AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Biologi / Apa yang Anda ketahui tentang pembelajaran yang berorient asi perkembang an? Uraikan!

Pertanyaan

Apa yang Anda ketahui tentang pembelajaran yang berorient asi perkembang an? Uraikan!
zoom-out-in

Apa yang Anda ketahui tentang pembelajaran yang berorient asi perkembang an? Uraikan!

Tampilkan lebih banyak
92
Jawaban
4.2 (164 suara)
avatar
Manjari veteran · Tutor selama 11 tahun

Jawaban

Pembelajaran yang berorientasi perkembangan adalah pendekatan pendidikan yang berfokus pada perkembangan kognitif, emosional, dan sosial siswa. Pendekatan ini mempertimbangkan tahap perkembangan siswa dan menyesuaikan metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Penjelasan

Pembelajaran yang berorientasi perkembangan didasarkan pada teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Menurut Piaget, anak-anak melewati empat tahap perkembangan kognitif: tahap sensorimotor, tahap praoperasional, tahap operasional konkret, dan tahap operasional formal. Setiap tahap memiliki karakteristik kognitif tertentu yang mempengaruhi cara siswa memahami dan memproses informasi.

Dalam tahap sensorimotor (0-2 tahun), anak-anak memahami dunia melalui interaksi langsung dengan lingkungan mereka. Mereka belajar melalui tindakan dan pergerakan.

Pada tahap praoperasional (2-7 tahun), anak-anak mulai berpikir secara simbolis tetapi masih kesulitan dengan pemikiran logis. Mereka cenderung egosentris dan kesulitan melihat perspektif orang lain.

Pada tahap operasional konkret (7-11 tahun), anak-anak mulai berpikir secara logis tentang objek dan kejadian konkret. Mereka mulai memahami konsep seperti kausalitas dan konservasi.

Pada tahap operasional formal (11 tahun ke atas), remaja mulai berpikir secara abstrak dan hipotesis. Mereka mampu memahami konsep yang kompleks dan memecahkan masalah dengan cara yang sistematis.

Dengan memahami tahap perkembangan ini, pendidik dapat menyesuaikan metode pengajaran mereka untuk memenuhi kebutuhan siswa. Misalnya, untuk anak-anak di tahap praoperasional, pendidik mungkin menggunakan metode pengajaran yang lebih visual dan kinestetik. Sementara untuk remaja di tahap operasional formal, pendidik mungkin menggunakan metode pengajaran yang lebih abstrak dan analitis.

Selain itu, pendekatan ini juga mempertimbangkan perkembangan emosional dan sosial siswa. Pendidik harus memahami bagaimana perkembangan emosional dan sosial siswa mempengaruhi proses belajar mereka dan bagaimana mereka dapat mendukung perkembangan ini melalui pengajaran.
Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Why did all the F1 offspring of Mendel's purple and white flowered pea plants always look like one of the two parental varieties?

semitendinosus action

impregnatin

Would you expect a fly that lives in Antarctica to have more saturated or unsaturated phospholipids compared to a fly that lives in the desert? Which

Forms that are_____ ingest small, soluble food molecules?

Specific region of a protein where secondary structure changes to another and a single function can occur...

Diantara contoh iritabilitas adalah pada hewan tertentu memiliki alat indra khusus, seperti gurat sisi pada ikan yang berfungsi untuk .... A: Berenang

Nicked segments of single-stranded DNA are linked by: Question options: A) DNA-binding protein. B) DNA polymerase. C) DNA ligase. D) DNA gyrase. E) DN

62. What are the main differences between prokaryotes and eukaryotes

What are examples of CAM plants?

Diploic veins

Define a (molecular) probe and describe its use to identify a specific nucleic acid sequence.

How are mutations linked to natural selsection

What is segmentation in digestion?

What enzyme does the ONPG test use to allow organisms to be classified as lactose fermenters?