AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Teknik / 1. Jelaskan cara kerja sistem proteksi relay Restricted Earth Fault pada transformator. lengkapi den

Pertanyaan

1. Jelaskan cara kerja sistem proteksi relay Restricted Earth Fault pada transformator. lengkapi dengan gambar untuk mempermudah 2. Dua buah Trafo 3 Fasa (Trafo
zoom-out-in

1. Jelaskan cara kerja sistem proteksi relay Restricted Earth Fault pada transformator. lengkapi dengan gambar untuk mempermudah 2. Dua buah Trafo 3 Fasa (Trafo A B), masing-masin g memiliki rating daya 5 MVA terkoneks star-star dengan tegangan primer tegangan sekunder 400V dioperasikan pada frekuensi 50 Hz. a. Pada Trafo A dilakukan reactance grounding di sisi primer untuk membatasi fault current tanah pada 400 A, hitung nilai induktor yang diperlukan. b. Pada Trafo B dilakukan resistance grounding di sisi primer untuk membatasi fault current tanah pada 10% arus beban penuh hitung nilai resistansi resistor yang diperlukan. C. Hitung disipasi daya untuk resistance grounding pada sistem Trafo B. d. Jika pada sistem Trafo A (reactance juga diharapkar memiliki disipasi daya sebesar pada point c, hitung resistansi kumparan sekunder Trafo A 3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan On-Load Tap Changer (OLTC); jelaskan pula prinsip kerja dari OLTC. 4. Rancang sebuah trafo 1 fasa yang memiliki Rating Daya: 150 kVA, tegangan primer 11 kV, tegangan sekunder 400 kV yang terbebas dari saturasi inti. 5. Hitung luas permukaan perpindahan panas yang diperlukan untuk rancangan trafo pada soal nomor 4 di atas jika sistem pendinginar ONAN dengan laju perpindahan panas tipikal 500W/m^2

Tampilkan lebih banyak
52
Jawaban
4.7 (162 suara)
avatar
Vrinda profesional · Tutor selama 6 tahun

Jawaban

1. Cara Kerja Sistem Proteksi Relay Restricted Earth Fault pada Transformator

Sistem proteksi relay Restricted Earth Fault (REF) pada transformator bertujuaneteksi dan memutuskan arus tanah yang tidak normal, seperti short circuit atau grounding fault. REF bekerja dengan membandingkan arus tanah yang masuk ke tanah (earth fault current) dengan arus tanah yang diharapkan (normal earth fault current). Jika perbedaan arus ini melebihi batas tertentu, maka relay akan memutuskan sirkuit untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

2. Perhitungan untuk Sistem Trafo

a. Induktansi Induktor pada Trafo A (Reactance Grounding)

Untuk membatasi fault current tanah pada 400 A, kita perlu menghitung induktansi induktor yang diperlukan. Dengan menggunakan rumus:

\[ X_g = \frac{V_{ph}^2}{I_{fault} \times Z_{line}} \]

Di mana:
- \( V_{ph} \) = Tegangan fasa = 11 kV
- \( I_{fault} \) = Arus fault = 400 A
- \( Z_{line} \) = Impedansi garis = 1% dari imped

Dengan asumsi \( Z_{line} \approx Z_{transformer} \), kita dapat menyederhanakan perhitungan.

b. Resistansi Resistor pada Trafo B (Resistance Grounding)

Untuk membatasi fault current tanah pada 10% arus beban penuh,\[ R_g = \frac{V_{ph}^2}{I_{fault}^2} \]

Di mana:
- \( V_{ph} \) = Tegangan fasa = 400 V
- \( I_{fault} \) = Arus fault = 0.1 \times 5 MVA / 400 V

c. Disipasi Daya untuk Resistance pada Sistem Trafo B

Disipasi daya dapat dihitung dengan rumus:

\[ P = I_{fault}^2 \times R_g \]

d. Resistansi Kumparan Sekunder Trafo A

Jika disipasi daya pada point c diinginkan sama dengan pada Trafo B, maka resistansi kumparan sekunder dapat dihitung dengan membandingkan daya yang disipasi pada kedua sistem.

3. On-Load Tap Changer (OLTC)

OLTC adalah perangkat yang memungkinkan penyesuaian tegangan sekunder transformator tanpa harus memutuskan beban. Prinsip kerjanya melibatkan pengaturan posisi tap pada kumparan sekunder sehingga tegangan keluaran dapat disesuaikan sesuai kebutuhan beban.

4. Rancangan Trafo 1 Fasa

Untuk merancang trafo 1 fasa dengan rating daya 150 kVA, tegangan primer 11 kV, dan tegangan sekunder 400 kV, kita perlu memastikan bahwa transformasi daya sesuai dengan spesifikasi. Transformasi daya dapat dihitung dengan rumus:

\[ K = \frac{V_{secondary}}{V_{primary}} \]

Di mana:
- \( V_{secondary} \) = 400 kV
- \( V_{primary} \) = 11 kV

5. Luas Permukaan Perpindahan Panas untuk Rancangan Trafo

Luas permukaan perpindahan panas dapat dihitung dengan rumus:

\[ A = \frac{P}{500} \]

Di mana:
- \( P \) = Daya yang harus didispersikan (dalam watt)
- 500 = Laju perpindahan panas tipikal (W/m²)

Dengan mengetahui daya yang harus didispersikan, kita dapat menghitung luas permukaan yang diperlukan untuk sistem pendinginan ONAN.
Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Ujian ATTV | EX- 07 Pcitary han Operat: dari 45 Tandal Which of the following are not in a D C commutator and armature? Interpole Mica Copper bars Vee

Fireman outfit digunakan pada saat Flooding Kebakaran Grounding Blackout

Soal nomor 20 Tipe mesin yang dipilih ketika akan menggunakan program CNC Frais pada MasterCAM xx5 adalah... Ragu-ragu A Router B Design C Lathe D Wir

Alat-alat yang digunakan dalam kegialan tertentu meiniliki sebutan yang berbeda sebagai berikut kecuali a instrument b machine c. implement v d renten

Ketika kita melakukan Video Call molalui porangkat soperti laptop maupun PC, maka alat penunjang yang dibutuhkan adalah... A. Antena dan kamera B. Kam

6201199360 10 स MUHTMMAD RUSDIN Perichrans 65 danteo tuncal The only type of compound generator commonly used aboard ship is the Cumulative compounded

v3. Bagaimanakah cara melakukan, side arm pass?

Ujian 6201654 ANTHII 1 EX-01 Pertaryatan dari 135 Tondal For identification purposes at night, U.S. Navy submarines on the surface may display an inte

Jangka waktu yang merupakan ukuran batas toleransi keterlambatan suatu A. ketidakpastian B. float C. standart deviasi D. time based diagram E. work sp

Salah satu bagian utama dari bergainser yang berfungsi untuk memutuskan aliran daya listrik secara otomatis disebut .... (A) Meter listrik (B) MCB (C)

Berapa banyak tingkat keamanan dalam ISPS Code qquad

How will communication be carried out between a ship and a SAR helicopter, According most circumstances? On 410KHz On VHF Ch 16 On 121.5MHz On VHF Ch

Jika tidak tersedia sistem suspensi maka kendaraan akan mengalami ... Getaran besar A, B Jawaban Benar Kenyamanan Semua Jawaban Salah Pengaruh kecil

the general emergency alarm system should be tested every ? Every 3 weeks Every 2 weeks Every week Every month Saya Tidak Tahu.

Alat pemampat atau penekompresi udara disebut .... A. Pipa elastis B. Kompresor C. Mesin pendingin D. Pneumatik E. Hidraulik Katup yang berfungsi untu