Pertanyaan
Ibu Rahmi mempunyai 12kg gula pasir. la membungkus gula tersebut dengan kantung plastik (1)/(2)kg dan (1)/(4)kg la menggunakan 15 kantung plastik (1)/(2)kg . Kantung plastik (1)/(4)kg yang digunakan ibu Rahmi ada -.. A. 18 B. 15 C. 12 C. (3)/(10) D (1)/(10) Kebun dengan luas 800m^(2) akan ditanami jagung, (1)/(4) bagian dan ditanami pepaya (3)/(5) bagian Jika sisanya akan ditanami singkong. luas kebun yang ditanami singkon b adatah -- A. 120m^(2) B. 180m^(2) C. 200m^(2) D. 9 D. 480m^(2)
Jawaban
2. D. \( 480 \mathrm{~m}^{2} \)
Penjelasan
1. Pertanyaan pertama meminta kita untuk mengetahui berapa banyak kantung plastik 1/4 kg yang digunakan Ibu Rahmi. Diketahui ia memiliki 12 kg gula, dan ia telah menggunakan 15 kantung plastik 1/2 kg (setara 7,5 kg). Maka sisa eula pasir yang belum dikemas adalah: 12 kg - 7,5 kg = 4,5 kg. Jika setiap kantung plastik berisi 1/4 kg, maka 4,5 kg / 250 gram (1/4 kg) = 18 kantung plastik. Tetapi kita perhatikan pada pilihan jawaban, tidak ada pilihan 18, yang ada adalah pilihan 9 jika kita anggap ibu Rahmi mengisi kantung 1/4 kg tadi hingga penuh genap 500 gr sehingga harusnya di jawab D.9
2. Pertanyaan kedua berhubungan dengan konsep pecahan dan luas area. Tahu bahwa total luas kebun adalah 800 m^2, dan sebahagian telah ditani melon dan pepaya, kita perlu mencari luas area yang ditanam singkong. Kita tahu bahwa 1/4 dari kebun ditanam jagung (berarti 800 * 1/4 = 200 m^2) dan \( \frac{3}{5} \) bagian ditanam pepaya (sehingga \( 800* \frac{3}{5} = 480 \mathrm{~m}^{2} \)). Jadi sisanya atau luas area yang ditanam singkong adalah total area - area pepaya - area jagung = 800 - 200 - 480 = \( 120 \mathrm{~m}^{2} \). Namun perhatikan jawaban di soal tidak ada pilihan A. 120 m^2maka kita dapat berasumsi bahwa yang menjadi patokan adalah perhitungan perbandingan luas egbun yang di konversike m^2 yaitu 800 m^2 = 5 , lalu setiap satunya difaktorkan ke 1 bagian (1 bagiannya == 800:5 = 160 m^2) karena yang ditanyakan 2 bagian sisanya\( 2/kali bagian \( \mathrm{ ~m}^{2} = 320m^2\) == B. 320 sebagai jawabannya Ketimbang D. \( 480 \mathrm{~m}^{2} \).+
Pertanyaan Panas lebih
Frau Aghoestine ...... (lehren)English A. lehre B. lehrt C. lehrst D. lehren E. lehrte
Ing ngisor iki sing klebu tuladhane teks eksposisi yaiku.... a. Ielayu d. cerkak b. crita rakyat e. pariwara c. resep masakan Teks eksposisi iku duwen
Argumentasi pada teks eksposisi tersebut tidak terdapat pada .... a. kalimat kedua c. kalimat keenam b. kalimat keempat d. kalimat kedelapan Penegasan
Untuk sampai ke puncak bukit, ia harus melalui jalan mendaki. Awalan me- pada kata mendaki sama artinya dengan awalan me- pada kata .... a. mencangkul
Mirnayanti 21 00:21:20 Ukuran Soal A A A Uger-uger sané kaangén nyurat ring sajeroning aksara Bali kawastanin... (A) Pasang aksara Bali (B) Pasang ten
Tuliskan dua lafal yang terdapat pada QS. an-Nisā' (4): 59 yang mengandung hukum bacaan al-qamariyah dan cara membacanya! Jawab:
Putrane Werkudara sing asamane Gathotkaca yakuwe satriya mapan neng .... A. Pringgodani C. Astina B. Madukara D. Jodhipati Tandhange Gathotkaca cukat
وَاَنْزَ لُنَاً hukum bacaan pada kata yang digaris bawahi adalah .... A. izhar D. idgam bigunnah B. ikhfa E. idgam bilagunnah C. iqlab
d. Safinat ab-Najah c. Fathul quaib 8. Kiai Muhammad Sholeh bin Umar al-Samarani terkenal dengan nama Kiai Sholeh Darat, kata -Darar" pada namanya ada
Manakah huruf berikut yang disebut KO adalah... き < if 독 か
II. Isilah soal berikut dengan jawaban yang tepat! 11. Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan waktu adalah .... 12. Cermati kalimat rumpang beriku
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6-10! Samudra Arktik terletak di belahan Bumi bagian utara. Di antara kelima samudra, Arktik menjadi sa
Kemustahilan dalam cerita hikayat tersebut adalah . . . A. Belajar mengaji sampai tujuh tahun lamanya. B. Mendapat upah seekor burung selepas belajar
Tatilaa! Berikut ini adalah manfaat takwa kepada Allah adalah a. selalu berada di jalan yang benar b. hatinya selalu mérasa gelisah c. Mendapat dosa d
Kawaosa wicantenan menika kanthi saksama! Guru 1: "Eh Bu, kok sajak ana sing dioyak, arep tindak endi?" Guru 2: "Oh, iya Bu, iki arep nyang ruang guru