Pertanyaan
Peserta didik mampu PG 21 memberikan contoh pelaksanaan hak dan kewajiban Peserta didik mampu PG 22 menjelaskan alasan mengapa penting untuk menyeimbangkan hak dan kewajiban Peserta didik mampu PG 23 menjelaskan alasan mengapa penting untuk menyeimbangkan hak dan kewajiban Peserta didik mampu PG 24 menjelaskan prinsip dasar pelaksanaan hak dan kewajiban Peserta didik dapat PG 25 melaksanakan prinsip utama dalam pasal 27 (1) UUD 1945 Peserta didik dapat PG 26 menyebutkan bentuk pelaksanaan kewajiban Peserta didik dapat PG 27 Menyebutkan isi Pasal 27 ayat 2 UUD 1945 Peserta didik dapat PG 28 Menyebutkan pembatasan hak warga negara Peserta didik mampu PG 29 menjelaskan tantangan dalam pemenuhan hak dan kewajiban
Jawaban
*Memberikan contoh pelaksanaan hak dan kewajiban:*
Sebagai warga negara, saya memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Sebagai contoh, saya dapat mengakses sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Selain itu, saya juga memiliki kewajiban untuk mengikuti proses pendidikan dengan sungguh-sungguh dan menghormati aturan yang berlaku di institusi pendidikan.
Peserta didik mampu PG 22
*Menjelaskan alasan mengapa penting untuk menyeimbangkan hak dan kewajiban:*
Menyeimbangkan hak dan kewajiban sangat penting untuk menciptakan masyarakat yang harmonis dan adil. Hak memberikan kebebasan dan kesempatan kepada individu untuk berkembang, sementara kewajiban memastikan bahwa kebebasan tersebut tidak disalahgunakan dan tetap sejalan dengan kepentingan umum. Keseimbangan ini menciptakan tanggung jawab sosial dan hukum yang mengatur interaksi antarindividu dalam masyarakat.
Peserta didik mampu PG 23
*Menjelaskan alasan mengapa penting untuk menyeimbangkan hak dan kewajiban:*
Menyeimbangkan hak dan kewajiban penting untuk menjaga keseimbangan antara kebebasan individu dan kepentingan kolektif. Hak memungkinkan seseorang untuk mengekspresikan diri dan memenuhi kebutuhan pribadi, tetapi kewajiban memastikan bahwa tindakan individu tidak merugikan orang lain atau mengganggu ketertiban umum. Keseimbangan ini membantu menciptakan lingkungan yang adil dan stabil, di mana hak setiap individu dihormati tanpa melanggar hak orang lain.
Peserta didik mampu PG 24
*Menjelaskan prinsip dasar pelaksanaan hak dan kewajiban:*
Prinsip dasar pelaksanaan hak dan kewajiban adalah keadilan dan tanggung jawab. Setiap individu memiliki hak yang sama di mata hukum dan berhak mendapatkan perlakuan yang adil. Namun, hak tersebut harus dilaksanakan dengan mempertimbangkan kewajiban untuk tidak merugikan orang lain. Prinsip ini menekankan pentingnya menghormati hak orang lain sambil memenuhi kewajiban pribadi, sehingga tercipta keseimbangan yang harmonis dalam masyarakat.
Peserta didik dapat PG 25
*Melaksanakan prinsip utama dalam pasal 27 (1) UUD 1945:*
Pasal 27 ayat 1 UUD 1945 menyatakan bahwa "Segala warga negara bersamaan kedudukannya dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya." Prinsip utama ini menekankan bahwa setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan pemerintahan, serta memiliki kewajiban untuk menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan tanpa kecuali. Ini berarti bahwa setiap individu harus tunduk pada hukum yang berlaku dan berpartisipasi dalam sistem pemerintahan dengan cara yang sesuai.
Peserta didik dapat PG 26
*Menyebutkan bentuk pelaksanaan kewajiban:*
Bentuk pelaksanaan kewajiban meliputi kewajiban sipil, kewajiban pidana, dan kewajiban sosial. Kewajiban sipil misalnya, adalah kewajiban untuk membayar pajak dan mengikuti aturan administrasi negara. Kewajiban pidana adalah kewajiban untuk mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku, serta menjalankan hukuman yang diberikan oleh pengadilan. Kewajiban sosial mencakup tanggung jawab untuk berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat dan membantu sesama warga negara.
Peserta didik dapat PG 27
*Menyebutkan isi Pasal 27 ayat 2 UUD 1945:*
Pasal 27 ayat 2 UUD 1945 menyatakan bahwa "Setiap warga negara berhak atas pekerjaan
Pertanyaan Panas lebih
1. Berikan Contoh Norma dan Sanksi yang berlaku di daerah kamu! No Norma berdasarkan Contoh Perilaku Sanksi tingkatannya 1 Cara (Usage) square square
ah Muatan PPKn KD3.2 __ 1 - Kewajiban manusia kepada lingkungan tempat tinggalnya antara lain __ a memanfaatkan lingkungan sesuka hati b mengambil sel
19. Komisi Pemberantasan Korupsi { KPK )adalah sebuah komisi yang dibentuk pada tahun 2003 berdasarkan Undang-undang No berapa. __ 20. Apa yang dimaks
6 Peraturan perundang-undangar yang diletapkan oleh Presiden untuk melaksanakan Undang-Undang sebagai mana mestinya adalah __ A. Peraturan Preseden C.
TEMA 6 1.Setiap warga berhak untuk berserikat dan berkumpul dan mengeluarka n pendapat merupakan hak warga negara Indonesia yang tercantum dalam pasal
Penerapan hukum archimides atau paskal dalam kehidupan sehari hari yang menurut saya penting
2. Jelaskan secara realita pengamalan / wujud bentuk pelaksanaan pasal 11 dan 13 UUD NRI Tahun 1945!
0. Manfaat perilaku patuh terhadap Deraturan perundang .undangar I bagi kehidupan masyarakat adalah __ a . menciptakan keamanan I dan ketertiban lingk
jelaskan 7 kasus tentang perlindungan dan penegakan hukum di Indonesia.
1. Carilah kesepakatan -kesepakatan dasar yang berkaitan dengan perubahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 2. Mengapa Pembukaan UUD 1945 tida
(9) Perhatikan wacana di bawah imi! Negará Indonesia telah menjamin ke- bebasan warga negaranya untuk berserikat. Akan têtapi, pemerintah tidak tingga
1. Perhatikan gambar berikut. Berdasarkan UUD 1945 Pasal 28D Ayat (2), hak yang harus diperoleh orang pada gambar tersebut adalah __ a. tempat tinggal
7. Pengertian norma kesusilaan adalah __ a. Himpunan petunjuk atau perintah dan larangan yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat b. Hasil dar
3 . Seseorang bebas untuk mengajukan permohonan atau mendaftar Hak Atas Kekayaan Intelektual. Hak eksklusif yang diberikan negara kepada individu ters
1. Jelaskan alasan mengapa hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang?