Pertanyaan
Perhatikan pernyataan berikut: Hamzah Fansuri dikenal dengan karya-karyanya yang memadukan unsur Islam dengan mistisisme lokal. Nuruddin ar-Raniri dikenal sebagai ulama yang gigih melawan ajaran-ajaran yang menyimpang. Syekh Abdurrouf al-Fansuri Singki dikenal sebagai ulama yang berhasil menyatukan berbagai kelompok masyarakat. Dari ketiga tokoh di atas, kesamaan yang dapat kita temukan adalah. __ a. Semuanya berasal dari Sumatera. b. Semuanya memiliki kontribusi besar dalam pengembangan Islam di Nusantara. c. Semuanya hidup pada abad yang sama. d. Semuanya menulis karya-karya yang berbahasa Arab e. Semuanya mendirikan pesantren.
Jawaban
Berikut penjelasannya:
* Hamzah Fansuri: Kontribusinya terletak pada penyebaran dan pengembangan Islam di Nusantara melalui karya-karyanya yang memadukan ajaran Islam dengan mistisisme lokal, sehingga lebih mudah diterima oleh masyarakat. Ini merupakan kontribusi besar dalam menyesuaikan ajaran Islam dengan konteks budaya lokal.
* Nuruddin ar-Raniri: Kontribusinya terletak pada upaya menjaga kemurnian ajaran Islam dan melawan penyimpangan. Perjuangannya untuk mempertahankan ajaran Islam yang dianggap benar merupakan kontribusi penting dalam menjaga integritas agama di Nusantara.
* Syekh Abdurrouf al-Fansuri Singkil: Kontribusinya terletak pada upaya menyatukan berbagai kelompok masyarakat. Keberhasilannya dalam menciptakan persatuan menunjukkan peran pentingnya dalam menciptakan stabilitas sosial dan memperkuat basis masyarakat yang mendukung perkembangan Islam.
Meskipun ketiga tokoh tersebut mungkin berasal dari wilayah yang sama (Sumatera), hidup di masa yang berdekatan, atau menggunakan bahasa Arab dalam beberapa karya mereka, bukan hal tersebut yang menjadi kesamaan paling signifikan dan dapat dipastikan. Kontribusi mereka dalam pengembangan Islam di Nusantara merupakan benang merah yang menghubungkan ketiga tokoh tersebut. Opsi c, d, dan e tidak dapat dipastikan kebenarannya berdasarkan informasi yang diberikan.
Pertanyaan Panas lebih
11. Yang termasuk evolusi dibidang sosial adalah __ a.Perubahan sistem pertanian ladang ke sistem pertanian irigasi b.Penerimaan masyarakat terhadap p
4. Bersistem dan berproses merupakan salah satu syara-syarat kelompok sosial menurut __ 5. Selain kedekatan fisik dan geografis, pembentukan kelompok
Tahun barapo Salvion dan Celis mangaluakan pengertian mampatandokan anggota kaluarga? 1993 1998 1995 1997 5 points
1. Integrasi nasional atau bangsa adalah usaha atau proses mempersatukan perbedaan perbedaan dalam suatu negara ","B":"p pointing repair party phunan
c. zaman neozoikum c. Zaman tersier II. ESSAY 1. Sejarah berasal dari kata "syajaratun" dan diserap kebahasa melayu yaitu "gajirah" kebudan dalam baha
10.Perubahan yang mendasar meliputi struktur-struktur sosial dan berlangsung dalam waktu yang 11. Yang termasuk evolusi dibidang sosial adalah __ a.Pe
41. Dalam bidang seni budaya dan arsitektur,Khalifah Al-Mansur membangun kota Bagdad yang berbentuk bundar dan di tengahnya dibangun __ Al-Qasr Al-Zah
1. Setelah menguasi kongsi dagang di Batavia kini Banten menjadi saingan bagi VOC di perairan Selat Sunda sehingga menginginkan wilayah banten juga ta
Sama menjadi sebab Islam mudah di terima di Indonesia! 1. Apa perbedaan gelar Tengku dan Teuku pada keraiaan terima di Indonesia Sebutkan nama rain
A. server )2. Kendial di mana gollak penyelenggara yecara ctomatis skan monganggap tim voli tersebut moskipan belum bertanifing pada inut __ permainny
Lambang utama dari sila ke -2 Pancasila adalah rantai berwarna emas dengan warna dasar merah dan rantai tersebut tidak putus-putus . Makna dari bentuk
Orang melayu mengenal lambang pada bentuk ini , terutama yang berkaitan dengan kepercayaan dalam agama Hindu dan Budha. Adalah makna dari atap __ a. A
38. Tempat-tempat belajar dan menuntut ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah adalah __ majelis taklim Masjid madrasah pesantren 39. Setelah kemb
Pada gelombang ketiga muballigh yang datang ke Nusantara adalah ulama __ a. Ahli politik b. ahli sufi C. Ahli fiqih d. A dan b benar Pada saat Kerajaa
Dumpak perubahan sosial terhadap kebudayaan bangsa Indonesia yang dapat mengakibatkan stress, depresi, dan frustasi adalah __ a. cultural animosty b.