Pertanyaan
2 Kita sering melihat adanya korban jiwa yang diakibatkan perkelahian antarpo melarang perkelahian antarpelajar? 1. Tuliskan pengertian dari perkelahian antarpelajar. Jawablah pertanyaan berikut adalah adanya provokator dan tersebarnya berita boox. Jelaskan dan tulislah dalil yang menganjurkan kita untuk tabayyun. alam tidak hanya minuman keras saja. Tuliskan pengertian khamr secara hamr? 3. Tuliskan hadis yang melarang perkelahian antarpelajar.
Jawaban
Perkelahian Antarpelajar:
Sebuah Masalah yang Perlu DiatasiPerkelahian antarpelajar merupakan masalah serius yang perlu mendapat perhatian serius. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu kita perhatikan:
1. Pengertian Perkelahian Antarpelajar:
Perkelahian antarpelajar adalah tindakan kekerasan fisik yang dilakukan oleh pelajar terhadap pelajar lain, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Perkelahian ini biasanya dipicu oleh berbagai faktor, seperti:
* Konflik pribadi: Perselisihan antar individu, seperti pertengkaran, cemburu, atau dendam.
* Konflik kelompok: Perselisihan antar kelompok pelajar, seperti geng atau kelompok pergaulan.
* Provokasi: Ucapan atau tindakan yang sengaja dilakukan untuk memancing amarah dan memicu perkelahian.
* Pengaruh lingkungan: Lingkungan yang tidak kondusif, seperti lingkungan yang penuh kekerasan atau budaya kekerasan.
2. Tabayyun: Mencari Kebenaran Sebelum Bereaksi:
Dalam Islam, kita dianjurkan untuk tabayyun sebelum mengambil tindakan, terutama dalam hal yang berkaitan dengan berita atau informasi yang belum jelas kebenarannya. Tabayyun berarti mencari kebenaran dan memastikan informasi yang kita terima benar-benar valid.
Dalil yang menganjurkan tabayyun:
* QS. Al-Hujurat (49): 6: "Wahai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu seorang yang membawa berita, maka selidikilah kebenarannya agar kamu tidak menimpakan suatu kaum dengan kebodohan, lalu kamu menyesal atas apa yang kamu lakukan."
3. Khamr: Lebih dari Sekadar Minuman Keras:
Khamr dalam Islam bukan hanya merujuk pada minuman keras, tetapi juga mencakup segala sesuatu yang memabukkan, baik minuman, makanan, atau zat lainnya.
Pengertian Khamr:
Khamr adalah segala sesuatu yang dapat mengubah akal dan pikiran seseorang, sehingga menyebabkan hilangnya kesadaran dan kemampuan berpikir jernih.
4. Hadis yang Melarang Perkelahian Antarpelajar:
Tidak ada hadis khusus yang secara eksplisit melarang perkelahian antarpelajar. Namun, terdapat beberapa hadis yang secara umum melarang kekerasan dan menganjurkan perdamaian, seperti:
* Hadis Riwayat At-Tirmidzi: "Tidaklah seorang muslim itu mencaci maki, memukul, dan mencela orang lain."
* Hadis Riwayat Muslim: "Orang yang paling baik di antara kalian adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain."
Solusi Mengatasi Perkelahian Antarpelajar:
* Pendidikan karakter: Menanamkan nilai-nilai moral dan etika yang baik kepada pelajar, seperti kejujuran, toleransi, dan empati.
* Peningkatan pengawasan: Meningkatkan pengawasan di lingkungan sekolah dan di luar sekolah untuk mencegah terjadinya perkelahian.
* Penyelesaian konflik: Memberikan pelatihan kepada pelajar dan guru dalam menyelesaikan konflik secara damai dan konstruktif.
* Kerjasama orang tua dan guru: Meningkatkan komunikasi dan kerjasama antara orang tua dan guru untuk memantau perilaku anak di sekolah dan di rumah.
Perkelahian antarpelajar merupakan masalah kompleks yang membutuhkan solusi komprehensif. Dengan menerapkan nilai-nilai agama, pendidikan karakter, dan upaya bersama dari semua pihak, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman dan kondusif bagi semua pelajar.
Pertanyaan Panas lebih
37. Bagaimana cara menumbuhkan kesadaran akan pentingny a suara demokrasi di sekolah? a) Dengan memberikan materi tentang demokrasi dalam pembelajaran
Diskusikan dengan rekan satu kelompok mengenai hal berikut: - Mengapa Bapak/Ibu Guru perlu melakukan SEM dalam pembelajaran - Lalu apa arti SEM dalam
Manusia adalah makhluk sosial .Untuk menghindari keburukan dan masalah yang timbul diperlukan sikap amanah, tanggung jawab, menghormati, serta memberi
Sumatif rengan Sciel A. Beritah tanda situng (Q) horu'a, b. c, d. atau e pada jawaban yang benert jang berant menggabungkan sesuatu peosterpar tersabu
Soal:1) Perhatikan Q.S.a-Rum/30:41 berikut ini! is la siji Arti dari ayat yang bergaris bawah tersebut adalah __ A: Karena perbuatan tang an manusia B
Sekolah A akan menerapkan Kurikulum Merdeka I dan melakukan kunjungan ke sekolah B untuk melihat proses pelaksa naan Kurikulum Merdeka I di sekolah B.
Menjamin tegaknya keadilan merupakan salah satu __ demokrasi Pengertian Dasar Prinsip Tujuan Hakikat Di bawah ini merupakan contoh perwujudan demokras
Apa yang menjadi fokus utama dari kehadiran PPPK? a Mengisi jabatan struktural pemerintah b. Mengisi kekosongan jabatan dengan tenaga profesional c. M
1. Sebutkan 5 point yang di ajarkan Al-qur'an agar tercipta hidup damai antar umat beragama! 2. Apa saja perilaku yang dapat kita kembangkan untuk mew
Menolak kebenaran dan merendahkan orang lain termasuk indikator dari sikap __ hASAD Tawadhu' Riya' Sum'ah Takabur
Perhatikan potongan hadits dibawah ini. Maksud dari potongan hadits tersebut adalah A Memberi lebih baik daripada menerima B Menerima lebih baik darip
Sifat-sifat Allah SWT dan Asma'ul Husna dalam Al Our'an dan Sunnah merupakan kesempurna aan mutlak dari sifat-sifatnya dari segala kekurangan, dari ha
Negara dalam arti formal adalah __ Tentukan Jawaban Anda A Kekuasaan B Bangsa C Konsep Negara D ) Pemerintah E Masyarakat
33. Perhatikan doa berikut Doa tersebut dibaca dalam shalat jenazah ketika __ a. Takbir ketiga ketika jenazah laki-laki b. Takbir keempat jika jenazah
Khutbah, tablig dan dakwah merupakan bentuk kegiatan amar makruf nahi mungkar. Ketiganya memiliki persamaan dan perbedaan Jelaskan persamaan dan perbe