Pertanyaan
1. Pendidikan IPS di Indonesia terpitah dalam dua arah yaitu IPS untuk dunia sekolah dan untuk perguruan tinggi. Apa yang membedakan arah tersebut dan bagaimana penerapannya dalam pendidikan IPS
Jawaban
Penjelasan
Sementara itu, IPS untuk perguruan tinggi lebih mendalam dan spesifik. Ini karena mahasiswa perguruan tinggi sudah memiliki dasar pengetahuan yang cukup kuat dari pendidikan sebelumnya. Oleh karena itu, kurikulumnya lebih fokus pada studi lanjutan dan spesialisasi sesuai dengan bidang studi mahasiswa. Misalnya, seorang mahasiswa yang memilih jurusan sejarah akan mendalami studi sejarah dengan lebih mendalam, mulai dari sejarah lokal hingga sejarah dunia.
Dalam penerapannya, pendidikan IPS di sekolah-sekolah dasar dan menengah biasanya dilakukan dengan metode pengajaran yang lebih interaktif dan aktif, seperti diskusi kelompok, studi lapangan, dan proyek. Sedangkan di perguruan tinggi, metodenya lebih bervariasi, mulai dari seminar, kuliah, hingga penelitian lapangan.
Dengan demikian, perbedaan arah pendidikan IPS di dunia sekolah dan perguruan tinggi terletak pada tingkat kedalaman dan spesifikasi materi yang diajarkan. Penerapannya dalam pendidikan IPS adalah dengan memberikan kurikulum yang sesuai dengan tingkat pendidikan, mulai dari pengenalan dasar hingga studi lanjutan.
Pertanyaan Panas lebih
Rencananya, ... itu akan diterapkan untuk daerah yang sudah aman dari krisis setelah melalui banyak uji coba. keputusan kebijakan penelitian kolaboras
9. Pada saat salat jamaah, imam membaca ayat sajdah tetapi tidak melakukan sujud tilawah, maka sebagai makmum yang dilakukan adalah.... A. Menegur ima
7. Pernyataan yang tepat mengenai teknik pengumpulan data observasi adalah ... a. Informasi atau data yang diperoleh bersifat faktual. b. Waktu pelaks
5. Bagaimana cara menanamkan sikap rendah hati, menjauhkan diri dari perilaku sombong dan takabur dalam kehidupan sehari-hari?
Beberapa peserta yang mengikuti rapat memiliki .... yang berbeda terhadap permasalahan yang sedang didiskusikan. saran hasil perspektif kesimpulan
5. Uji Pemahaman a. Apakah yang dimaksudkan "Membangun Kesepakatan Bersama"? b. Bagaimana cara membuat kesepakatan bersama? c. Apakah kalian terlibat
10. Dalam menyampaikan pendapatnya, masyarakat dituntut agar penyampaiannya sesuai dengan asas keseimbangan antara hak dan kewajiban. Pernyataan berik
1. Pernyataan yang tepat mengenai penelitian sosial adalah... a. Penelitian sosial mengkaji peristiwa masa lalu berdasarkan fakta di lapangan. b. Pene
B. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat. Pak Hendrik membeli dua buah motor setahun lalu. Motor pertama ia pakai untuk kegiatan sehari-hari dan mo
3. Kewajiban adalah sesuatu yang melekat pada hidup manusia. Kewajiban itu luhur dan berwibawa. Jelaskan arti pernyataan tersebut.
13. Sistem ekonomi campuran diterapkan untuk menyeimbangkan peran antara pemerintah dan masyarakat dalam kegiatan ekonomi. Karakteristik sistem ekonom
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia menggelar ..... di Bogor yang bertajuk Kebangkitan Mahasiswa diikuti 115 orang dari 46 perguruan tinggi d
7. Terdapat kegiatan produksi yang dilakukan dengan langsung mengambil hasil dari alam. Kegiatan produksi ini disebut kegiatan .... A. jasa D. ekstrak
19. Perhatikan asas-asas pembentukan peraturan perundang-undangan berikut! 1) Kebangsaan 2) Keterbukaan 3) Keseimbangan 4) Kejelasan rumusan 5) Bhinne
10. Hasil observasi langsung biasa ditulis dalam sebuah formulir pencatatan. Jelaskan tujuan pemakaian formulir tersebut! Jawab: