negara dalam proses politik
Pertanyaan Panas lebih
Rencananya, ... itu akan diterapkan untuk daerah yang sudah aman dari krisis setelah melalui banyak uji coba. keputusan kebijakan penelitian kolaboras
9. Pada saat salat jamaah, imam membaca ayat sajdah tetapi tidak melakukan sujud tilawah, maka sebagai makmum yang dilakukan adalah.... A. Menegur ima
7. Pernyataan yang tepat mengenai teknik pengumpulan data observasi adalah ... a. Informasi atau data yang diperoleh bersifat faktual. b. Waktu pelaks
5. Bagaimana cara menanamkan sikap rendah hati, menjauhkan diri dari perilaku sombong dan takabur dalam kehidupan sehari-hari?
Beberapa peserta yang mengikuti rapat memiliki .... yang berbeda terhadap permasalahan yang sedang didiskusikan. saran hasil perspektif kesimpulan
5. Uji Pemahaman a. Apakah yang dimaksudkan "Membangun Kesepakatan Bersama"? b. Bagaimana cara membuat kesepakatan bersama? c. Apakah kalian terlibat
10. Dalam menyampaikan pendapatnya, masyarakat dituntut agar penyampaiannya sesuai dengan asas keseimbangan antara hak dan kewajiban. Pernyataan berik
1. Pernyataan yang tepat mengenai penelitian sosial adalah... a. Penelitian sosial mengkaji peristiwa masa lalu berdasarkan fakta di lapangan. b. Pene
B. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat. Pak Hendrik membeli dua buah motor setahun lalu. Motor pertama ia pakai untuk kegiatan sehari-hari dan mo
3. Kewajiban adalah sesuatu yang melekat pada hidup manusia. Kewajiban itu luhur dan berwibawa. Jelaskan arti pernyataan tersebut.
13. Sistem ekonomi campuran diterapkan untuk menyeimbangkan peran antara pemerintah dan masyarakat dalam kegiatan ekonomi. Karakteristik sistem ekonom
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia menggelar ..... di Bogor yang bertajuk Kebangkitan Mahasiswa diikuti 115 orang dari 46 perguruan tinggi d
7. Terdapat kegiatan produksi yang dilakukan dengan langsung mengambil hasil dari alam. Kegiatan produksi ini disebut kegiatan .... A. jasa D. ekstrak
19. Perhatikan asas-asas pembentukan peraturan perundang-undangan berikut! 1) Kebangsaan 2) Keterbukaan 3) Keseimbangan 4) Kejelasan rumusan 5) Bhinne
10. Hasil observasi langsung biasa ditulis dalam sebuah formulir pencatatan. Jelaskan tujuan pemakaian formulir tersebut! Jawab: