Pertanyaan
Tentukan hasil dari bilangan berpangkat berikut. a. 2^(2)+2^(3)+2^(4) c. 8^((2)/(3)) b. 2^(2)xx2^(3)xx2^(4) d. (9^((1)/(3)))^(-6) Nyatakan perpangkatan (-0,3)^(2) dan (0,3)^(2) dalam bentuk bilangan biasa! Kemudian tuliskan kesimpulanmu tentang perpangkatan dengan basis bilangan positif dan negatif namun dengan eksponen samal Sederhanakan bilangan berpangkat berikut! a. 2mn xxm^(2)n^(2)xx3m^(2) c. (x^(n-4)y^(n+1))^(2) b. 4ab xx2a^(3)c xx5abc^(2) d. 49k^(5)i^(7)m^(5):7kim^(2) Untuk bentuk (ab^(-1)-a^(-1)b)/(b^(-1)-a^(-1)) ubahlah dalam bentuk pangkat bulat positif! Sederhanakan bentuk akar berikut. a. sqrt72 c. sqrt(0,09) b. sqrt450 d. sqrt18+sqrt50 Rasionalkan penyebut dari bentuk akar berikut. a. (5)/(sqrt2) c. (-4)/(sqrt10) b. (6)/(2sqrt3) d. (sqrt2)/(sqrt11) Nyatakan bentuk-bentuk akar berikut ke dalam bentuk pangkatl a. root(3)(4) b. 2root(3)(8^(2)) Diketahui sebuah persegi panjang dengan panjang (7sqrt2-3sqrt3)cm dan lebar (2sqrt2+sqrt3)cm . Berapa luas persegi panjang tersebut? Bahan Ajar Matematika Kelas VIII Semester Gasal 21
Jawaban
1.a. 28
b. 64
c. 4
d. 1/729
2. 0,09 dan 0,09
3.a. \( 6m^3n^3 \)
b. \( 40a^4b^2c^3 \)
c. \( x^{2n}-8y^{2n}+16y^{2n} \)
d. \( 7k^4l^7m^3 \)
4. \( a^2b-a-b^2+a \)
5.a. \( 6\sqrt{2} \)
b. \( 15\sqrt{2} \)
c. 0,3
d. \( 9\sqrt{2} \)
6.a. \( 5\sqrt{2} \)
b. \( 3\sqrt{3} \)
c. \( 4\sqrt{10} \)
d. \( \sqrt{22} \)
7.a. \( 4^{1/3} \)
b. \( 2 \times 2 = 4 \)
8. \( (14\sqrt{2}+7\sqrt{6}-6\sqrt{6}-3) \mathrm{cm^2} = 14\sqrt{2} \mathrm{cm^2} \)
Penjelasan
1. Menggunakan sifat-sifat pangkat untuk menemukan hasil dari bilangan berpangkat.
2. Perpangkatan dengan basis bilangan positif dan negatif namun dengan eksponen sama akan menghasilkan hasil yang sama.
3. Menggunakan sifat-sifat pangkat untuk menyederhanakan bilangan berpangkat.
4. Mengubah bentuk pangkat negatif menjadi bentuk pangkat positif.
5. Menggunakan sifat-sifat akar untuk menyederhanakan bentuk akar.
6. Rasionalkan penyebut dengan mengalikan dan membagi dengan bentuk akar yang sesuai.
7. Mengubah bentuk akar menjadi bentuk pangkat.
8. Menggunakan rumus luas persegi panjang \( panjang \times lebar \) untuk menemukan luasnya.
Pertanyaan Panas lebih
Frau Aghoestine ...... (lehren)English A. lehre B. lehrt C. lehrst D. lehren E. lehrte
Ing ngisor iki sing klebu tuladhane teks eksposisi yaiku.... a. Ielayu d. cerkak b. crita rakyat e. pariwara c. resep masakan Teks eksposisi iku duwen
Argumentasi pada teks eksposisi tersebut tidak terdapat pada .... a. kalimat kedua c. kalimat keenam b. kalimat keempat d. kalimat kedelapan Penegasan
Untuk sampai ke puncak bukit, ia harus melalui jalan mendaki. Awalan me- pada kata mendaki sama artinya dengan awalan me- pada kata .... a. mencangkul
Mirnayanti 21 00:21:20 Ukuran Soal A A A Uger-uger sané kaangén nyurat ring sajeroning aksara Bali kawastanin... (A) Pasang aksara Bali (B) Pasang ten
Tuliskan dua lafal yang terdapat pada QS. an-Nisā' (4): 59 yang mengandung hukum bacaan al-qamariyah dan cara membacanya! Jawab:
Putrane Werkudara sing asamane Gathotkaca yakuwe satriya mapan neng .... A. Pringgodani C. Astina B. Madukara D. Jodhipati Tandhange Gathotkaca cukat
وَاَنْزَ لُنَاً hukum bacaan pada kata yang digaris bawahi adalah .... A. izhar D. idgam bigunnah B. ikhfa E. idgam bilagunnah C. iqlab
d. Safinat ab-Najah c. Fathul quaib 8. Kiai Muhammad Sholeh bin Umar al-Samarani terkenal dengan nama Kiai Sholeh Darat, kata -Darar" pada namanya ada
Manakah huruf berikut yang disebut KO adalah... き < if 독 か
II. Isilah soal berikut dengan jawaban yang tepat! 11. Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan waktu adalah .... 12. Cermati kalimat rumpang beriku
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6-10! Samudra Arktik terletak di belahan Bumi bagian utara. Di antara kelima samudra, Arktik menjadi sa
Kemustahilan dalam cerita hikayat tersebut adalah . . . A. Belajar mengaji sampai tujuh tahun lamanya. B. Mendapat upah seekor burung selepas belajar
Tatilaa! Berikut ini adalah manfaat takwa kepada Allah adalah a. selalu berada di jalan yang benar b. hatinya selalu mérasa gelisah c. Mendapat dosa d
Kawaosa wicantenan menika kanthi saksama! Guru 1: "Eh Bu, kok sajak ana sing dioyak, arep tindak endi?" Guru 2: "Oh, iya Bu, iki arep nyang ruang guru