AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Sejarah / SEMESTER :V (Lima)/PAI DOSEN : Maruli Tumangger, M. Ag SOAL: UJIAN AKHIK SEMESTER GANMI TAHUN AKADEM

Pertanyaan

SEMESTER :V (Lima)/PAI DOSEN : Maruli Tumangger, M. Ag SOAL: UJIAN AKHIK SEMESTER GANMI TAHUN AKADEMIK : 2024/2025 1. Sebutkan nilat-nilai pendidikan politik Islam
zoom-out-in

SEMESTER :V (Lima)/PAI DOSEN : Maruli Tumangger, M. Ag SOAL: UJIAN AKHIK SEMESTER GANMI TAHUN AKADEMIK : 2024/2025 1. Sebutkan nilat-nilai pendidikan politik Islam dalam Piagam Madinah 2. Sebukan tokoh-tokoh pembakaruan di Mesir dan pem ikiranny a 3. Sebukan tokoh-tokoh pembaharuan di Turki dan pemikirannya 4. Menurut Ahmad Mansur Surya Negara; ada 3 Teori Kedatangan Islam ke Indonesia (Teori Gujara: Mekah, dan Teori Persia)Jelaskan apa yang dimiksud dengan 3 teori tersebut! 5. Sebutkan beberapu Komponen yang berperan dalam Penyebaran Pendidikan Islam di Indonesial Dan Jelaskan kondisi Pendidikan Islam pada masa Penjajahan Belandal

Tampilkan lebih banyak
191
Jawaban
4.1 (264 suara)
avatar
Akshara master · Tutor selama 5 tahun

Jawaban

Jawaban Ujian Akhir Semester Ganjil PAI Semester V

Berikut jawaban untuk soal ujian akhir semester Ganjil PAI Semester V:



1. Nilai-nilai Pendidikan Politik Islam dalam Piagam Madinah:

Piagam Madinah, sebagai konstitusi pertama dalam sejarah Islam, mengandung nilai-nilai pendidikan politik yang penting, antara lain:

* Persamaan dan Keadilan: Piagam Madinah menekankan persamaan hak dan kewajiban bagi semua warga Madinah, baik Muslim, Yahudi, maupun kelompok lainnya. Ini mengajarkan pentingnya keadilan sosial dan penghormatan terhadap perbedaan.
* Toleransi dan Kerukunan: Piagam Madinah mengatur hubungan antar kelompok agama dan suku di Madinah, menekankan pentingnya hidup berdampingan secara damai dan saling menghormati. Ini mengajarkan nilai toleransi dan kerukunan antar umat beragama.
* Demokrasi dan Musyawarah: Proses penyusunan dan isi Piagam Madinah menunjukkan adanya musyawarah dan mufakat dalam pengambilan keputusan. Ini mengajarkan pentingnya demokrasi dan partisipasi dalam pemerintahan.
* Kedaulatan Hukum: Piagam Madinah menetapkan hukum dan aturan yang berlaku bagi seluruh warga Madinah, menunjukkan pentingnya supremasi hukum dan penegakan keadilan.
* Pertahanan dan Keamanan: Piagam Madinah mengatur mekanisme pertahanan dan keamanan bersama untuk melindungi seluruh warga Madinah dari ancaman eksternal. Ini mengajarkan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban negara.
* Kewarganegaraan: Piagam Madinah memberikan hak dan kewajiban warga negara, mengajarkan pentingnya tanggung jawab dan partisipasi aktif dalam kehidupan bernegara.


2. Tokoh-tokoh Pembaruan di Mesir dan Pemikirannya:

Beberapa tokoh pembaruan di Mesir dan pemikirannya antara lain:

* Muhammad Abduh (1849-1905): Ia menekankan pentingnya kembali kepada Al-Quran dan Sunnah secara tekstual dan kontekstual. Ia juga memperjuangkan pembaruan pemikiran Islam dengan menggabungkan nilai-nilai Islam dengan kemajuan ilmu pengetahuan modern. Ia menolak taklid buta dan mendorong ijtihad.
* Rasyid Ridha (1865-1935): Murid Muhammad Abduh, ia melanjutkan perjuangan gurunya dengan menerbitkan majalah *Al-Manar*. Ia menekankan pentingnya pembaruan pemikiran Islam untuk menghadapi tantangan modernisasi. Ia juga menekankan pentingnya penerapan syariat Islam dalam kehidupan modern.
* Jamaluddin al-Afghani (1838-1897): Ia merupakan tokoh pan-Islamisme yang memperjuangkan persatuan umat Islam dan melawan penjajahan Barat. Ia menekankan pentingnya pembaruan Islam untuk menghadapi tantangan modernisasi dan penjajahan.


3. Tokoh-tokoh Pembaruan di Turki dan Pemikirannya:

Tokoh utama pembaruan di Turki adalah Mustafa Kemal Atatürk (1881-1938). Pemikirannya meliputi:

* Sekularisasi Negara: Atatürk memisahkan agama dari negara, menghapus kekhalifahan Islam, dan mengadopsi sistem hukum sekuler.
* Modernisasi: Ia melakukan modernisasi di berbagai bidang, termasuk pendidikan, hukum, dan ekonomi, dengan mengadopsi sistem Barat.
* Reformasi Bahasa dan Huruf: Ia mengganti huruf Arab dengan huruf Latin dan melakukan reformasi bahasa Turki.
* Emansipasi Perempuan: Ia memberikan hak-hak yang lebih luas kepada perempuan, termasuk hak untuk memilih dan dipilih.


4. Tiga Teori Kedatangan Islam ke Indonesia (menurut Ahmad Mansur Suryanegara):

Ahmad Mansur Suryanegara mengemukakan tiga teori utama tentang kedatangan Islam ke Indonesia:

* Teori Gujarat: Teori ini menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan dari Gujarat, India. Bukti yang mendukung teori ini antara lain ditemukannya banyak kesamaan budaya dan arsitektur antara Gujarat dan beberapa daerah di Indonesia.
* Teori Mekah: Teori ini berpendapat bahwa penyebaran Islam di Indonesia dilakukan secara langsung oleh para pedagang dan ulama dari Mekah. Teori ini menekankan peran dakwah langsung dari pusat Islam di Mekah.
* Teori Persia: Teori ini menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan dari Persia (Iran). Bukti yang mendukung teori ini antara lain ditemukannya pengaruh Persia dalam beberapa aspek budaya dan arsitektur di Indonesia.

Ketiga teori ini bukanlah teori yang saling bertentangan, melainkan kemungkinan jalur masuk Islam ke Indonesia yang terjadi secara bersamaan atau bertahap.


5. Komponen Penyebaran Pendidikan Islam di Indonesia dan Kondisi Pendidikan Islam pada Masa Penjajahan Belanda:

Komponen Penyebaran Pendidikan Islam di Indonesia:

Beberapa komponen yang berperan dalam penyebaran pendidikan Islam di Indonesia antara lain:

* Pesantren: Lembaga pendidikan tradisional Islam yang berperan besar dalam mengajarkan agama Islam dan ilmu-ilmu keislaman.
* Madrasah: Lembaga pendidikan Islam modern yang mengajarkan agama Islam dan ilmu-ilmu umum.
* Ulama dan Mubaligh: Tokoh agama Islam yang berperan dalam menyebarkan ajaran Islam dan mendidik masyarakat.
* Organisasi Islam: Organisasi-organisasi Islam seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama berperan dalam mengembangkan pendidikan Islam.
* Perguruan Tinggi Islam: Perguruan tinggi Islam berperan dalam mencetak kader-kader ulama dan intelektual muslim.


Kondisi Pendidikan Islam pada Masa Penjajahan Belanda:

Pada masa penjajahan Belanda, pendidikan Islam mengalami berbagai tantangan, antara lain:

* Pembatasan dan Pengawasan: Pemerintah kolonial Belanda membatasi dan mengawasi perkembangan pendidikan Islam, seringkali dengan tujuan untuk menghambat perkembangannya.
* Kualitas Pendidikan yang Rendah: Kualitas pendidikan Islam pada masa itu relatif rendah karena terbatasnya sumber daya dan fasilitas.
* Persaingan dengan Pendidikan Barat: Pendidikan Barat yang diperkenalkan oleh pemerintah kolonial menjadi pesaing bagi pendidikan Islam.
* Penggunaan Bahasa Belanda: Penggunaan bahasa Belanda dalam pendidikan Barat membuat pendidikan Islam tertinggal.


Meskipun demikian, pendidikan Islam tetap bertahan dan berkembang di tengah berbagai tantangan tersebut, berkat kegigihan para ulama dan tokoh-tokoh pendidikan Islam. Mereka berupaya untuk mempertahankan dan mengembangkan pendidikan Islam sesuai dengan konteks zaman.


Semoga jawaban ini bermanfaat. Ingatlah untuk selalu mengecek dan mengkaji kembali jawaban Anda dengan referensi yang lebih lengkap.
Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Pada masa penjajahan, Jepang melakukan ..... sumber daya alam secara besar-besaran terhadap Indonesia Destruksi Eksploitasi Pembantaian Keserakahan

4. Seorang pelajar melakukan tanya jawab dengan satpam untuk mengetahui tingkat keamanan di perumahan X. Kelebihan sumber data yang diperoleh pada akt

Proses terhadap beberapa rumah yang hancur akibat gempa bumi membutuhkan waktu selama 3 bulan. rekonstruksi relokasi regenerasi rehabilitasi

7. Nana menetapkan Bu Winggar sebagai informan dalam penelitiannya karena ia mampu memberikan informasi tentang gambaran kegiatan bank sampah yang aka

Coba jelaskan tentang pengertian ilmu pengetahuan, metode ilmu pengetahuan, fungsi dan kegunaannya dalam menyejahterakan hidup dan berikan kesimpulan

Pada masa penjajahan, Jepang melakukan sumber daya alam secara besar-besaran terhadap Indonesia Destruksi Eksploitasi Pembantaian Keserakahan

15. Sejarawan harus bersikap kritis dan teliti dalam menggunakan artikel surat kabar sebagai sumber sejarah. Kedua sikap ini diperlukan untuk.... a. m

Ketetapan MPR adalah sebuah produk legislatif yang merupakan keputusan musyawarah, baik yang berlaku didalam majelis, maupun yang berlaku diluar majel

Karya apakah yang ditanggapi? & }(l) Lukisan Affandi "Kebun Cengkeh" & Novel Student Hidjo Siapa yang menghasilkan karya tersebut? & &

4. Nilai-nilai Pancasila Sila Persatuan Indonesia terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu .... a.

20. Seorang penyaji diharapkan mengenakan pakaian sopan dan rapi ketika memublikasikan hasil penelitian. Etika tersebut perlu diperhatikan karena....

2. Aktivitas perdagangan rempah-rempah pada masa kuno tidak lepas dari peran para pendatang dari berbagai wilayah di dunia. Apa peran mereka dalam akt

8. Hubungan antara Pancasila sebagai dasar negara dengan UUD 1945 sebagai konstitusi adalah .... a. konstitusi merupakan penjabaran dari dasar negara

10. Perhatikan keterangan-keterangan berikut! 1) Memiliki warna kulit kuning langsat dan cokelat hitam, serta rambut lurus. 2) Keturunan bangsa ini ad

7. Penyajian data penelitian harus memperhatikan jenis data yang digunakan. Bagaimana menyajikan data penelitian yang bersifat kualitatif? Jawab: